(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Coto Makassar – Indonesia mempunyai beragam makanan khas dengan cita rasa yang akan membuat lidah penikmatnya terpuaskan. Salah satunya kuliner khas dari Sulawesi Selatan tepatnya di Makassar yang akrab kita dengar dengan sebutan Coto Makassar.

Pada awalnya, Coto Makassar hanya terdapat di Makassar, Sulawasi Selatan. Namun dengan semakin meningkatnya penggemar coto Makassar,  saat ini kita dapat dengan mudah menikmati coto Makassar di berbagai restoran atau rumah makan yang menyajikan makanan khas Sulawesi. Kelezatan yang ada pada coto Makassar diperoleh dari penggunaan rempah-rempah yang menghasilkan rasa masakan yang kental dan gurih.

Coto Makassar sebenarnya memiliki banyak kemiripan dengan soto pada umumnya. Hanya saja racikan bumbu coto Makassar merupakan bumbu khas dari Makassar. Hal itu yang membuat Coto Makassar terlihat istimewa dibandingan dengan soto lainnya dan sangat direkomendasikan untuk dimasak di rumah.

Sejarah dan Ciri Coto Makassar

Sebelum anda membuat coto makassar alangkah lebih baiknya anda terlebih dahulu mengetahui ciri khas coto makassar dan sejarahnya.

Ciri Coto Makassar

Cara Membuat Coto Makassar – Kuliner khas Makassar yang paling mudah ditemui adalah Coto Makassar. Kuahnya dibuat dari rebusan jeroan bercampur daging sapi yang diiris-iris kecil-kecil. Biasanya soto ini dinikmati bersama ketupat atau burasa khas Makassar.

Coto Makassar atau yang kadang disebut dengan nama Coto Mangkasara merupakan kuliner khas kebanggaan masyarakat Makassar. Tidak mengherankan jika Garuda Indonesia menjadikannya menu pilihan dalam penerbangan dari dan ke Makassar.

Sajian soto ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan jenis soto dari daerah lain di nusantara. Tapi memang, Coto Makassar memiliki kekhasan berupa bumbu rempah dan kacang untuk membuat kuah yang kental.

Ada sekitar 40 macam rempah untuk membuat Coto Makassar. Orang Makassar menyebutnya ampah patang pulo. Selain aneka macam rempah, sambal taoco asal Tiongkok pun menjadi bagian tak terpisahkan dari Coto Makassar.

Rempah tersebut terdiri dari kacang, kemiri, cengkeh, pala, foeli, sere yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seldri, daun prei, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, papaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jeroan.

Kenikmatan coto makassar tak terlepas pula dari tradisi peramuaanya menggunakan kuali tanah yang disebut dengan korong butta atau uring butta.

Biasanya coto dimakan bersama ketupat, kacang, ditaburi daun bawang dan perasan jeruk nipis. Daging yang digunakan Coto Makassar adalah daging sapi. Ada pula yang menggunakan lidah, otak, limpa, paru, hati, jantung, babat, yang di iris kecil dan dicampur dengan kuah.

Sejarah Coto Makassar

Cara Membuat Coto Makassar – Kekhasan Coto Makassar tidak hanya dari bahan-bahan dan cara pembuatannya, namun juga aspek sejarahnya.

Coto Makassar diduga sudah ada sejak masa Somba Opu yang merupakan pusat Kerajaan Gowa ketika mengalami kejayaan pada 1538. Saat itu Coto Makassar menjadi hidangan di Kerajaan Gowa. Sajian coto makassar diduga terpengaruh pula oleh makanan cina yang telah datang di abad 16, ini terlihat dari sambal yang digunakan yakni sambal tao-co merupakan bagian dari ketata bogaan Cina yang mempengaruhi budaya ketata bogaan Makassar.

Hidangan coto makassar ini, dalam aliran modern digolongkan sebagai hidangan sup. Bila dalam tradisi sejarah masyarakat Eropa yang muncul pada era sebelum revolusi industri di Inggris, sup disandingkan dengan roti sebagai pengganjal perut di malam hari. Maka Coto Makassar juga telah menjadi makanan bagi para pengawal kerajaan untuk mengisi perut di subuh hari sebelum bertugas dipagi harinya.

