(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Tanpa Kesalahan Sebagai Obat? Banyak orang yang menggap bawang putih adalah salah satu bahan bumbu masak saja, namun jangan salah. Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya sebagai obat obatan.

Namun beberapa orang yang sudah mengetahui bahwasannya bawang putih bisa dijadikan obat, tetapi masih saja salah bagaimana cara mengkonsumsinya. DIbawah ini akan dijelaskan bagaimana cara yang benar dan tepat mengolah atau cara mengkonsumsi bawang putih yang benar.

Bawang putih sudah dikenal lama sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya manfaat sejak dulu. Manfaatan bawang putih sebagai tanaman herbal sudah dikenal lama oleh sejumlah ilmuan kesehatan kuno, mulai dari Negara China, Yunani, Ayurveda hingga pengobatan tradisional di Indonesia.

APA SAJA MANFAAT BAWANG PUTIH SEBAGAI OBAT?

manfaat bawang putih

Bagaiaman yang sudah dijelaskan, manfaat bawang putih terbilang sangat lengkap. Sebagaimana kandungan fitokimia dalam bawang putih yang juga lengkap. Dalam bawang putih tersimpan kandungan Allycin sudah terbukti sebagai komponen sulfur yang bekerja menjadi anti-mikroba. Ini artinya bawang putih baik untuk mengatasi infeksi.

Selain itu, dalam bawang putih tersimpan sejumlah kandungan mineral yang berperan penting bagi tubuh. Termasuk kandungan kimia seperti mangaan, kalsium, selenium dan sejumlah komponen vitamin seperti vitamin C dan beberapa jenis vitamanin lainnya.

Didalam bawang putih juga ditemukan sejumlah komponen anti-oksidan seperti ceistyne dan disulfida. Semua jenis anti-oksidan ini bekerja sekaligus membantu menstimulasi fungsi liver, membantu membersihkan tubuh, toksin dan komponen partikel level berat.

Menurut sumber yang menjelaskan bahwa bawang putih kaya akan manfaat sebagai contoh yakni anti-biotik alaminya, anti-biotik ini membantu mempercepat memperbaiki kerusakan sel dalam yang terjaid didalm tubuh termasuk kemampuannya mengatasi inflamasi jaringan tubuh.

Bawang putih juga terbukti dalam membantu memperlancar sirkulasi darah, malarutkan lemak jenuh tubuh, kolesterol yang terdapat dalam pembuluh darah dan membantu memperbaiki sejumlah fungsi sebagai contoh yakni fungsi otak, kemudian tidak ketinggalan menambah daya tahan tubuh dan penanganan inflamasi.

Dalam ulasan salah satu media kesehatan, dikatakan bahwa bawang putih juga membantu tubuh dalam mengendalikan efek samping hormon yang berlebihan. Bawang putih tidak bekerja untuk keseimbangan hormonal.

Dalam jangka panjang, bawang putih mampu membantu menghambat resiko gangguan ovarium, jerawat hormonal dan sejumlah kanker yang bekaitan dengan masalah hormonal.

KESALAHAN DALAM MENGKONSUMSI BAWANG PUTIH

Meski dikatakan bawang putih itu sangat kaya manfaatnya, tetapi banyak orang tidak memahami benar-benar bagaimana seharusnya cara memakan atau mengolah bawang putih agar mendapat manfaat yang terbaik.

Sejumlah orang mengaku bahwa upaya cara mengkonsumsi bawang putih tidak cukup memberikan hasil yang terbaik. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bawang putih tidaklah sehebat yang dikatakan mereka.

Padahal kemungkinan terbesar masalahnya, justru terletak pada kesalahan dalam memakan atau mengolah bawang putih sebagai obat. Untuk itu berikut akan ada sedikit uarian tentang bagaimana cara menngkonsum bawang putih sebagai obat dengan benar.

BAWANG PUTIH MATANG

bawang putih matang

Mengkonsumsi bawang putih secara matang adalah cara paling normal mengkonsumsi bawang putih. Banyak orang mencoba menambahkan bawang putih lebih banyak kedalam suatu masakan atau tumisan dan sayur sup mereka demi mendapatkan aroma yang lebih menyengat dan tentu saja manfaat didalam bawang putih.

Masalahnya proses pemanasan dan pengolahan tertentu dapat merusak sejumlah komponen yang terkandung dalam bawang putih.Memang benar adanya apabila cara mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak akan menyebabkan iritasi pada lambung. Dan untuk mencegah iritasi, dapat juga memanaskannya demi menurunkan kandungan penyebab iritasi dari bawang putih.

