MESIN BAWANG https://mesinbawang.com Jual Mesin Pengupas Bawang, Alat Pengiris Bawang Terbaru 2017 Mon, 13 Aug 2018 18:48:47 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 133737719 100% Sukses Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Mudah https://mesinbawang.com/cara-menanam-daun-bawang-hidroponik/ Mon, 13 Aug 2018 18:48:47 +0000 https://mesinbawang.com/?p=753 100% Sukses Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Mudah, ini merupakan metode penanaman yang sudah tidak asing untuk kita dengar. Hidroponik adalah Metode penanaman yang memanfaatkan air sangat disarankan untuk para petani yang tinggal didaerah sulit air, berikut merupakan cara menanam daun bawang hidroponik. Cara bertanam secara hidroponik banyak dilakukan untuk tumbuhan sayuran maupun untuk […]

The post 100% Sukses Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Mudah appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
100% Sukses Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Mudah, ini merupakan metode penanaman yang sudah tidak asing untuk kita dengar. Hidroponik adalah Metode penanaman yang memanfaatkan air sangat disarankan untuk para petani yang tinggal didaerah sulit air, berikut merupakan cara menanam daun bawang hidroponik.

Cara bertanam secara hidroponik banyak dilakukan untuk tumbuhan sayuran maupun untuk tumbuhan bunga dan lain lainnya, contoh cara menanam selada hidroponik dan seperti yang akan kita bahas cara menanam daun bawang hidroponik.

 

Berikut beberapa kelebihan metode bertanam secara hidroponik :

  • Laham menjadi lebih efisien
  • Praktis perawatannya
  • Bisa sekaligus dijadikan hiasan dalam pot
  • Dijadikan bisnis yang menguntungkan di wilayah perkotaan
  • Pengendalian hama dan penyakit tanaman yang lebih mudah

Bawang biasanya hanya ditanam untuk diambil umbinya, namun tak jarang bawang juga diambil daunnya. Buktinya adalah daun bawang yang banyak dijadikan penyedapan masakan bahkan untuk dimakan mentah mentah, kita bisa menjumpai banyak daun bawang dijual dipasar itu artinya daun bawnag memiliki nialai ekonomis yang cukup menggiurkan.

Maka dari itu apabila tertarik mencoba budidaya daun bawang, ini adalah pembahasannya yaitu cara menanam daun bawang hidroponik. Pada metode cara menanam daun bawang, maka tujuannya adalah untuk dijadikan sebagai tanaman hias dan bisa sekaligus dijadikan sebagi bisnis rumahan.

Cara menanam daun bawang hidroponik kini mulai banyak diterapkan karena tanaman ini digandrungi sebagai tanaman  penghias dan bisnis yang mudah. Maka dari itu, kali ini kami akan mengulaskan cara menanam metode hidroponik dengan mudah.

 

Pembuatan Media Hidroponik

media tanam daun bawang hidroponik

Daun bawang yang akan ditanam secara hidroponik, tentunya tidak menggunakan tanah. Sebagai gantinya bisa memilih beberapa media lain yang akan digunakan sebagai pengganti tanah bisa juga digunakan sekam, pasir, serbuk kayu, mineral, dan air.

Pada tanaman hias jenis daun bawang ini, yang sangat bagus adalah menggunakan metode hidroponik dengan media air, agar dapat memberikan sensasi warna yang menarik saat diletakkan dalam ruangan. Langkah pembutan tanaman hias menggunakan metode hidroponiknya adalah seagai berikut :

Bahan-bahan

  • Gelas Kaca bening
  • Air jernih
  • Kerikil
  • Pasir

Cara Pembuatan :

  • Cuci hingga bersih pasir dan kerikil.
  • Isi gelas dengan 1/2 air.
  • Masukkan kerikil terlebih dahulu kemudian baru pasir hingga kurang lebih 1/8 gelas.
  • Diamkan hingga air kembali jernih. Lalu dapat dimasukkan batu yang akan menjernihkan airnya.