Pada masa itu, para pengawal kerajaan menjadikan masakan ini sebagai menu makan pagi sebelum menjalankan tugasnya. Masakan yang terpengaruh oleh kuliner Tiongkok ini diperkirakan masuk Gowa pada abad ke-16.

Warung Coto Makassar pertama yang ada di Makassar adalah warung coto milik H. Dg. Sangkala. Warung coto yang sekarang tinggal nama tersebut dibangun pada 1940-an. Saking terkenalnya warung ini, para pejabat penting di negeri ini sering mengundangnya dalam berbagai acara-acara penting. Ribuan mangkok bisa dipesan dalam satu kali pemesanan.

Di Makassar sendiri sudah banyak bertebaran warung-warung yang menjual Coto Makassar dan selalu ramai dipadati oleh pembeli. Warung-warung tersebut banyak yang buka dari pagi hingga malam hari.

Demikian sedikit ulasan tentang ciri dan sejarah coto makassar.

cara membuat coto makassar

Untuk cara membuat Coto Makassar ini cukup mubah. Berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat coto Makassar.

Bahan Bahan

Untuk bahan-bahan cara membuat Coto Makassar, siapkan :

Bahan utama

  • 1 Kg daging sapi
  • 5 batang serai yang dimemarkan
  • 2.000 ml air cucian beras putih
  • 5 lembar daun salam
  • 250 gr kacang goreng, tumbuk hingga halus
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 5 cm jahe dimemarkan
  • 1 ruas lengkuas yang dimemarkan

Bumbu yang dihaluskan

  • 10 buah bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar sangrai
  • 1 sendok teh jinten yang disangrai
  • 8 butir kemiri yang disangrai terlebih dahulu
  • 1 sendok teh merica butir
  • 1 sendok teh garam

Bahan Pelengkap

  • Bawang merah goreng sesuai selera Anda
  • 1 buah daun bawang diiris tipis
  • 1 buah seledri diiris tipis

Cara Membuat Coto Makassar yang Enak dan Lezat

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu, mencuci daging sapi yang sudah anda siapkan.
  2. Memarkan batang serai.
  3. Lalu goreng kacang tanah. Jika sudah, tumbuk dan haluskan.
  4. Memarkan jahe dan lengkuas.
  5. Haluskan semua bumbu yang sudah disebutkan seperti di  atas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih halus, anda dapat menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender.

Cara Memasak Coto Makassar

  1. Jika semua bahan dan bumbu sudah siap, maka anda bisa langsung mengolahnya. Siapkan panci di atas kompor. Lalu rebus daging sapi menggunakan air cucian beras bersama dengan langkuas, jahe, daun salam dan serai yang sudah dimemarkan. Rebus semua bahan bahan sampai daging menjadi empuk.
  2. Kemudian kalau daging dirasa sudah empuk. Jika sudah potong-potong menjadi bentuk dadu kemudian tiriskan. Jangan buang air rebusan atu kaldu tadi.
  3. Haluskan bahan-bahan berikut ini: kemiri, bawang putih, ketumbar, jinten, garam, dan merica. Tumbuk hingga benar-benar halus.
  4. Siapkan wajan di atas kompor dengan ditambahkan 3 sendok makan minyak goreng. Biarkan minyak goreng sampai panas. Setelah panas, masukan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis sampai matang atau mengeluarkan aroma harum.
  5. Setelah bumbu harum dan matang, anda bisa mematikan kompor dan memasukan tumisan bumbu ini ke dalam air kaldu. Panaskan kembali air kaldu.
  6. Tambahkan kacang tanah goreng yang sudah anda haluskan. Aduk merata dan rebus sampai mendidih. Jika sudah, anda bisa mematikan api kompor.
  7. Untuk penyajian, sediakan sebuah mangkuk ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan garam. Lalu tambahkan daging yang telah dipotong kemudian taburi bawang goreng, kecap serta perasan jeruk nipis.
  8. Coto Makassar siap dinikmati.

