(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Kacang Bawang

Cara membuat kacang bawang – Ada beberapa makanan ringan yang sering kita jumpai, salah satunya adalah kacang bawang. Bukan Cuma sebagai camilan, kacang bawang juga biasa digunakan dalam acara-acara adat, resepsi pernikahan, dll. Bahan dasar kacang bawang adalah kacang tanah yang telah dikupas lalu diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan makanan yang lezat. Langsung saja kita simak ulasan berikut tentang cara membuat kacang bawang yang lezat dan praktis.

cara membuat kacang bawang

Sejarah Kacang Bawang

Sebelum kita membahas kacang bawang ada baik nya kita mengenal kacang itu sendiri Kacang tanah (Arachis hypogeal L.) diduga berasal dari benua Amerika, yakni Brasil (Amerika Selatan). Diperkirakan kacang tanah masuk ke Indonesia pada abad ke 16, saat pedagang Spanyol mendarat di Maluku. Namun, kacang tanah baru mulai popular pada awal abad ke – 18.

Alat Dan Bahan Dalam Cara Membuat Kacang Bawang

Untuk membuat kacang bawang yang lezat dan praktis di perlukan beberapa bahan tentunya, adapun alat dan bahan yang harus di siapkan antara lain:

Peralatan:

 Harga 

 Wajan  Rp. 300,000
 Pisau  Rp. 25,000
 Spatula  Rp. 40,000
 Peniris minyak  Rp. 650,000
 Wadah  Rp. 180,000
 Kompor dan gas  Rp. 600,000
 Mesin pengemas  Rp. 400,000
 Peralatan tambahan  Rp. 125,000

Bahan-bahan:

  • Kacang tanah di kupas, 1 kg
  • Santan kelapa sekitar 500 ml
  • 10 siung bawang putih,di iris tipis lalu goreng sampai matang untuk bahan taburan
  • Bawang putih 5 siung, haluskan
  • Garam halus 2 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kacang bawang
  • Air mendidih 1 liter

Adapun Langkah-langkah Dalam Cara Membuat Kacang Bawang Yang Lezat Dan Praktis, Sebagai Berikut:

  1. Terlebih dahulu cuci bersih kacang tanah lalu kupas, setelah itu rendam ke dalam air mendidih. Tunggu hingga air agak dingin lalu bersihkan kulit ari kacang tanah. Lakukan sampai semua kacang tanah habis lalu tiriskan.
  2. Siapkan panci ukuran sedang, mulailah untuk merebus santan bersama dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang dan garam. Aduk perlahan – lahan dan rebus sampai mendidih lalu angkat.
  3. Kemudian masukkan kacang tanah yang telah dibersihkan kulit arinya ke dalam rebusan santan. Diamkan beberapa saat sampai meresap dan santan menjadi dingin. Setelah itu angkat lalu tiriskan.
  4. Siapkan wajan penggorengan, panaskan minyak secukupnya saja. Goreng kacang tanah ke dalam minyak panas, yang sebelumnya kacang telah di rendam ke dalam santan dan bumbu halus. Goreng sampai matang ditandai dengan warna berubah menjadi kecoklatan. Sebelum di angkat jangan lupa untuk mengaduk – aduk agar kacang tidak gosong. Setelah itu tiriskan.
  5. Siapkan nampan atau tampah besar yang telah dialasi kertas atau tisu untuk menyerap minyak.
  6. Masukan kacang tanah ke dalam nampan kemudian taburi dengan bawang goreng. Aduk rata dan diamkan beberapa saat sampai dingin. Setelah dingin segera simpan ke dalam toples lalu tutup.

Peluang Usaha Dalam Cara Membuat Kacang Bawang Yang Lezat Dan Praktis:

 

Info Produk Kacang Bawang

Kacang bawang sudah sangat terkenal dan banyak yang membuat produk ini sebagai usaha, disaat ada acara tentu akan ada kacang bawang yang disajikan. Tentu sangat menarik bila ingin menjalankan usaha kacang bawang yang satu ini. Jika Anda ingin mencoba menjalankannya maka dalam membuat camilan berbahan kacang ini sangat mudah. Bahan yang digunakan ini ialah seperti kacang tanah, garam, bawang dan minyak goreng. Untuk proses pembuatan kacang bawang ini sangatlah mudah dengan bahan sederhana tersebut maka sudah bisa menghasilkan kacang bawang yang nikmat.