Sebenarnya sebagai wadahnya bisa juga memafaatkan bekas botol air mineral atau pipa. Namun dengan tujuan keindahan tanaman hias yang praktis ini, maka sebaiknya wadah dengan bahan kaca yang akan memberikan kilau cahaya ketika terkena sinar matahari. Agar bisa menampung lebih banyak bibit daun bawang, maka bisa juga memanfaatkan toples kaca.

 

Menyiapkan Bibit Daun Bawang

bibit daun bawang hidroponik

Untuk mendapatkan bibit daun bawang, tidak perlu mencarinya ditoko pertanian karena bisa dengan mudah mendapatkannya dipenjual sayur keliling atau dipasar. Biasanya daun bawang ini dijual dengan akarnya sehingga bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai bibit tanaman bawang.

Pilih daun bawang yang akarnya terlihat masih utuh, lalu siram dengan air agar menjaga kesegarannya. Perlu diingat hanya daun bawang yang masih ada akarnya saja yang dapat dijadikan bibit unggulan, karena jelas memiliki kemungkinan lebih besar untuk lebih cepat tumbuh dari pada daun bawang yang tidak memiliki akar.

Daun bawang yang sudah dipilih lalu dipotong atasnya dan disamakan panjangnya kurang lebih 12cm. Bisa saja mengumpulkan daun menjadi satu agar diameternya seperti diameter gelas media tanam. Sementara itu bisa juga mengikat daun bawang menggunakan karet gelang terlebih dahulu baru nanti bisa dimasukkan kedalam gelas.

 

Memberi Nutrisi Dalam Media Air

Agar tanaman daun bawang tetap subur meski ditanam dalam air, tentu saja harus memberikan asupan nutrisi yang cukup didalam air tersebut agar bisa diserap bibit daun bawang. Kemudian untuk memberikan nutrisi dalam air, tentu kita harus memilih jenis pupuk yang tidak akan mengotori air.

Yang dapat pilih adalah pupuk organik cair yang banyak dijual ditoko pertanian, selain mudah larut pupuk cair tidak menyebabkan keruh. Selain itu dapat juga menggunakan perangsang pertumbuhan akar agar tanaman cepat berkembang setelah menggunakan metode hidroponik.

 

Langkah-langkah pemberian nutrisinya ialah sebagai berikut :

  • Siapkan pupuk organik cair dan perangsang pertumbuhan akar.
  • Satu gelas media tanam diberi sekitar 1 cc perangsang pertumbuhan akar dan 2-5 cc pupuk cair organik.
  • Aduk secara perlahan hingga merata tanpa menimbulkan kekeruhan.

Kemudian sangat tidak dianjurkan menambahkan pupuk anorganik ataupun bahan kimia lain, agar tidak mempengaruhi rasa dan warna asli daun bawang tersebut. Lalu bibit daun bawang yang sudah siap, kemudian dipindahkan kedalam gelas kaca atau botol bekas.

 

Penanaman Bibit Daun Bawang

cara penanaman daun bawang hidroponik

Cara menanam daun bawang hidroponik tidaklah sulit. Setelah media tanamnya sudah siap, tinggallah memasukkan bibitnya kedalam gelas kaca yang sudah berisi bahan-bahan tersebut. Pastikan air tidak meluap dari gelas, dan bagian yang terendam air hanya bagian akar saja tidak melebihi bagian pangkal putihnya bibit daun bawang.

Setelah dimasukkan kewadahnya, kemudian gelas kaca tersebut dipindahkan ke tempat yang terkena cahaya matahari langsung, bisa diletakkan didaerah jendela atau area terbuka lainnya yang langsung terkena paparan sinar matahari.

 

Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan tetap menggunakan pupuk organik cair, Sampai kurang lebih 8 hari sekali, pemberian pupuk organik cair pun harus diulang agar menjaga nutrisi dalam media hidroponik ini.

