(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Kerupuk Bawang  – Apakah anda pernah dengar nama kerupuk bawang? Tentu saja, kebanyakan orang yang sudah tahu tentang makanan ringan ini. Jika anda belanja dipasar tradisional terdekat disitu sebagian besar menjual kerupuk yang masih mentah diantaranya kerupuk bawang.

Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka/terigu dicampur bahan perasa seperti bawang atau ikan.

Bawang putih yaitu nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi. Bawang putih tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Apabila  anda menyukai makanan yang gurih dan renyah!! jadi, siapa sangka kerupuk bawang ternyata bagi banyak orang sebagai salah satu cemilan kerupuk yang membuat makan anda terasa lengkap.

Maka pada tidak heran disetiap warung makan sudah tertata rapi kerupuk – kerupuk bawang dan lainnya. Tentu saja kerupuk bawang merupakan salah satu makanan ringan yang biasanya dijadikan sebagai pelengkap pada saat makan

Resep Membuat Kerupuk Bawang

Cara Membuat Kerupuk Bawang

Bahan-Bahan Dalam Cara Membuat Kerupuk Bawang :

  • Tepung terigu 1 kg
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Daun sledri 2 batang, iris halus
  • Bawang merah 10 butir, haluskan juga
  • Bawang putih 15 siung, haluskan terlebih dulu
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Penyedap rasa 2 sendok makan, atau kaldu ayam
  • Air putih
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng
  • Daun pisang secukupnya, sebagai pembungkus

Lengkah-Langkah Cara Membuat Kerupuk Bawang :

  1. Siapkan wadah, kemudian masukan semua bahan-bahan kerupuk kedalamnya secara perlahan, sambil di beri sedikit-sedikit air
  2. Aduk terus adonan yang sudah diberi air sampai bahan tercampur semua dan agak kental, tunggu sampai adonan jadi
  3. Simpan adonan dilapisi daun pisang yang sudah disiapkan, bentuklah memanjang kemudian gulung daun pisangnya
  4. Kukus adonan dengan api sedang kurang lebih 3 jam, kemudian angkat dan tiriskan
  5. Bila sudah, mulai potong adonan tadi seukuran tipis dan jangan terlalu tebal
  6. Jemurlah adonan yang sudah dipotong tadi sampai benar-benar kering dan siap di masak
  7. Lalu goreng kerupuk yang sudah dijemur dengan minyak yang panas, agar kerupuk mengembang dengan baik
  8. Sajikanlah kerupuk bawang selagi masih renyah

Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian diiris tipis-tipis, dikeringkan dibawah sinar matahari sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.

Sangat mudah bukan, cara membuat kerupuk bawang yang gurih dan renyah. Supaya kerupuk bawang tetap gurih dan renyah dan tahan lama, simpanlah ke dalam toples kecil/besar dan tutup rapat.

Selain itu kerupuk bawang mempunyai manfaat dan kasiat untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya adalah :

Manfaat Kerupuk Bawang Untuk Kesehatan

Sesuai dengan bentuknya, makanan ini berbeda dengan jenis makanan lainya. Kemudian, makanan ini memiliki tekstur yang renyah, biasanya makanan ini diolah dengan cara di goreng dan dapat di makan langsung, karena memiliki rasa yang lezat dan gurih.

Selain memiliki tekstur yang renyah, makanan ini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk kamu yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat kerupuk bawang ini, berikut manfaatnya :

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bisa membantu anda di dalam meningkatakan kekebalan tubuh. Senyawa yang ada di dalam kerupuk bawang ini memiliki kemampuan untuk meninngkatkan kekebalan tubuh anda.

2. Meningkatkan Stamina

Menghasilkan tenaga. Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat serta lemak yang cukup untuk keperluan tubuh sebagai cadangan energi. Namun, semua proses itu tidak bisa dilakukan tanpa kandungan yang ada di dalam makanan ini, karena kandungan yang ada didalam makanan ini membantu tubuh dalam mengolah energi.

3. Mencegah/Anti Kanker

Kerupuk bawang ini layak disebut sebagai herbal atau anti kanker. Hal ini terjadi karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa sulfida alil yang dinamakan sebagai anti kanker.

4. Menyehatkan Jantung

Kerupuk bawang memiliki kandungan di dalamnya yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang terkandung didalam tubuh. Banyak mengkonsumsi makanan ini akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal serta membuat peredaran darah tidak terganggu, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

5. Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi kerupuk bawang bisa dapat menurunkan kandungan lemak ditubuh. Hal ini terjadi karena di dalam kerupuk bawang memiliki senyawa kromium yang dapat membantu menurunkan berat badan anda.

6. Mengontrol Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang di akibatkan oleh kurangnya produksi insulin pada tubuh. Sedangkan kandungan yang ada di dalam bawang memiliki manfaat untuk meningktakan produksi insulin di dalam tubuh. Sehingga penderita diabetes dapat mengonsumsi makanan ini secara teratur untuk menjaga kadar insulin yang ada di dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan.

Demikianlah para pembaca setia. Bawang putih selain digunakan dalam hidangan ternyata juga banyak mengandung manfaat didalamnya. Apabila kamu tidak ingin repot mengupas bawang, kamu bisa menggunakan Mesin Pengupas Bawang (Jika ingin membuat lebih banyak kalikan saja bahan-bahan yang digunakan).

Kunjungi juga Artikel Lain :  Cara Membuat Bawang Goreng Pedas Yang Nggak Bikin Sakit Perut