(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Rica Rica Ayam – Membahas aneka macam kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Hampir semua daerah di negara kita mempunyai kuliner khas dengan menu dan resep tersendiri yang sangat menggoda. Salah satu menu masakan khas nusantara yang begitu familiar dengan citarasa pedas gurih adalah rica rica ayam dari Manado, Sulawesi Utara.

Anda pecinta kuliner level pedas tentunya tidak akan melewatkan gurihnya ayam rica rica pedas asli Manado, Sulawesi Utara yang mempunyai cita rasa pedas dan enak ini. Rasa pedas yang mendominasi masakan ayam rica rica adalah bumbu cabe pedas.

Bagi anda yang mengetahaui arti dari Rica, pasti sudah tahu bahwa salah satu bumbu ayam rica-rica ini didominasi oleh cabai pedas. Jadi untuk anda yang kebetulan tidak hobi makan pedas sama sekali, mungkin sebaiknya mengolah ayam dengan resep yang lain seperti Cara Membuat Kari Ayam atau Cara Membuat Sup Ayam.

Dilansir Wikipedia

Rica-Rica atau terkadang hanya disebut rica adalah jenis bumbu pedas yang ditemukan di masakan Manado dari Sulawesi Utara, Indonesia. Rica-Rica banyak menggunakan potongan cabai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, garam, dan gula. Semua bahan-bahan tersebut dimasak denga minyak kelapa dan dicampur dengan daun jeruk, serai , dan air jeruk nipis.

Sedangkan Ayam rica-rica adalah salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Kata rica berasal dari bahasa Manado yang berarti “pedas” atau “cabai”. Resep untuk membuat ayam rica-rica sangat beragam, begitu pula cara memasaknya, persamaannya hanya terletak pada rasanya yang pedas. Ayam rica-rica biasa disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun.

Beberapa diantara kita mungkin mengenal dan pernah mencicipi ayam goreng rica rica di restaurant atau rumah makan. Ya, selain warga Manado, kelezatan resep ayam rica rica memang mempunyai banyak penggemar dan masuk ke dalam menu beberapa restaurant terkenal. Sebut saja resep ayam rica-rica solaria yang cukup terkenal dan banyak dicari.

Memang selain rasa pedasnya yang menggigit lidah, rasa gurih dan empuknya daging ayam memang cocok sekali untuk teman makan nasi. Apalagi nasi yang disajikan masih panas. Yummy, pasti membuat setiap orang yang mencobanya akan ketagihan.

Seperti resep masakan ayam yang lain, cara membuat rica rica ayam ini juga menggunakan beberapa macam rempah rempah dan bumbu asli Indonesia, seperti batang sereh, cabai rawit, jahe dan yang lainnya.

Dengan banyaknya bumbu bumbu import yang masuk, seperti bawang merah dan bawang putih, hal ini bisa mempengaruhi cita rasa masakan rica rica yang dihasilkan. Oleh karena itu, supaya hasilnya benar benar nikmat, sebaiknya bumbu bumbu yang digunakan nanti menggunakan bumbu lokal.

Tentu saja, ayam sebagai bahan utamanya juga harus diperhatikan. Gunakan ayam yang masih segar yang belum pernah di bekukan supaya serat serat dagingnya tidak berubah dan mempengaruhi rasa resep ayam goreng rica rica nya.

Eitss…

Namum yang akan kami bahas adalah cara membuat rica rica ayam ala Chinese food. Berbeda dengan ayam rica-rica khas Indonesia, gaya ayam rica-rica ala chinese food lebih mudah untuk diaplikasikan. Sebab, Anda tak perlu mengulek atau menghaluskan bumbu, semua bumbu yang digunakan cukup diiris dan dicincang saja.

Aneka bumbu yang digunakan juga jauh berbeda. Selain itu, pengolahannya juga berbeda. Sebab, sebelum dimasak rica-rica, daging ayam digoreng terlebih dahulu dengan lapisan adonan tepung. Tapi, tetap sama-sama menonjolkan rasa pedas yang kuat.

Penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

cara-membuat-rica-rica-ayam

Cara Membuat Rica Rica Ayam ala Chinese Food

Bahan Untuk Membuat Ayam Goreng Tepung :

  1. 250 gram fillet daging ayam, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
  2. Minyak sayur untuk menggoreng.

Marinasi :

  1. 1 sendok teh air jeruk lemon.
  2. 1 sendok teh bawang putih bubuk.
  3. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Adonan Pencelup :

Aduk bahan di bawah ini hingga merata

  1. 100 gram tepung terigu protein sedang.
  2. 25 gram tepung beras.
  3. 200 mililiter air es.
  4. 0,5 sendok teh baking powder.
  5. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
  6. 0,5 sendok makan bawang putih bubuk.