Dan pupuk perangsang pertumbuhan akar hanya diulang sebulan sekali saja. Kadar pupuk organik cair yang diberikan, bisa ditambah sekitar satu takaran lagi setiap kelipatan dua minggu sekali dimana daun bawang telah terlihat tumbuh semakin lebat dan hijau.

 

Pemangkasan Daun

Daun bawang hidroponik ini ditanam secara indoor untuk tujuan hiasan dan adapun untuk dijual, maka pemangkasan daun bawang perlu untuk menjaga tampilan dan kebersihannya. Bagian yang dapat dipotong adalah bagian daun yang kering atau tidak merata yang kemudian bisa terlihat rata. Pemangkasan perataan bisa dilakukan kurang lebih 1-2 bulan sekali.

 

Menghindari  Hama dan Penyakit

hama daun bawang hidroponik

Salah satu keunggulan cara menanam daun bawang hidroponik adalah hampir kemungkinan untuk diserang hama penyakit tidak ada, karena penempatan media tanamnya terjaga didalam ruangan dan tidak terpengarruh secara langsung cuaca diluar ruangan. Hal ini akan mencegah serangan hama dan juga penyakit tumbuhan.

Namun apabila ditemukan gejala serangan jamur atau bakteri, maka bisa juga menggunakan bakterisida pada air atau bisa mengganti bibitnya dengan bibit yang baru dan memulainya lagi dari awal.

 

Setelah mengetahui beberapa cara menanam daun bawang hidroponik, kini saatnya untuk mengetahui tips sukses sedikit cara budidaya daun bawang hidroponik agar bisa melakukannya secara praktis dan tentunya tidak gagal.

Cara sukses budidaya daun bawang hidroponik dengan praktis sebagai berikut :

  1. Gunakan media air tanpa kerikil.
  2. Gunakan pupuk organik cair yang berkualitas. Pupuk organik cair yang mahal juga belum tentu memiliki kandungan nutrisi yang baik dan seimbang.
  3. Teknik hidroponik juga bisa diterapkan untuk menanam tanaman dengan skala besar. Maka cara menanam dengan skala besar dapat menggunakan media kolam dan sterofoam yang bisa mengambang di air, lalu dibuat media seperti gelas dari paralon atau botol bekas.
  4. Jangan pernah menggunakan pupuk kimia, karena akan langsung terserap dan meninggalkan bahan kimia didalam daun bawang. Hal ini berdampak pada warna dan rasa dari daun bawang tersebut.

Selain mengetahui cara menanam daun bawang hidroponik, kalian juga bisa mengetahui cara membuat bawang hitam yang mudah.

The post 100% Sukses Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Mudah appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
753
8 Langkah Sukses Budidaya Bawang Merah Brebes https://mesinbawang.com/bawang-merah-brebes/ Thu, 09 Aug 2018 13:54:45 +0000 https://mesinbawang.com/?p=717 8 Langkah Sukses Budiya Bawang Merah Brebes yang pastinya mudah untuk Anda praktekkan sendiri dirumah, dengan bahan yang mudah untuk dicari hingga bibit yang banyak ditemui. Cara tanam yang benar juga membantu bawang merah Brebes agar menghasilkan tumbuhan subur dan melimpah penghasilannya. Mendengar kata bawang merah pasti semua orang sudah tidak asing, bawang merah yang akan […]

The post 8 Langkah Sukses Budidaya Bawang Merah Brebes appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
8 Langkah Sukses Budiya Bawang Merah Brebes yang pastinya mudah untuk Anda praktekkan sendiri dirumah, dengan bahan yang mudah untuk dicari hingga bibit yang banyak ditemui. Cara tanam yang benar juga membantu bawang merah Brebes agar menghasilkan tumbuhan subur dan melimpah penghasilannya.

Mendengar kata bawang merah pasti semua orang sudah tidak asing, bawang merah yang akan kami bahas ini bukan tentang bawang merah jahat seperti pada dongeng melaikan yang akan kita bahas yakni 8 langkah sukses budidayakan bawang merah brebes.

