(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Bawang Goreng Pedas Yang Nggak Bikin Sakit Perut – Apabila menyukai makan yang gurih dan pedas? jadi, siapa yang tidak mengetahui tentang bawang ternyata bawang dipercaya banyak orang sebagai salah satu penyedap rasa yang alami.

Maka tidak heran apabila bawang digunakan sebagai penyedap rasa masakan khas indonesia. Bagaimana apabila bawang merah mentah kemudian digoreng dan dicampur dengan cabe rawit merah?.  Tentu menjadi salah satu pelengkap sajian makanan khas indonesia yang membangunkan selera sang penikmatnya.

 

Cara Membuat Bawang Goreng Pedas Yang Nggak Bikin Sakit Perut

cara membuat bawang goreng pedas

Berikut ini adalah cara membuat bawang goreng pedas. Cara membuat bawang goreng pedas tidak sulit, karena hanya membutuhkan beberapa bahan yang sudah ada di dapur. Berikut ini bahan serta cara membuatnya di bawah ini.

Bahan Untuk Membuat Bawang Goreng Pedas :

  • 550 Gram Bawang Merah
  • Secukupnya Air
  • Minyak Goreng Untuk Menggoreng
  • 60 Gram Cabe Rawit Merah Atau Sesuai Dengan Selera Kalian.
  • Garam Secukupnya

Cara Membuat Bawang Goreng Pedas:

  1. Kupas bawang merah mentah segar, lalu potong tipis-tipis bawang merah. Rendamlah kedalam air yang sudah dicampur dengan garam. Lalu biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  2. Keringkan bawang merah yang sudah direndam dalam garam, lalu dicampurkan dengan cabe yang sudah dipotong halus. Diamkan, lalu masukkan kedalam kulkas selama kurang lebih 20 menit.
  3. Kemudian, bawang merah ditaburi dengan tepung terigu yang sudah disiapkan. Campurkan hingga merata antara bawang merah dengan tepung terigu.
  4. Setelah itu, goreng bawang merah yang sudah dicampur dengan tepung terigu kedalam minyak yang sudah panas dengan menggunakan api sedang.
  5. Kemudian sajikan bawang goreng pedas. Dicampur dengan nasi pasti lebih nampol rasanya.

Sangat mudah bukan cara membuat bawang goreng pedas? Supaya bawang goreng tahan lama, simpanlah kedalam wadah atau toples yang kedap dengan udara. Selamat mencoba dan menikmatinya.

 

Selain dapat mengisi perut ternyata bawang merah goreng juga memiliki manfaat mari kita simak pembahasannya berikut ini :

8 Manfaat Bawang Merah Goreng Yang Luar Biasa Untuk Tubuh :

Bawang merah dalam bahasa Latin dinamakan Allium Ascalonicum L adaah  tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ada banyak metode yang digunakan untuk membuat umbi tanaman ini misalnya dihaluskan bersama rempah-rempah atau bumbu yang lain, diolah menjadi acar atau bisa dibuat menjadi bawang goreng pedas yang memiliki rasa yang nikmat untuk dimakan sebagai lauk.

Dalam bawang merah sendiri juga mengandung sangat banyak misalnya flavonglikosida yang berfungsi sebagai anti radang pada tenggorokan, penghilang bakteri dan dapat untuk  menurunkan panas, mengandung manfaat kalsium, lemak baik, lemak fosfor, protein dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin C dan juga vitamin B1.

Bawang merah yang dimasak dengan menggunakan cara digoreng ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan dalam kesempatan ini akan membahas tentang manfaat bawang merah goreng untuk kesehatan.

 

1. Mengatasi Sembelit

Serat yang terdapat didalam bawang merah ternyata sangat bermanfaat untuk menaikkan proses pembuangan racun dan partikel makanan yang memiliki tekstur yang keras dan menumpuk didalam usus. Hal ini akan sangat membantu jika memiliki masalah dengan sembelit.

 

2. Melindungi Organ Jantung

Khasiat bawang merah dapat didapat dengan cara mengkonsumsi bawang merah goreng, atau dengan berbagai olahan bawang merah yang lainnya setiap hari. Ternyata sangat baik untuk melindungi organ-organ dalam tubuh salah satunya adalah jantung.

Bawang merah goreng dapat melindungi dari berbagai penyakit berbahaya yang menyerang jantung. Bawang merah baik juga untuk mengatur tekanan darah tinggi serta memperlebar arteri yang tersumbat menuju ataupun dari jantung ke seluruh bagian tubuh.

