(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Sup Ayam – Sederhana tapi cukup enak dijadikan hidangan sehat buat keluarga selain itu pula dapat menyegarkan badan terutama bila badan terasa tidak enak. Jadi cobalah anda membuat sup, nikmati dalam keadaan masih hangat soo.. alhasil badan anda akan terasa segar dan hangat.

Sup adalah makanan yang berkuah yang berbahan dasar dari sayuran, sup sudah memasyarakat untuk semua kalangan. Nikmat rasanya jika kita menikmati sup selagi hangat dengan nasi putih yang pulen.

Dilansir dari Wikipedia Sup atau sop adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. Bahan yang terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Sup Ayam ?

Cara Membuat Sup Ayam – Sup ayam adalah sup yang terbuat dari ayam, yang dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya. Sup ayam klasik terdiri dari kaldu encer, yang dimasukkan potongan ayam atau sayuran; umumnya ditambahkan dengan pasta (biasanya mi, meskipun berbagai jenis lainnya dapat digunakan), dumpling, atau padi-padian seperti nasi dan jelai. Sup ayam juga biasanya dihidangkan untuk orang yang sakit pilek dan flu

Berbicara mengenai masakan resep ayam memang tidak ada habisnya. Selain semua bagian tubuhnya bisa kita manfaatkan untuk kehidupan sehari hari, daging ayamnya juga bisa dengan mudah kita kreasikan menjadi resep masakan yang enak, lezat dan nikmat.

Salah satu resep ayam yang cukup populer dan disukai oleh semua orang adalah resep sop ayam. Ya, dengan bumbu sop ayam yang cukup sederhana yang diambil dari bumbu sehari hari terciptalah satu resep masakan Indonesia yang murah meriah tapi cukup mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Selain bumbu sup nya mudah didapat di penjual sayur keliling, cara membuat sop ayam ini juga gampang diikuti meskipun oleh teman teman yang mungkin tidak biasa dan tidak hobi masak sekalipun. Kandungan gizi dan vitamin dalam sayur sup ini juga cukup banyak sehingga berguna sekali buat kesehatan tubuh sehari hari.

Sup ayam yang masuk dalam resep masakan praktis dan cepat (yang begini biasanya jadi favorit ibu-ibu) ini juga disukai oleh anak-anak karena rasanya yang gurih dan berasa banget ayamnya.

cara-membuat-sup-ayam

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak cara membuat sup ayam yang menyehatkan berikut ini

Bahan-bahan Sup Ayam Menyehatkan

  • Daging Ayam

Sesuai namanya bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ayam yang masih segar dan sudah dipotong sesuai selera kurang lebih sebanyak 400 gram. Sebaiknya menggunakan ayam kampung, tetapi ayam potong juga boleh tetapi lumuri dulu dagingnya dengan air jeruk nipis lalu diamkan selama 10 menit supaya bau khas ayam potongnya berkurang.

Sediakan daun bawang segar kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 batang saja (kalau ukurannya kecil). Cuci bersih lalu iris iris kecil sesuai selera.

  • Buah tomat merah

Sebaiknya pilih buah tomat merah yang ukurannya sedang atau besar kurang lebih sebanyak 1 buah saja. Potong potong dari atas menjadi beberapa bagian.

  • Kentang

Pilih kentang dengan ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Kupas kulit kentang lalu potong bentuk dadu.

  • Kacang buncis

Siapkan kacang buncis ukuran sedang kurang lebih sebanyak 4 sampai 5 batang saja. Cuci bersih lalu iris iris (kurang lebih sepanjamg 2-3 cm).

  • Wortel

Wortel dengan ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 batang. Kupas kulit luar wortelnya lalu potong potong sesuai selera.

  • Daun kol

Siapkan daun kol dengan ukuran sedang besar kurang lebih 3 lembar. Cuci bersih lalu iris iris sesuai selera anda.

  • Daun seledri

Pilihlah daun seledri yang segar kurang lebih sebanyak 2 batang. Cuci bersih lalu iris iris sesuai selera anda.