 

Metode budidaya bawang merah

1. Persiapan Lahan

lahan bawang brebes

Hal pertama yang harus dilakukan yakni pembersihan lahan dengan cara membabat rumput dan gulma. Kemudian tanah harus digemburkan dengan cara dicangkul maupun menggunakan traktor agar bawang merah brebes dapat hidup subur tanpa gulma.

Bedangannya dengan menanam padi, jagung, dan lain lain lahan yang akan ditanami bawang merah brebes dibuat lebar 1-1,2 meter dan panjang disesuaikan dengan keadaan lahan perpetak. Jarak antar bedengan 20-30 cm perpetak, dengan kedalaman parit 20-30 cm.

Adapun pupuk dasar untuk bawang yang digunakan pupuk kandang seperti dari kotoran sapi, kotoran ayam atau kompos, pupuk buatan TSP/SP-36, pupuk kandang atau kompos dan pupuk buatan seperti TSP disebar dengan cara diaduk rata dengan tanah satu sampai tiga hari sebelum tanam.

Jika pH tanah kurang dari 5,6 diberi Dolomit atau kapur pertanian dosis kurang lebihnya 1,5 ton/ha disebarkan di atas bedengan dan dicampur rata dengan tanah lalu biarkan kurang lebih seminggu agar kadar asam tidak terlalu tinggi dan siap untuk di tanamami bawang merah.

 

2. Persiapan Umbi Bibit

umbi bawang

Umbi bibit bawang merah brebes yang berkualitas lebih baik memiliki ukuran sedang, sehat, keras dan permukaan kulit luarnya licin/ mengkilap. Ukuran umbi bibit yang biasanya adalah 3-4 gram/umbi.

Umbi bibit bawang merah yang baik adalah umbi bibit yang telah disimpan dengan kurun waktu 2-3 bulan dan umbi masih dalam ikatan (umbi yang masih ada daunnya). Benih yang dianjurkan untuk ditanam yaitu benih Kuning, Bima Brebes, Bangkok, Kuning Gombong, dan lain lalin yang cocok ditanam didataran rendah.

Sedangkan untuk dataran medium dan dataran tinggi sangat disarankan memakai benih Sumenep, Menteng, Klon No. 88, Klon No. 33, Bangkok 2 karna bawangnya yang kuat dengan cuaca didataran medium maupun dataran tinggi.

Selain dari umbi, penanaman bawang merah juga dapat juga dari benih berupa biji bawang. Benih ini biasanya banyak dijumpai di toko-toko pertanian.

 

3. Penanaman

Umbi bibit atau biji awang merah ditanam dengan jarak tanam 20×15 cm atau 15×15 cm. Lubang tanam dibuat sedalam umbi biasa satu jari kelingking. Umbi bawang merah brebes ditanam ke dalam tanah dengan cara memutar.

penanaman bawang

Penanaman diusahakan jangan terlalu dalam karena umbi sangat mudah mengalami pembusukan. Jika umbi bawang belum siap ditanam, maka akan dilakukan pemotongan pada ujung umbi.Tujuannya tak lain untuk mempercepat pertumbuhan.

 

4. Pemupukan

pemupukan bawang

Pemupukan susulan menggunakan Urea, ZA (300-500 kg/ha) dan KCl (150-200 kg/ha). Pemupukan susulan akan dilakukan pada umur 10 sampai 15 hari setelah masa tanam bawang merah dan pemupukan susulan II pada waktu umur 1 bulan setelah masa tanam, masing-masing setengah dosis.

Sementara, 100 kg NPK(15-15-15) Mutiara diaplikasikan pada umur 3 minggu setelah masa panen. Sedangkan pupuk hayati (pupuk organik yang berasal dari tanaman) diberikan melalui bibit sebelum tanam atau dengan penyemprotan melalui tanaman umur 1 sampai 4 mingguan.

 

5. Pengairan dan Penyiangan

pengairan dan penyiangan

Yang perlu diingat adalah bawang merah adalah tipe tanaman yang memerlukan banyak air, namun bawang merah itu sendiri tidak tahan terhadap genangan (terlalu banyak air) atau tanah yang becek, pada intinya bawang merah hanya memerlukan kadar air yang cukup.