Bahan dan Bumbu Untuk Membaut Adonan Pelapis :

Aduk bahan di bawah ini hingga merata

  1. 150 gram tepung terigu protein sedang.
  2. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Saus Rica Rica Ayam :

  1. 4 siung bawang putih, dimemarkan, kemudian dicincang sampai lembut.
  2. 0,5 siung bawang bombay, iris tipis, kemudian dicincang kasar.
  3. 1 buah tomat merah, singkirkan bijinya, potong kecil.
  4. 4 sendok makan saus sambal.
  5. 10 buah cabai rawit merah, potong-potong.
  6. 1 buah cabai hijau besar, singkirkan bijinya, potong-potong.
  7. 0,5 sendok makan saus tiram.
  8. 1 utas daun bawang, kemudian potong-potong.
  9. 300 mililiter air putih.
  10. Larutan tepung maizena yang dibuat dari 1 sendok teh tepung maizena dan 2 sendok makan air putih.
  11. 2 sendok makan minyak sayur untuk menumis.

Tips Pengolahan :

  1. Disarankan untuk menggunakan fillet daging dari jenis ayam broiler atau ayam negeri.
  2. Jumlah cabai yang digunakan boleh disesuaikan selera.
  3. Api yang digunakan untuk menggoreng kecil atau sedang saja supaya matang merata.

Cara Membuat Rica Rica Ayam seenak Restoran Chinese Food :

  1. Balur fillet daging ayam dengan bumbu marinas, diamkan selama 10 menit.
  2. Celupkan potongan fillet daging ayam ke dalam adonan pencelup, angkat, guling-gulingkan pada adonan pelapis.
  3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
  4. Celupkan potongang daging ayam yang sudah diberi lapisan adonan tepung ke dalam minyak sayur, goreng sambil dibalak-balik sampai berwarna cokelat keemasan dan matang, angkat, tiriskan, sisihkan.
  5. Panaskan minyak sayur untuk membuat saus rica-rica.
  6. Masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis sampai harum.
  7. Tambahkan cabai, tumis sampai layu.
  8. Tuangkan saus sambal dan saus tiram, aduk rata.
  9. Kemudian tuangkan air, garam, gula pasir, lada putih bubuk, dan daun bawang, masak sambil diaduk sesekali sampai mendidih.
  10. Setelah itu tuangkan larutan tepung maizena, masak sambil diaduk sampai matang dan meletup-letup, angkat.
  11. Susun ayam goreng tepung pada wadah saji, sajikan bersama saus rica-rica, ayam rica-rica yang seenak di restoran chinese food sudah bisa buat sendiri dan bisa langsung dinikmati.

Bagaiman menurut teman teman cara membuat rica rica ayam ala Chinese food diatas? Ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Memang lebih mudah dan praktis kalau kita beli jadi. Tetapi kalau kita punya sedikit waktu luang, membuat masakan rica rica ayam ala Chinese food ini juga cukup mengasyikkan lho.

Nah memngingat bahan yang paling pokok adalah ayam dan cabai, kami juga akan membagikan sedikit tips memilih daging ayam yang baik dan juga memilih cabai yang segar. Yuk langsung simak aja.

Tips Memilih Daging Ayam yang Sehat :

Cara Membuat Rica Rica Ayam – Sekalipun gizinya tinggi, namun kita tetap harus hati-hati dalam memilih dan membeli daging ayam. Apalagi kasus flu burung terkadang masih samar-samar terdengar dan terjadi di sekitar kita. Belum lagi ayam tiren (mati kemarin) yang dijual pedagang ‘nakal’. Salah mengonsumsi daging ayam, dapat membawa dampak kurang baik pada kesehatan anda dan keluarga.

Untuk itu  maka lebih aman membeli ayam mentah dengan bersandar pada ciri ciri daging baik dan sehat.

cara-membuat-rica-rica-ayam-daging-segar

Berikut tips mudah memilih daging ayam yang segar :

  1. Pilihlah daging ayam yang memiliki warna putih keabuan dan cerah. Ini menandakan bahwa daging tersebut masih dalam keadaan segar.
  2. Setelah itu, pastikan tidak ada serbuk atau bahan asing yang menempel di kulit ayam.
  3. Daging ayam yang segar akan terasa lembab dan tidak lengket ketika diraba.
  4. Selain teksturnya, cobalah hirup aroma daging ayam yang hendak Anda beli. Daging ayam yang segar tidak mengeluarkan aroma menyengat dan bau busuk.
  5. Salah satu tanda khas daging ayam yang masih segar adalah warna lemak putih kekuningan dan merata di bawah kulitnya.
  6. Pastikan tidak ada tanda-tanda memar atau tanda lain yang mencurigakan.