Bisa dipahami, bahwa penyebab iritasi pada bawang putih adalah kandungan allycin. Sifat sulfur didalamnya bisa berubah menjadi keras menerima paparan yang berlebih. Bagi beberapa orang yang cenderung sensitif pada bawang putih bisa mencoba menumis bawang putih cincang secukupnya dan tiriskan segera sebelum warnanya menjadi kecoklatan.

BAWANG PUTIH YANG SUDAH LAYU

Bawang putih layu bisa dilihat dengan mencermati daging buahnya itu sendiri, bawang putih segar akan terlihat lebih keras dan renyah. Kadang juga bisa terdapat garis berwarna hijau ditengah-tangahnya yang menandakan bahwa bibit didalamnya masih bekerja.

Sedangkan bawang putih yang sudah disimpan lama biasanya memiliki benjolan daging didalamnya yang akan terlihat tidak segar, berwarna kekuningan, kering tetapi tidak renyah dan tampak keriput. Pada waktu yang sama layunya bawang putih, kandungan didalamnya juga menurun. Inilah yang menyebabkan khasiat dari bawang putih itu tidak sebaik sebelumnya.

MENGKONSUMSI BAWANG KEMASAN

bawang layu

Mengkonsumsi bawang putih kemasan seperti pada bawang putih berbentuk pil atau kapsul sebenarnya tidak bisa menjamin bahwa kandungannya akan sama seperti bawang putih non-kemasan. Bagaimanapun mengkonsumsi bawang putih asli yang masih segar akan jauh lebih baik.

Alasannya yang perlu dipahami adalah efek samping dari proses pengeringan baawang putih itu sendiri, perubahannya sebagai bubuk merubah sejumlah kandungan nutrisi didalam bawang putih akan menurun.Dikatakan bahwasannya bawang putih yang dikeringkan biasanya kadar anti-oksidannya akan lebih rendah dari bawang putih mentah dipasaran.

MENGKONSUMSI BAWANG PUTIH TERLALU SEDIKIT

Kebanyakan orang merasa sudah cukup mengkonsumsi bawang putih, tetapi pada kenyataannya tidaklah mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup. Perbandingannya adalah sebutir kecil bawang putih akan jelas berbeda hasilnya dengan tiga butir bawang putih berukuran sedang.

Bawang putih sendiri bekerja tidak secara langsung melainkan bekerja perterapi. Tidak seperti yang diharapkan, bahwa bawang putih yang akan memberi manfaat secara akumulatif dalam tubuh. Dalam dosis yang tepat manfaatnya juga akan terlihat bekerja lebih baik untuk setiap kali dikonsumsi.

Kadang masalah muncul ketika rutin tidaknya cara mengkonsumsi bawang putih dalam jangka tertentu. Mengkonsumsi bawang putih dengan rutin namun jangka waktu pendek atau sibngkat juga akan membuat hasil kinerja dari terapi itu sendiri tidak tuntas mengatasi masalahnya.

Masalah lain akan timbul apabila cara mengkonsumsi bawang putih berhenti secara tiba-tiba atau bosan, disebutkan bahwa terapi mengkonsumsi bawang putih paling singkat kurang lebih adalah 10 hari untuk hasil yang maksimal.

TIDAK MENGKONSUMSI PROBIOTIK

Ada masalah yang perlu dipahami terkait pencernaan dengan pengaruh kinerja kandungan Allycin didalam bawang putih, Allycin adalah sulfur antibiotik, yang ketika terus menerus berada di dalam usus akan menyebabkan bakteri baik dalam usus akan mati.

Itu sebabnya, seseorang yang mengkonsumsi bawang putih secara rutin kemungkinan besar akan mengalami masalah pencernaan. Patikan untuk tidak mengkonsumsi probiotik secara sembarangan agar bakteri baik dalam usus tetap menjaga usus walaupun terus menerus mengkonsumsi bawang putih.

MENGKONSUMSI BAWANG PUTIH SAAT PERUT KOSONG

perut kosong

Penting untuk dicatat hal yang perlu dipahami adalah efek korotif (kemampuan mengiritasi), kemampuan tersebut terdapat dalam bawang putih dan karena itu mengkonsumsi bawang putih secara berlebih dapat memicu efek iritasi pada lambung dan usus.

Oleh karena itu, pastikan sebelum mengkonsumsi bawang putih perut sudah dalam keadaan cukup kenyang. Ketika perut kenyang, lambung sudah otomatis menyiapkan sejumlah hormon yang membantu lapisan dinding pada lambung. Terdapatnya lapisan dinding pada lambung justru membantu mengurangi resiko terkena iritasi bawang putih.

Setelah mengetahui manfaat bawang putih sebagai obat yuk belajar membuat bawang goreng pedas yang aman untuk perut.