  • Pentol bakso

Kalau anda dan keluarga menyukaibisa juga tambahkan pentol bakso sebanyak kurang lebih 3-4 pcs. Potong dan belah bakso sesuai selera.

  • Jahe

Sebaiknya pilih jahe dengan ukuran sedang besar yang sudah dicuci bersih dan dimemarkan sedikit saja atau kurang lebih sepanjang 1 cm saja.

  • Garam

Siapkan garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2-3 sendok kecil saja.

  • Gula pasir

Siapkan gula pasir putih secukupnya sesuai selera anda.

  • Air bersih

Siapkan air bersih secukupnya untuk kuah kaldunya.

Menu Pelengkap :

  • Tahu goreng
  • Tempe goreng
  • Perkedel kentang
  • Nasi putih
  • Kerupuk udang secukupnya

Bumbu Sup Ayam Menyehatkan

Sediakan bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung saja. Kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat dihaluskan nanti.

  • Kemiri

Sediakan kemiri yang sudah disangrai kurang lebih sebanyak 2 butir saja.

Pilihlah Pawang putih dengan ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Kupas kulitnya lalu potong bawang supaya mudah saat akan dihaluskan nantinya.

  • Merica

Merica bubuk atau halus sedikit saja sesuai selera atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.

  • Minyak goreng

Siapkan minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya.

 

Cara Membuat Sup Ayam yang Menyehatkan

  1. Langkah pertama cuci bersih daging ayam yang akan digunakan lalu tiriskan sebentar sebelum direbus.
  2. Siapkan panci rebusan lalu beri air bersih sebanyak kurang lebih 600ml-700ml lalu masak dengan api sedang.
  3. Masukkan daun bawang, seledri dan daging ayamnya lalu masak dengan api kecil. Tinggalkan sebentar sambil kita menyiapkan bumbu sop ayamnya.
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan merica bubuknya. Uleg menggunakan tangan supaya aromanya nanti harum daripada dihaluskan menggunakan blender.
  5. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya.
  6. Masukkan bumbu sop yang sudah dihaluskan lalu aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum khas tumisan.
  7. Kemudian masukkan bumbu tumisan diatas ke dalam panci rebusan ayam dan aduk aduk supaya tercampur dengan bahan lain.
  8. Masukkan jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya dan aduk aduk lagi. Masak sampai daging agak empuk.
  9. Selanjutnya masukkan sayuran yang sudah dipotong potong diatas dan bahan lain (seperti udang atau bakso) lalu aduk aduk kembali.
  10. Setelah itu masukkan garam dapur beryodium dan gula pasir nya lalu aduk aduk kembali.
  11. Masukkan irisan tomatnya lalu aduk aduk kembali supaya tercampur dengan bumbu dan bahan lain.
  12. Masak sampai daging empuk dan cicipi dulu. Tambahkan gula dan garam kalau diperlukan.
  13. Angkat dan taburi bawang goreng diatasnya.

Tips Penyajian Sup Ayam

  1. Makan dengan nasi putih selagi masih hangat
  2. Tambahkan menu pelengkap seperti perkedel kentang, tahu goreng, tempe goreng dan kerupuk udang agar lebih nikmat
  3. Campur sup ayam dengan sambal kecap yang sudah dibuat sebelumnya

 

Tips Membuat Kaldu

Cara Membuat Sup Ayam yang Menyehatkan – Tak sekedar merebus daging ayam. Membuat sup ayam perlu sedikit trik agar kaldunya gurih dan bening. Kelezatan sup terletak pada kaldunya. Selain itu, proses merebus sayuran jjuga harus pas agar terkstur tetap renyah. Belum terbiasa memasak? Coba ikuti trik ini agar sup buatan Anda gurih lezat!

Kuah dihasilkan dari daging ayam. Untuk rasa yang gurih enak, sebaiknya gunakan ayam kampung. Cuci dan bersihkan ayam dari darah dan kotoran.

