(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Mengolah Bawang Dayak – Bawang sabrang atau bawang dayak adalah salah satu species bawang yang berasal dari Amerika. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pegunungan dengan tinggi antara 600–1500 m dpl.

cara mengolah bawang dayak

Bawang Dayak atau warga setempat menyebutnya dengan bawang sabrang (Eleutherine Americana Merr) mengandungan fitokimia seperti glikosida, alkaloid, steroid, zat tannin, flavanoid dan fenolik yang adalah sebagai sumber biofarmaka potensial. Alkaloid adalah bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai salah satu bagian dari heterosiklik.

 

Senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin memiliki aktivitas hipoglikemik atau menurunnya kadar glukosa pada darah yang bermanfaat untuk mengobati diabetes melitus, Dan belum banyak orang tahu bahwa alkaloid berfungsi sebagai anti mikroba atau anti bakteri.

 

Bawang dayak memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, dari ringan sampai yang terberat sekalipun antara lain: prostat, radang usus, hipertensi / darah tinggi, asam urat, ginjal, diabetes, segala jenis tumor dan kanker (kanker payudara, myom, kista, kanker kelenjar getah bening, kanker rahim, kanker usus, kanker paru paru dll), radang rektum, asma, hepatitis, jantung koroner, ambeien, stroke, migrain, diabetes mellitus, kolesterol, bronkhitis, vertigo, hipertensi, TBC, asam urat, maag, peluruh lemak,  gangguan pencernaan lambung, gangguan seksual/vitalitas, amandel, radang prostat, keputihan, bisul, gondok, pelupa/menurunnya fungsi ingatan pada otak dan semua penyakit kronis yang memiliki hubungan dengan darah.

 

Berikut Ini Cara Mengolah Bawang Dayak

1. Bawang Dayak Berupa Tepung Atau Bubuk

Cara mengolah bawang dayak yang berbentuk tepung atau bubuk sangat mudah untuk dibuat. Karena hanya bermodalkan mengiris bawang dayak yang sudah menggering menjadi 9-10 irisan. Kemudian haluskan dengan menggunakan blender setelah selesai diblender tahap selanjutnya adalah menyaring bawang yang sudah diblender menggunakan ayakan khusus makanan yang higienis. Kemudian bisa dimasukan dalam wadah yang tertutup atau kedap dengan udara.

2. Bawang Dayak Yang Berupa Instan

Ambil umbi bawang dayak yang sebelumnya sudah diiris tipis-tipis dan dicuci hingga bersih tanpa adanya kotoran yang menempel, kemudian tambahkan dengan air sekitar 2,5 liter setiap 1,5kg bawang dayak. Selanjutnya haluskan menggunakan blender dan setelah bawang dayak dihaluskan, diayak dengan menggunakan kain, kemudian tambahkan gula pasir sebanyak 1kg. Setelah itu masak semua bahan yang telah dicampur dalam satu wadah dan aduk hingga membentuk butir – butir kristal halus.

3. Manisan Bawang Dayak

Cara mengolah bawang dayak agar menjadi manisan sangat mudah dengan mencuci umbi bawang dayak yang sudah diiris tipis-tipis lalu kukus didalam panci hingga kurang lebih 6 menit. setelah dirasa matang, masukkan kedalam larutan gula, kemudian dimasak sambil mengaduk secara terus menerus hingga kering tandanya kering adalah gula mulai menjadi kristal.

4. Bawang Dayak Simplisia Atau Rajangan

Hanya perlu mengambil bagian dari umbi bawang dayak. Kemudian iris tipis – tipis dan cuci hingga benar-benar bersih. Setelah itu, semua irisan harus dikeringkan di bawah matahari hingga batas waktu 1 hari 1 malam, apabila cuaca tidak mendukung maka bisa hanya dengan menggunakan oven dengan suhu 50 derajat celcius selama kurang lebih 10 jam. Maka kadar air yang dikeluarkan sekitar 12% yang bisa didinginkan, setelah dingin masukkan kedalam plastik dan siap dinikmati.