Tanaman berumur 0-10 hari, penyiraman dilakukan dua kali yakni pagi dan sore, sedangkan sesudah lebih dari 0-10 hari penyiraman cukup dilakukan sekali sehari (dan sangat dianjurkan sebaiknya dilakukan pada pagi hari).

Penyiraman untuk lahan persawahan biasanya dengan cara mengalirkan air ke bedengan hingga volume air merata, sedangkan untuk lahan kering menggunakan gembor/selang. Apabila digunakan cara ini, sebaiknya dilakukan setelah tanaman berumur lebih dari kurang lebihnya 10 hari.

Penyiangan atau Menghilangkan gulma pada tanaman bawang merah dapat dilakukan dengan cara manual sesuai dengan keadaan gulma dilahan tanam, yaitu antara satu sampai dua kali penghilangan gulma pada saat tanaman berumur 10 sampai 15 hari dan 28 sampai 35 hari sebelum pemupukan susulan.

 

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Berikut beberapa cara pengendaliannya hama penting pada tanaman bawang merah adalah sebagai berikut.

  • Ulat daun pada Bawang (Spodoptera exigua)

biasanya menyerang pada daun yang terlihat seperti bercak putih transparan. Ini karena ulat melubangi daun dan memasuki bagian dalam daun sehingga merusak jaringan bagian dalam daun itu akan menyebabkan daun terkulai.

Adapun cara pengendaliannya yaitu pemutaran masa tanam, waktu tanam serempak, atau dengan pengendalian secara pupuk anorganik.

  • Trips

Biasanya terlihat bintik-bintik keputihan pada bagian daun yang diserang, dan akhirnya daun menjadi kering. Biasanya hama ini terjadi pada musim kemarau tiba.

cara pengendaliannya dengan mengatur waktu tanam, atau secara kimiawi dengan penyemprotan pupuk anorganik pada tanaman bawang merah yang terkena hama.

  • Penyakit bercak ungu atau trotol (Alternaria porri)

penyakit ini biasanya menyerang daun yang sudah tua dan terdapat bercak putih-keputihan dan agak menggumpal, lama-lama bercak akan berwarna ungu berbentuk oval, keabu-abuan dan terdapat tepung hitamnya. Hama ini biasanya menyerang pada musim hujan.

Cara pengendaliannya dengan menentukan masa tanam, melakukan penyemprotan setelah hujan turun dengan air guna untuk mengurangi spora yang terdapat pada daun bawang. Pengendalian secara anorganik dilakukan dengan cara menyemprotkan fungisida.

 

7. Masa Panen

masa panen bawang

Panen dilakukan apabila tanaman sudah memasuki umur 65-75 hari. Biasanya tanaman yang telah siap dipanen memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Tanaman telah cukup tua, dengan hampir 60-90% batang telah lemas dan daun terlihat sudah menguning.
  • Umbi lapis akan memadat berisi dan sebagian terlihat akan naik terlihat ke permukaan tanah.
  • Warna kulit umbi mengkilat atau memerah.
  • Panen dilakukan dengan cara mencabut tanaman bersama daunnya dan diusahakan tanah yang menempel pada umbi untuk dibersihkan. Biarkan umbi beberapa jam daiatas bedengan, kemudian diikat.
  • Umbi yang sudah diikat dapat dijemur dengan posisi daun berada di atas selama kurang lebih 5 sampai 7 hari. Setelah daun kering, maka ikatan pun diperbesar dengan menyatukan 3 sampai 4 ikatan kecil menggunakan tali bambu. Selanjutnya ikatan dijemur kembali dengan posisi umbi di atas selama kurang lebihnya 2-3 hari,
  • Apabila umbi sudah kering, umbi harus segera disimpan di gudang atau dilakukan pengasapan agar tidak mudah busuk dan pasti tahan lama.