Saran Penyajian Agar Lebih Lezat

  1. Siapkan mangkuk saji. Lalu masukan irisan daun bawang dan seledri, beserta sedikit garam.
  2. Masukan potongan daging.
  3. Tuangkan air kaldu ke dalam mangkuk saji yang sudah anda siapkan. Kemudian, taburi di atasnya dengan bawang merah goreng.
  4. Untuk hasil yang lebih nikmat, anda bisa menambahkan kecap dan air perasan jeruk nipis.
  5. Santap coto Makassar ini dalam keadaan hangat agar lebih nikmat.

Tips Membuat Coto Makassar

  1. Anda dapat menggunakan presto akar daging menjadi lebih mudah dan cepat empuk.
  2. Apabila anda menambahkan jeroan seperti misalkan jantung, hati, usus dan lain-lain, maka sebaiknya rebus di tempat terpisah dengan rebusan daging menggunakan air biasa.

Manfaat mengkonsumsi Coto Makassar

Cara Membuat Coto Makassar – Selain rasanya yang nikman dan cara membuat coto makassar yang mudah ternyata coto makassar juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, meskipun coto makassar mengandung kolestelor. Diantaranya :

1. Mencegah dan mengatasi Anemia.

Anemia atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit kurang darah, merupakan penyakit yang diakibatkan kekurangan asam folat dan zat besi. Asam folat merupakan bahan essensial untuk sintesis DNA dan RNA yang penting untuk metabolisme inti sel termasuk sel darah merah.

Bila terjadi gangguan dalam pembentukan sel darah merah, maka kadar hemoglobin (Hb) dalam darah menjadi tidak normal. Kondisi ini membuat fungsi Hb sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Akibatnya tubuh terasa lemah, letih, lesu, dan muka pucat. Maka dari itu Coto Makassar yang mengandung asam folat dapat mencegah dan mengatasi anemia.

2. Menyehatkan Otak.

Bahan coto makassar terutama hati, jantung, dan ginjal banyak mengandung vitamin B yang berguna bagi kesehatan otak. Semua jenis vitamin B merupakan zat gizi yang penting bagi kesiapan kerja sistem sel-sel syaraf manusia. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan pada selaput syaraf, hilangnya sejumlah memori serta bila berlanjut dapat menyebabkan terjadinya dimentia (kepikunan) bahkan gangguan mental yang lebih parah.

3. Baik Bagi Ibu Hamil.

Ibu hamil termasuk ke dalam kelompok rawan gizi. Kekurangan gizi yang terjadi selama masa kehamilan dapat berdampak cukup besar terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Asam folat dan zat besi merupakan zat gizi yang berperan. karena biasanya ibu hamil cenderung mengalami defisiensi kedua jenis zat gizi tersebut.

Asam folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf dan mencegah terjadinya kecacatan pada bayi seperti kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang. Kebutuhan asam folat akan meningkat sebanyak 150 pg per hari di masa kehamilan. Maka dari itu Coto Makassar yang mengandung asam folat sangat baik bagi ibu hamil.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Zinc dan vitamin A pada sebagian bahan coto makassar sangat baik untuk memelihara kesehatan jaringan epitel termasuk endotelium pada pembuluh darah. Kedua zat gizi tersebut membantu mencegah kerusakan pembuluh darah dan dikatakan oleh beberapa ahli bahwa vitamin A dan zinc secara signifikan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kualitas Gizi Coto Makassar

Cara Membuat Coto Makassar – Secara umum coto makassar mengandung banyak zat gizi, diantaranya karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin. Vitamin utama yang tekandung dalam coto makassar yaitu vitamin B khususnya vitamin B1 B12 , asam folat. Selain itu coto makassar juga mengandung vitamin A terutama pada hati.

Sedangkan mineral yang terdapat dalam coto makassar diantaranya zat besi, potasium, magnesium, fosfor, zinc dan lain sebagainya.

Coto makassar terdiri dari daging sapi dan jeroan yang biasa dikonsumsi berupa: usus, hati, babat, lidah, jantung, dan lain-lain. Jeroan memang dianggap sebagai sumber kolesterol tinggi. Namun, jeroan juga sebenarnya mengandung nilai gizi dan manfaat bagi tubuh, yaitu sebagai berikut:

  • Hati

Nutrisi : Protein 33,4 gram, lemak 14,4 gram, kalori 264 (sapi); protein 45,1 gram, lemak 19,3 gram, kalori 355 (kambing); protein 33,1 gram, lemak 13,3 gram, kalori 253 (ayam)

Manfaat : Hati merupakan sumber energi dan zat besi yang baik. Kandungan zat besinya bahkan lebih tinggi ketimbang bayam. Hati juga penting untuk pertumbuhan otak, kekuatan tulang, dan imunitas tubuh.