5.Lalapan

Jika Anda suka dengan sayuran mentah dan segar, maka bawang dayak ini juga bisa dijadikan lalapan untuk menemani makan Anda. Mengkonsumsi bawang segar juga lebih baik dibandingkan yang sudah dimasak karena nutrisinya masih utuh dan belum berkurang.

cara engolah bawang dayak

Selain banyak olahan yang bisa dibuat dari bawang dayak ternyata juga mengandung banyak manfaat didalamnya

 Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan :

 

1. Melancarkan Peredaran Darah

Bawang dayak mempunyai manfaat guna memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh. Manfaat ini sangat dirasakan oleh orang yang menderita asam urat. Selain itu, bawang dayak juga mampu menetralkan kadar gula darah penderita diabetes.

 

2. Memperbaiki sistem pernafasan

Bawang dayak juga berguna dalam sistem pernafasan. Antara lain untuk menghilangkan timbulnya plak pada paru-paru dan lendir serta membuang kotoran yang disebabkann oleh udara yang kotor. Selain itu, bawang dayak juga dapat mencegah radang paru-paru dan mampu mengeluarkan lendir pada tenggorokan saat batuk.

 

3. Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita

Bagi para wanita, bawang dayak juga mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Beberapa khasiat tersebut adalah dapat mengurangi rasa sakit ketika haid, melancarkan haid, membersihkan area organ intim, serta mencegah keputihan.

 

4. Melancarkan Metabolisme

Manfaat bawang dayak yang lain berguna untuk meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh antara lain dapat  mengatasi penyakit ginjal, radang usus, dan sembelit . Khasiat yang lain berguna untuk memperkuat sistem kekebalan pada tubuh dan dapat menjaga agar stamina tubuh tetap kuat.

 

5. Menguatkan Kesehatan Tulang

Apabila terdapat kekurangan kalsium pada tubuh maka akan berpengaruh pada munculnya berbagai penyakit yang berada pada tulang. Salah satu penyakit dalam tulang adalah osteoporosis yang terdapat pada tulang atau yang biasa disebut dengan pengapuran pada tulang. Bagi para orang yang sudah lanjut sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang dayak karena bawang dayak banyak mengandung kalsium yang sangat melimpah.

 

6. Melancarkan ASI

Bawang dayak juga mempunyai banyak khasiat yang dapat mengatasi masalah yang terdapat pada ibu yang sedang menyusui, masalahnya ketika pada saat menyusui demam, kaki bengkak, mual, dan air susu yang tidak lancar.

 

7. Obat Sakit Perut

Banyak manfaat bawang dayak yaitu salah satunya adalah mengobati sakit perut. Sejak lama banyak masyarakat asli suku dayak yang menggunakan bawang dayak sebagai obat dari sakit perut, mual, dan nyeri pada bagian perut yang sudah teruji kesembuhannya.

8. Obat Flu

Suku dayak juga sangat sering untuk memanfaatkan bawang dayak tersebut sebagai obat – obatan herbal, salah satunya digunakan untuk mengobati flu. Kandungan antibakteri tinggi yang terdapat pada bawang dayak nyatanya dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang mengakibatkan timbulnya penyakit flu, sehingga penyakit flu yang diderita dapat hilang.

 

9. Mengobati Penyakit Kuning (Hepatitis)

Ternyata bawang dayak juga dapat mengobati penyakit kronis yang sangat berbahaya yaitu salah satunya adalah penyakit kuning atau dalam bidang kedokteran disebut dengan hepatitis. Banyak peneliti yang sudah memberi tahu bahwa banyak sekali manfaat bawang dayak untuk mengobati berbagai penyakit lainnya.

 

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang dayak banyak menggandungan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat bawang dayak banyak sekali, salah satunya adalah berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara agar daya tahan tubuh meningakat adalah dengan menambahkan bawang dayak pada masakan sehari-hari.

 

11. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah satu dari sekian banyaknya zat penting lainnya yang berada pada bawang dayak. Semua orang sudah mengetahui keajaiban dari bawang dayak, diantaranya bawang dayak juga mengandung banyak antioksidan. Agar tubuh terhindar dari radikal bebas, maka pasangannya dengan mengkonsumsi bawang dayak secara teratur agar ttidak terpapar radikal bebas.

Para pembaca setia mesinbawang.com informasi diatas tentang cara mengolah bawang dayak dan berbagai manfaat yang terdapat pada bawang dayak. Untuk anda yang baru memulai bisnis dibidang kuliner dan tidak mau manggunakan banyak pegawai maka gunakanlah Mesin Pengolah Bawang agar tidak terlalu banyak menggunakan pegawai. Tetap pantengin ya masih banyak artikel-artikel lain yang sangat bermanfaat.