Didihkan air dalam panci kemudian masukkan potongan ayam. Tambahkan 1 batang daun bawang, 1/2 butir bawang bombay, 1 batang seledri dan 1 buah wortel. Masak dengan api kecil hingga daging ayam empuk.

Penggunaan api kecil dapat membantu hasilkan sup dengan kuah bening, tidak keruh.

Baca Juga : Ini Lho Resep Soto Betawi Kuliner Lezat Asli Jakarta

Manfaat Sup Ayam

Cara Membuat Sup Ayam yang Menyehatkan – Selain rasanya enak dan lezat ternyata sup ayam juga bisa digunakan sebagi obat lho, terutama saat kita diserang flu. Apalagi saat hidung kita lagi mampet, uap sup ayam yang masih dalam keadaan panas dan mengandung banyak kaldu ayam itu apabila kita hirup bisa melancarkan hidung yang lagi mampet.

Bahkan ada sebuah penelitian di Amerika Serikat sana yang mengungkapkan bahwa kandungan rempah rempah dan asam amino yang ada berguna sekali untuk orang orang yang menderita penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan dan bronkitis. Kandungan gizi, vitamin dan lemak lainnya juga cukup banyak sehingga cocok sekali untuk mengembalikan kesegaran tubuh saat kita lagi drop atau kondisi tubuh kita lagi lemah.

Tips Memilih Daging Ayam yang Sehat dan Segar

cara-membuat-sup-ayam

Cara Membuat Sup Ayam yang Menyehatkan – Jika anda adalah merupakan salah satu ibu yang sering mengolah ayam atau keluarga anda adalah pecinta ayam untuk dijadikan lauk pauk, maka anda perlu tau cara nya untuk memilih ayam yang baik dan sehat.

Sekalipun gizinya tinggi, namun kita tetap harus hati-hati dalam memilih dan membeli daging ayam. Apalagi kasus flu burung terkadang masih samar-samar terdengar dan terjadi di sekitar kita. Belum lagi ayam tiren (mati kemarin) yang dijual pedagang ‘nakal’. Salah mengonsumsi daging ayam, dapat membawa dampak kurang baik pada kesehatan.

Untuk itu  maka lebih aman membeli ayam mentah dengan bersandar pada ciri ciri daging baik dan sehat.  Baiknya membeli ayam harus memilih yang kulitnya masih tampak segar, lembut, pori kulitnya licin serta kakinya tidak memar.

Dari segi dagingnya maka pilihlah daging ayam yang sehat dan bersih pula, kulit nya putih kekuningan merata dibawah kulit, kesat, tidak berair, harus elastis (bila ditekan jari, akan kembali seperti semula) dan memiliki aroma yang khas dan segar tidak berbau darah dan tidak berbau busuk.

Daging Ayam segar biasanya harus dimasak hanya tahan 4-6 jam setelah dipotong, sedangkan ayam segar dingin hanya tahan 24 jam setelah dimasukkan kedalan chiller /lemari es, sedangkan ayam segar beku tahan beberapa hari jika disimpan dalam kondisi yang tepat 24 derajat C di bawah nol, ada juga yang lebih suka ayam broiler karena cenderung lebih gemuk dan harganya juga terjangkau.

Ciri-ciri Ayam Broiler atau Ayam Negri

  • Ayam broiler atau disebut juga ayam negri cenderung lebih gemuk.
  • Kulit ayam broiler lebih mengkilap dan banyak lemak di lapisan bawah kulit terutama di daerah sekitar ekor.
  • Warna daging ayam broiler lebih cerah dan dagingnya lebih empuk serta kenyal saat dipegang.
  • Kulit ayam broiler lebih mudah sobek.

Cara Membuat Sup Ayam yang Menyehatkan – Jika anda membeli ayam negri utuh yang sudah dipotong perhatikan besar beratnya sekitar 0,9 kg sampai 1,2 kg. Apabila Anda tidak ingin langsung mengolah ayam menjadi menu masakan, lebih baik sebelum disimpan dicuci bersih dan ditiriskan terlebih dahulu. Simpan dalam wadah tertutup dan letakkan di freezer.