  • Ginjal

Nutrisi : Protein 36,7 gram, lemak 6,6 gram, kalori 207 (sapi); protein 35,3 gram, lemak 15,4 gram, kalori 339 (kambing)

Manfaat : Ginjal sangat baik sebagai sumber protein. Nutrisinya setara dengan enam butir telur dan lima ikat bayam. Ia juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

 

  • Lidah

Nutrisi : Protein 27,3 gram, lemak 36 gram, kalori 433.

Manfaat : Lidah mengandung tiga kali lebih banyak zat besi, tujuh kali lebih banyak vitamin B12, dan enak kali lebih banyak vitamin C.

 

 

 

  • Jantung

Nutrisi : Protein 37,9 gram, lemak 20,8 gram, kalori 339.

Manfaat : Jantung ternyata baik untuk menurunkan berat badan. Ia mengandung lebih banyak protein dari ginjal, juga vitamin B yang lebih lengkap. Menyantap seporsi jantung, dapat memenuhi kebutuhan harian pria akan zat besi.

 

  • Babat

Nutrisi : Protein 10,6 gram, lemak 0,75 gram, kalori 49.

Manfaat : Sumber kekuatan tulang bisa didapat dari babat. Babat juga baik dikonsumsi mereka yang diet, karena kalorinya sangat rendah. Kandungan kalsium dalam babat cukup mengejutkan, 52 miligram per 100 gram.

 

Peluang Usaha Coto Makassar

Memingat banyaknya peminat coto makassar dan cara membuat coto makassar yang cukup mudah menjadikan usaha soto semakin menjajikan. Usaha coto ramai diperbincangkan masyarakat dikarenakan laba usahanya yang menguntungkan dan perpotensi menjanjikan.

Terbukti meski sejak lama usaha coto makassar telah dilakukan banyak orang, namung hingga kini pangsa usahanya tidak pernah surut. Bahkan pertumbuhan usaha coto makassar di tanah air semakin tinggi dan kemajuan bisnisnya semakin menguntungkan. Anda berminat untung menjalankan usaha coto makasar ini?

Menjalankan usaha coto makassar adalah pilihan usaha yang sangat tepat untuk bisa dilakukan bagi Anda yang merasa kesulitan untuk mendapatkan referensi untuk usaha yang hendak dijalankan. Kuliner coto memang sangat cocok bila dinikmati ketika pagi hari sampai mulai menjelang malam hari sehingga menjadikan usaha coto makassar tak akan pernah sepi oleh minat pelanggan.

Cara membuat coto makassar memang sangatlah mudah. Juga proses untuk mendapatkan bahan baku terbilang begitu gampang dan juga harganya cukup terjangkau. Inilah yang membuat mengapa usaha coto makassar patut untuk anda perhitungkan.

Pilihan dalam menggeluti usaha usaha coto makassar memang memiliki sebuah prospek usaha yang sangat cemerlang. Anda minat untuk mencoba menjalankan usaha coto makassar dengan peluang usaha yang cemerlang?

Usaha coto makassar tentu menjadi pilihan usaha menguntungkan serta cukup menjanjikan. Dengan mengetahui detail usaha juga gambarannya tentang usaha coto makassar maka Anda akan mengerti dan paham seluk beluk dari usaha coto makassar tersebut.

Hal ini sangat penting diperlukan agar dalam menjalankan usaha coto makassar Anda tak salah arah dan bisa mencapai sebuah kesuksesan.

Semoga informasi peluang usaha coto makassar tersebut dapat bermanfaat dan berguna dalam menambah pengetahuan juga untuk referensi usaha Anda.

Demikian artikel mengenai resep dan cara membuat coto Makassar. Selamat menikmati dan jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada teman-teman anda. Untuk dapat mengakses kami lebih mudah, anda dapat mengunjungi https://mesinbawang.com/kontak-kami/  atau akun facebook kami : https://web.facebook.com/mesin.bawang.1