(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com
Cara Buat Bawang Hitam-Apakah anda pernah menggunakan bawang hitam sebagai salah satu media pengobatan? Mungkin belum banyak orang tahu bagaimana cara membuat bawang putih menjadi bawang hitam. Bawang hitam sebenarnya adalah bawang putih yang diproses dengan cara alami, caranya dengan bawang putih difermentasi dalam jangka waktu tertentu hingga menghasilkan tekstur dan warna bawang putih yang berbeda sebelumnya. Bawang hitam mempunyai khasiat yang sangat baik dalam hal  kesehatan. Sehingga tak menjadi masalah apabila metode pengobatan dengan menggunakan bawang hitam sudah dilakukan sejak nenek moyang kita dahulu. Ternyata bawang hitam bisa dibuat dengan tidak memerlukan banyak alat dan bahan.
cara buat bawang hitam

Cara Buat Bawang Hitam :

1. Siapkan alat untuk menanak nasi yang terpisah dari yang lain karena proses pembuatan bawang hitam kurang lebih   selama lebih dari 2 minggu.
2. Pilih bonggolan bawang putih. Dan pastikan pilihlah yang memang kering dan tua
3. Taruh tissue kedalam penanak nasi yang akan digunakan, fungsi dari tissue guna mengatur kelembaban dalam penanak nasi.
4. Buatlah sarangan yang terbuat dari tusuk sate dan dirangkai dengan menggunakan benang sesuai ukuran penanak nasinya.
5. Selama membuat bawang hitam penanak nasi dihidupkan selama lebih dari 2 minggu
6. Pada saat pembuatan bawang hitam penanak nasi dibuka setiap 4 hari sekali dan rolling penataan bawang agar kematangannya merata.
7. Setelah bawang tertata di dalam penanak nasi, maka tutup dan tancapakan dalam posisi menyala penanak nasinya, kemudian tekan warm.
8. Untuk mempermudah dalam mengingatnya maka buat catatan kapan awal menancapkan sampai masanya selesai.
9. Apabila sudah yakin dengan proses yang telah dilakukan  maka bawang hitam siap untuk dikonsumsi. Rasa bawang hitam setelah lebih dari 2 minggu seperti dodol yang kenyal, manis, dan asam.
cara buat bawang hitam

Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan :

1. Obat Sakit Gigi

Sakit gigi adalah penyakit yang bisa diderita oleh manusia pada umumnya yang dikarenakan kurang menjaga kebersihan giginya dengan menyikat giginya secara teratur. Cara agar untuk mencegah sakit gigi dapat degan mengkonsumsi bawang hitam yang mempunyai antibakteri dan antivirus sehingga dapat membunuh parasit yang berada didalam mulut. Selain mempunyai antibakteri dan antivirus juga mempunyai senyawa analgesik yang berperan sangat penting dalam mengatasi sakit pada gigi.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Wajah dan Kulit

Terdapat khasiat lain yang dimiliki oleh bawang hitam adalah sebagai penjaga kebersihan wajah dan kulit. Yakni dapat membersihkan komedo yang terdapat pada bagian hidung dan diarea wajah. Cara menghilangkan komedo tersebut dengan menghaluskan bawang hitam kemudian oleskan pada tempat yang terdapat komedonya, tunggu beberapa saat dan bilaslah dengan air hingga tidak ada sisa yang menempel.

Selain mampu menghilangkan komedo bawang hitam juga mampu menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan cara mengoleskan kemudian bilas dengan air bersih. Bawang hitam dipercaya memiliki sifat anti radang dan dapat membersihkan sisa lika yang menempel pada kulit.

Dan yang terakhir bawang hitam dapat membersihkan jerawat yang tumbuh pada wajah. Dengan cara mengoleskan 1 siung bawang hitam yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, kemudian tunggu hingga keesokan harinya apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan secara teratur.

3. Memanjangkan Umur

Salah satu kegunaan bawang hitam yang lainnya adalah memenjangkan umur. Sebab dengan mengkonsumsi bawang hitam secara teratur dapat terhindar dari serangan jantung dan memperbaiki sel yang rusak. Dengan terhindar dari berbagai penyakit maka badan kita menjadi sehat ditambah dengan berpola hidup sehat.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat Yang Berada Dalam Tubuh

Kolesterol adalah cikal bakal dari timbulnya penyakit jantung. Untuk mengurangi kadar kolesterol yang berlebih maka bisa dengan mengkonsumsi bawang hitam secara teratur. Cara kerja bawang hitam yaitu dengan mengurangi kadar kolseterol yang mengendap didalam tubuh dan akan dibuan melalui BAB.

Dengan mengkonsumsi bawang hitam secara teratur ternyata dapat meningkatakan produksi kadar insulin, fungsi insulin itu sendiri dapat membantu memangkas kadar gula darah.

5. Mengandung Senyawa Antioksidan

Bawang hitam mempunyai warna hitam yang pekat, ternyata bawang hitam memiliki sifat anti bakteri yang kuat dan antioksidan yang lebih tinggi dari bawang putih biasa, dalam sebuah penelitian semakin lama fermentasi yang dilakukan pada bawang hitam maka kandungan yang positif semakin meningkat. Adanya senyawa antibakteri yang tinggi dari bawang putih maka dapat lebih efektif untuk menghilangkan berbagai macam penyebab penyakit.

6. Obat Herbal Yang Kaya Nutrisi Namun Rendah Kalori

Setiap orang membutuhkan nutrisi yang cukup agar pertumbuhan hidup semakin baik. Bawang hitam memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar nutrisinya terpenuhi.

Nutrisi yang terdapat didalam bawang hitam adalah kalsium, vitamin C dan  zat besi. Ketiga nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh. Dan anehnya, tiga senyawa ini tidak memiliki kalori yang berlebih dan lemak jenuh sehingga tidak membahayakan bagi tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa manfaat dari bawang hitam dan bawang putih. Kedua rempah asli indonesia ini dipercaya mampu menurunkan tekana darah tinggi. Menurut sumber dari WebMD memberitahukan bahwa memakan bawang hitam secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%.

8. Sebagai Pencegah dan Penangkal Penyakit Kanker

Menurut sebuah riset mengenai bawang hitam terdapat senyawa yang terkandung dalam bawang hitam adalah sulfide alil. . sulfide alil adalah suatu senyawa organsulfur yang juga terdapat didalam bawang putih.

Dalam beberapa riset ilmiah lain, sulfide alil adalah komponen penting yang dapat mengatasi penyakit kanker. Senyawa ini dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan pada sel kanker jauh lebih kuat dibandingkan sel normal lainnya.

Pembaca setia mesinbawang.com demikianlah proses yang dibutuhkan dalam cara buat bawang hitam, mudah bukan selain cara buat bawang hitam ternyata bawang hitam banyak mengadung manfaat. Tetep pantengin ya. Apabila anda masih bingung mencari-cari mesin bawang yang berkualitas buka saja mesinbawang.com.