 

3. Mencegah Kanker

Tak hanya bawang putih yang baik dikonsumsi sebagai pencegah kanker, akan tetapi bawang merah yang dimasak menjadi bawang goreng atau bahkan dalam keadaan mentah sangat baik juga untuk mencegah penyakit yang mematikan.

Beberapa pnyakit kanker yang bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi bawang merah antara lain adalah kanker paru-paru, kanker usus, kanker prostat, kanker lambung dan juga kanker payudara.

 

4. Penyedap Alami

Manfaat bawang merah yang diolah dengan cara digoreng bisa dijadikan penyedap rasa alami atau MSG dalam semua jenis makanan.

Semua jenis makanan yang ditambahkan dengan bawang goreng akan gurih akan tetapi tetap aman untuk dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Karena tidak mengandung bahan pengawet. Bahkan, memakan nasi yang ditambah dengan bawang goreng sangat nikmat sebagai pengganti lauk pauk.

 

5. Mengatasi Masalah Pendarahan

Bawang merah juga dapat dijadikan obat herbal yang ampuh untuk menyembuhkan hemoroid atau yang biasa disebut dengan wasir.

Semua orang juga bisa mengkonsumsi bawang merah goreng setiap hari dan juga bisa dengan mencium bau dari irisan bawang merah mentah secara perlahan lahan supaya manfaatnya lebih terasa lagi.

 

6. Mengontrol Kadar Kolesterol

Ternyata mengkonsumsi bawang merah goreng secara teratur dapat mengatasi kadar kolesterol yang tinggi. Karena mengandung asam amino sulfur dan sulfida methylallyl.

Kedua kandungan tersebut berada dalam bawang merah yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh. Dan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau yang biasa disebut dengan HDL.

Selain mengandung manfaat yang banyak dalam bawang merah ternyata juga mengandung banyak gizi dibawah ini adalah gizi-gizi yang terkandung dalam satu gelas bawang merah yang sudah di cinciang

Kandungan Gizi Yang Terkandung Dalam Satu Gelas Bawang Merah Cinciang :

  • 0 Gram Lemak
  • 64 Kalori
  • 15 Gram Karbohidrat
  • 7 Gram Gula
  • 2 Gram Protein
  • 3 Gram Serat
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Asam Folat
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Antioksidan Quercetin
  • Sulfur
  • Vitamin B-6
  • Mangan
  • Vitamin C

Tingginya kadar kandungan gizi ini yang membuat bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang sama sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.

Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Merah Agar Manfaatnya Tidak Hilang

Bawang merah yang baik untuk dikonsumsi, harus keras, bersih, higienis dan memiliki kulit yang cenderung kering. Jangan mengkonsumsi bawang yang menunjukkan bahwa bawang tersebut akan mengalami pembusukan. Bawang merah harus disimpan pada suhu ruangan, jauh dari cahaya yang terang dan berada ditempat yang berventilasi udara yang baik.

Semua jenis bawang merah harus disimpan jauh dari kentang, agar mereka tidak menyerap kelembaban gas kentang yang dapat menyebabkan manfaat kentang menjadi berkurang.

Bawang merah yang memiliki bau lebih tajam, akan bertahan lebih tahan lama dibandingkan dengan bawang merah yang lebih manis baunya seperti halnya bawang putih, karena senyawa tersebut dapat menghasilkan rasa yang tajam adalah sebagai pengawet alami yang dimiliki oleh bawang merah.

Bawang merah yang akan dimasak atau diolah jangan disimpan, dalam wadah yang terbuat dari bahan logam, karena akan membuat bawang merah berubah warna.

Pembekuan pada bawang merah cincang dapat menyebabkan bawang merah kehilangan banyak rasa yang dimilikinya. Penggunaan bawang merah sangat erat disandingkan dengan makanan khas Indonesia. Karena banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan bawang merah sebagai bahan pelengkap bahkan sebagai makanan utama.

Demikianlah para pembaca setia mesinbawang.com proses yang dibutuhkan dalam cara membuat bawang goreng pedas. Selain lezat bawang goreng pedas juga memiliki manfaat yang tak kalah dengan rasanya, pasalnya banyak sekali manfaat bawang goreng untuk kesehatan.

Tidak hanya cara membuat bawang goreng pedas ternyata apabila bawang merah ditempatkan dalam satu tempat dengan kentang ternyata tidak baik selain mengurangi manfaatnya juga menyebabkan kentang mudah busuk.