 

Tips Memilih dan Menyimpan Cabai :

Cara Membuat Rica Rica Ayam – Bahan utama dalam membuat sambal adalah cabai. Selain itu cabai juga termasuk bumbu dapur yang paling banyak digunakan untuk menu nusantara. Cabai tidak hanya pemberi rasa pedas, namun juga sebagai penambah selera makan.

cara-membuat-rica-rica-ayam-cabai-segar

Mungkin selama ini, Anda hanya membelinya di pasar tradisional maupun supermarket tanpa mengetahui kondisinya. Jangan heran bila Anda memilih cabai dengan kondisi tidak baik walaupun ketika dilihat teksturnya sangat mulus. Berikut tips dalam memilih dan menyimpan cabai yang baik :

  • Perhatikan bentuknya

Tak sulit membedakan cabai yang berkualitas baik. Anda hanya perlu memperhatikan bentuknya saja. Usahakan untuk memilih cabai yang berukuran besar dengan bentuk lurus dan tidak melengkung. Karena biasanya cabai dengan bentuk yang melengkung memiliki rasa yang kurang pedas.

  • Perhatikan warnanya

Selain bentuknya, anda juga bisa memperhatikan warna cabai. Pilih cabai dengan warna yang terang dan menyala. Hal tersebut menandakan jika cabai yang anda beli masih segar. Hindari membeli cabai dengan warna yang kusam, karena bisa jadi cabai masih muda sehingga kurang pedas.

  • Hindari membeli yang dicampur

Di pasar-pasar tradisional, ada beberapa penjual cabai yang mencampur cabai segar dengan cabai yang sudah mulai layu bahkan membusuk dalam satu wadah demi menekan harga jual. Sebaiknya anda menghindari cabai yang dicampur seperti itu. Pilih cabai yang benar-benar segar seluruhnya agar nantinya cabai yang anda beli lebih tahan lama.

  •  Angin-anginkan cabai

Biasanya pedagang membungkus cabai dalam plastik bening. Nah, usahakan untuk segera mengeluarkan cabai dari plastik tersebut agar tidak lembap. Lalu angin-anginkan sampai cabai kering. Anda juga bisa menjemur cabai sebentar di bawah sinar matahari demi memastikan jika cabai sudah benar-benar kering.

  • Simpan di tempat kering

Selanjutnya, anda bisa langsung memindahkan cabai ke dalam wadah yang kering dan kedap udara. Setelah itu, simpan cabai tersebut di kulkas atau pada suhu ruangan.

  •  Cuci saat akan digunakan

Mungkin salah satu kesalahan yang anda lakukan saat akan menyimpan cabai adalah mencuci sebelum menyimpannya. Padahal hal tersebut bisa membuat cabai cepat membusuk, lho, karena lembap. Usahakan untuk mencuci cabai hanya pada saat akan digunakan agar cabai tetap terjaga kesegarannya.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas

Cara Membuat Rica Rica Ayam – Berbahagialah Anda yang berprinsip tiada hari tanpa makanan pedas karena kegemaran ini bisa berbuah manis untuk kesehatan. Rasa pedas di lidah bukan hanya efektif menambah nafsu makan, tapi juga berkhasiat mengatasi sejumlah keluhan penyakit.

Akan tetapi, tentu saja makanan pedas ini harus dikonsumsi secara bijaksana, terutama jika Anda memiliki perut yang sensitif atau tidak bisa menoleransi makanan pedas.

cara-membuat-rica-rica-ayam

Berdasarkan beberapa penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki banyak khasiat, berikut di antaranya.

  • Menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

  • Menyehatkan jantung

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

  • Melancarkan sirkulasi

Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

  • Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

  • Meningkatkan fungsi cerna

Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

  • Tidur nyenyak

Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

  • Menjaga mood

Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

  • Melancarkan pernapasan

Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik.

  • Menghilangkan Gejala Flu

Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

  • Penyembuh Luka

Bagi masyarakat dipedesaan tanaman cabe banyak digunakan sebagai penyembuh. Diantaranya dapat menyembuhkan luka.
cabe merah yang dikeringkan dan ditumbuk sampai halus bila ditaburkan pada luka dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Ini disebabkan karena adanya zat capsaicin pada cabe merah yang menghilangkan rasa sakit.

  • Pereda Demam Tinggi

Sementara itu, daun pohon cabe juga dapat digunakan masyarakat dipedasaan untuk menurunkan demam. Caranya ambil segenggam daun cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak selada dan campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan.

Selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak berapa lama, badan akan mengeluarkan keringat, sehingga panas badan akan menurun dengan cepat.

 

Demikian artikel mengenai cara membuat rica rica ayam ala Chinese food dan sedikit tips memilih daging ayam dan cabai yang baik. Selamat mencoba dan menikmati. Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada teman-teman anda. Terimakasih 🙂