 

8. Pasca Panen

paska panen bawang

Umbi dijemur hingga kering kurang lebih 1 sampai 2 minggu hingga kadar airnya menurun dibawah sinar matahari langsung. Pembalikkan dilakukan setiap 2 sampai 3 hari sekali hingga bobot ubi mencapai kurang lebih 30%. Kemudian dilakukan penyortiran atau di sebut juga dengan grading sesuai dengan ukuran umbi.

Bawang merah yang sudah selesai di jemur dapat disimpan dengan cara digantungkan di gudang khusus dengan kisaran suhu kurang lebih 25% derajat celcius dan kelembaban yang cukup rendah untuk menghindari pembusuk umbi.

 

 

Tips Budidaya Bawang Merah Brebes Agar Hasilnya Memuaskan

  • Bawang merah tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi sekitar 1000 mdpl
  • Produksi akan baik pada dataran rendah apabila ditanam pada kisaran suhu 25-32 °C , dengan penyinaran matahari kurang lebih 70%
  • Persyaratan tanah : gembur, subur dan banyak mengandung bahan organik
  • Jenis tanah yang paling bagus yaitu lempung berpasir atau lempung berdebu
  • pH tanah 5-5 -6,5
  • Drainase dan aerasi tanah diusahakan yang bagus

Selain mengenal bawang merah breses yuk kenali juga manfaat bawang putih tunggal.

The post 8 Langkah Sukses Budidaya Bawang Merah Brebes appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
717
Ini Dia Berbagai Macam Manfaat Bawang Merah Mentah Dan Olahannya https://mesinbawang.com/manfaat-bawang-merah-mentah/ Wed, 18 Apr 2018 09:59:25 +0000 https://mesinbawang.com/?p=690 Manfaat Bawang Merah Mentah –  Bawang merah adalah bumbu dapur yang sering digunakan untuk keperluan memasak. Selain itu bawang merah juga sebagai obat alami karena banyak mengandung manfaat. Manfaat Bawang Merah Mentah Bagi Kesehatan 1. Mengobati Asma Manfaat bawang merah mentah dengan cara mengkonsumsi secara rutin adalah dapat  mengobati asma. Bawang merah mengandung nutrisi dan […]

The post Ini Dia Berbagai Macam Manfaat Bawang Merah Mentah Dan Olahannya appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
Manfaat Bawang Merah Mentah –  Bawang merah adalah bumbu dapur yang sering digunakan untuk keperluan memasak. Selain itu bawang merah juga sebagai obat alami karena banyak mengandung manfaat.

manfaat bawang merah mentah

Manfaat Bawang Merah Mentah Bagi Kesehatan

1. Mengobati Asma

Manfaat bawang merah mentah dengan cara mengkonsumsi secara rutin adalah dapat  mengobati asma. Bawang merah mengandung nutrisi dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan sistem pernafasan. Selain dapat untuk mengobati asma, bawang merah mentah juga dapat untuk mengobati, bronkitis , flu, pilek, dan sejenisnya.

2. Mengobati Sembelit

Bawang merah juga dapat digunakan untuk mengobati sembelit. Dengan mengkonsumsi satu siung bawang merah mentah secara rutin dapat untuk menyehatkan usus dan membersihkan bakteri juga berbagai virus di dalamnya.

3. Mengobati Tuberkolosis

Bawang memiliki manfaat untuk antiseptik dan anti mikroba. Maka, bawang merah sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi tuberkolosis. Bawang merah akan lebih bermanfaat lagi apabila mengkonsumsinya secara rutin dengan tambahan sedikit garam.

4. Meningkatkan Produksi ASI

Buat para ibu yang sedang menyusui anaknya dan menginginkan mempunyai ASI yang melimpah untuk anaknya, sebaiknya mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin. Para peneliti mempercayai apabila bawang putih mentah mengandung vitamin dan nutrisi yang dapat untuk meningkatkan produksi ASI.