  • Warna daging ayam segar

Warna daging ayam yang segar yaitu putih keabuan dan cerah (cenderung berwarna merah muda), pada kulit ayam berwarna putih kekuning-kuningan dan bersih serta warna lemak putih kekuningan dan merata di bawah kulit. Hindari ayam yang berwarna pucat, mengkilap dan kebiru-biruan. Apabila ayam mengkilap dan tidak dihinggapi lalat dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin.

  • Pemeriksaan kemasan ayam

Ayam potong yang dijual di supermarket biasanya selalu dibungkus dengan plastik yang rapi, sehingga kita harus hati-hati dalam memilihnya. Apabila plastik tidak lagi rapat berarti telah disentuh oleh banyak orang dan sudah culup lama berada di tempat tersebut sehingga mikroba yang berkembang semakin banyak  serta dapat juga mengindikasikan daging ayam tersebut telah dibekukan atau dicairkan beberapa kali.

Sebaiknya hindari membeli ayam yang kemasannya pembungkusnya sudah terbuka atau tidak rapat lagi.

  • Tidak ada memar, bercak darah serta darah beku di bagian bawah sayap

Lihatlah warna pada bagian bawah sayap. Apabila ayam tersebut merupakan ayam tiren (mati kemaren), maka ada noda darah beku di bagian bawah sayap dan bercak-bercak darah di bagian leher serta kepala ayam. Hal ini merupakan gumpalan darah yang merupakan efek dari tidak senpurnanya darah keluar dari pembuluh darah.

  • Kulit ayam tidak kering dan juga tidak berlendir

Daging ayam yang busuk biasanya akan banyak lendir atau terlalu kering dan cenderung lembek. Jadi hindari membeli membeli danging dengan ciri-ciri seperti ini.

  • Tekstur daging ayam segar

Daging ayam yang baik dan segar, apabila ditekan, bentuknya akan kembali seperti semula, terasa empuk. Apabila kulit ayamnya tenggelam dan cenderung keras, itu artinya ayam tidak lagi segar dan tentu saja tidak baik dikonsumsi. Apabila terasa kenyal, maka ayam tersebut dipastikan mengandung formalin, dan ayam yang terlihat membengkak juga dapat dipastikan telah disuntik agar lebih berat daripada ukuran aslinya.

  • Bau daging ayam segar

Daging ayam yang segar seharusnya tidak memiliki bau, sehingga Anda akan tahu apakah ayam tersebut masih segar atau tidak dari adanya bau busuk atau tidak. Jika ayam tersebut berbau bahan kimia, dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin atau bahan kimia berbahaya lainnya.

 

Walaupun cara membuat sup ayam yang menyehatkan diatas cukup sederhana tetapi kalau masalah rasa tidak kalah enak dan lezat lho dibandingkan dengan sup ayam dari restauran terkenal lainnya. Selain sayuran diatas, anda bisa juga mengolahnya dengan menambahkan brokoli, kacang polong atau mencampurnya dengan ceker ayam atau tahu.

Ada banyak macam cara membuat sup ayam hingga cara menikmati kuah sup yang segar dan menyehatkan ini, namun kami biasanya menikmatinya dengan menambahkan sambal dalam semangkuk sup dan kerupuk sebagai pelengkapnya 🙂 Kalau anak-anak suka ditambah dengan ayam goreng. Okey selamat berkreasi di dapur tentunya sambil mencoba resep cara membuat sup ayam yang menyehatkan.

Untuk variasi resep masakan ayam yang lain, silahkan mencoba Begini Cara Membuat Kari Ayam Gurih Nggak Pake Ribet yang juga tidak kalah enaknya.

Sekian dulu artikel kali ini, jangan lupa untuk meng-share kepada teman anda. Terimakasih 🙂