Konsumen Kacang Bawang

Camilan gurih dari bahan kacang tanah membuat siapa pun bisa memakannya mulai dari anak – anak sampai dengan orang tua bisa mengkonsumsi kacang bawang ini. Anda bisa membuat cita rasa kacang bawang yang nikmat agar nantinya kacang bawang yang dipasarkan disukai banyak orang.

Pemasaran Kacang Bawang

Proses pemasaran kacang bawang ini bisa dilakukan dengan cara menjualnya dengan berkeliling kompleks atau mengemasnya kemudian menitipkan pada toko – toko terdekat. Anda pun bisa menjualnya secara online dengan memanfaatkan media social yang berkembang saat ini.

Lokasi Usaha Kacang Bawang

Bisnis kacang bawang ini bisa dijalankan di rumah sehingga lokasi usaha kacang bawang bisa memanfaatkan rumah sehingga lebih efisien dan hemat.

Peralatan Usaha Kacang Bawang

Peralatan sangat dibutuhkan untuk membuat kacang bawang karena mampu melancarkan proses produksi menjadi lebih baik. Segera manfaatkan mesin usaha dengan kualitas terbaik guna membantu jalannya usaha semakin mudah. Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha kacang bawang ini diantaranya ialah peralatan wajan, spatula, peniris minyak, pisau, wadah, pengemas dan sebagainya. Peralatan ini dapat diperoleh dengan mudah di dapur rumah, manfaatkan sebaik mungkin untuk memaksimalkan usaha.

Contoh Analisa Usaha Kacang Bawang

Bila tertarik untuk menjalankan peluang bisnis kacang bawang ini maka silahkan disimak dengan baik, contoh analisa usaha dari usaha kacang bawang. Dengan mengetahui analisa usaha ini maka Anda bisa mengetahui pengeluaran dan pendapatkan pada bisnis kacang bawang :

Asumsi :

  • Masa penggunaan pada : wajan selama 2 tahun
  • Masa penggunaan pada : pisau selama 4 tahun.
  • Masa penggunaan pada : spatula selama 3 tahun.
  • Masa penggunaan pada : peniris minyak selama 4 tahun.
  • Masa penggunaan pada : wadah selama 3 tahun.
  • Masa penggunaan pada : kompor dan gas selama 3 tahun.
  • Masa penggunaan pada : mesin pengemas selama 4 tahun.
  • Masa penggunaan pada : peralatan tambahan lainnya waktu 2 tahun

Bisnis kacang bawang ini bila dikerjakan secara serius maka bisa menghasilkan keuntungan melimpah. Pada analisa usaha diatas bila mampu menjual kacang bawang sebanyak 110 kemasan dengan harga Rp. 5.500 / kemasan ini maka bisa menghasilkan keuntungan per bulan Rp. 883.118. Lama balik modalnya sekitar 3 bulan lamanya.

Apabila ingin semakin mudah dalam menjalankan usaha kacang bawang ini maka perlu dibantu dengan peralatan usaha yang memadai. Hal ini agar dapat menghasilkan kacang bawang berkualitas tinggi dan disukai oleh banyak konsumen. Oleh karena itu gunakan mesin spinner atau mesin peniris minyak yang dapat digunakan untuk meniriskan kandungan minyak yang terkandung dalam kacang setelah proses penggorengan.

Penirisan minyak juga berfungsi agar  produk kacang bisa tahan lama dan renyah. Mesin spinner ini pun bisa dibeli dengan mudah dipasaran dengan harga terjangkau.

Namun, jika ingin mendapatkan mesin peniris minyak yang berkualitas dapatkan mesinnya hanya di Rumah mesin. Mesin peniris minyak disediakan dengan kualitas mesin yang baik dan bisa diandalkan dalam meniriskan minyak secara sempurna.
Datang langsung ke rumah mesin yang beralamat di Jalan Parangtritis Km 5,6 Sangkal, Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Bangunharjo, Sewon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198 secara langsung untuk mendapatkan mesin peniris minyak ini.

Demikianlah info yang bisa saya sampaikan mengenai peluang usaha kacang bawang dan analisa usahanya. Bisnis camilan / makanan ringan dari bahan kacang ini masih sangat menguntungkan untuk dijalankan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.