5. Anti Kanker

Salah satu manfaat bawang merah mentah adalah sebagai obat herbal sederhana yang berfungsi sebagai  anti kanker. Bawang merah mengandung nutrisi yang tidak hanya memiliki khasiat sebagai anti kanker akan tetapi juga dapat digunakan sebagai detoksifikasi dan sebagai obat herbal penurun tekanan darah tinggi.

Selain memiliki manfaat bawang merah mentah ternyata juga banyak olahan yang bisa dicoba

Berbagai Olahan Yang Terbuat Dari Bawang Merah

1. Bawang Goreng

Bawang goreng adalah salah satu olahan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat di indonesia. Cara mengolah bawang merah mudah dan dapat dilakukan hanya dengan biaya yang murah sebagai usaha kecil.

Bahan Yang Digunakan :

  • Bawang merah
  • Tepung terigu
  • Tapioka
  • Minyak goreng
  • Pisau dan telenan
  • Baskom
  • Wajan

 

Alat Yang Digunakan :

  • Kompor
  • Saringan digunakan untuk meniriskan bawang merah yang sudah digoreng

Cara Pembuatan Bawang Goreng

  1. Kupaslah bawang merah, dan buang pangkal umbi, lalu bawang dicuci hingga
  2. Campurkan terigu dengan tapioka hingga me Takaran campuran tepung setiap 150 gram tapioka dicampurkan dengan 175 gram terigu.
  3. Irislah Bawang merah membujur dengan ukuran kurang lebih 2 mm, kemudian masukkan ke dalam baskom, dan tambahkan dengan tepung yang sudah dicampur sebelumnya. Baskom digoyang-goyang hingga bahan tercampur hingga me 1 kg irisan bawang merah dicampurkan dengan 65 gram tepung campuran.
  4. Irisan bawang merah yang sudah bertepung segera digoreng di dalam minyak panas selama kurang lebih 10 menit hingga Lalu bawang merah ditiriskan dan didinginkan.

2. Tepung Bawang Merah

Tepung bawang merah adalah salah satu bentuk olahan bawang merah yang memiliki kegunaan untuk dikonsumsi. Cara pembuatan tepung bawang merah perlu diperhatikan agar rasa bawangnya tidak hilang.

Secara umum tahapan pembuatan tepung bawang merah adalah sebagai berikut:

  1. Kuapaslah bawang merah sebelum diiris. Saat mengiris bawang merah gunakan pisau yang tajam dengan tebal kurang lebih 3 sampai 6 mm.
  2. Rendamlah bawang merah kedalam Larutan Natrium Bisulfit. Pada saat merendaman dalam larutan Na-bisulfit berguna untuk mengawetkan dan menghambat perubahan warna bawang merah karena reaksi pencoklatan. Serta untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh serangga dan mikroorganisme yang berada pada bahan pangan yang akan dikeringkan. Proses perendaman bawang merah ke dalam larutan bisulfit sebelum proses pengeringan dapat memberikan warna yang baik pada produk akhir akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada aroma dan flavor. Sebaiknya penggunaan larutan Natrium Bisulfit secukupnya dan usahakankan dalam jumlah yang sedikit sebagai bahan tambahan.
  3. Pati adalah salah satu komponen terbesar dalam tepung maizena. Adanya pati dalam proses pengeringan bawang akan dapat melindungi rasa dan flavor. Jumlah yang penambahan sekitar 5-15% dari berat bawang merah mentah.
  4. Pengeringan bawang merah bisa dilakukan dengan sistem batch. Pengeringan dengan menggunakan sistem batch dilakukan dengan suhu 37,8-600C, selama kurang lebih 7 sampai 48 jam hingga kandungan air akhir sekitar 3-5 %.
  5. Potong bawang merah dengan ukuran irisan tipis yang sudah mengalami pengeringan hingga kadar airnya kurang dari 10%, diperkecil dengan menggunakan penggiling hingga berubah menjadi bentuk bubuk yang diinginkan. Penggecilan ukuran dilakukan dengan menggunakan mesin penggilingan yang didalamnya dilengkapi dengan ayakan. Penggiling dihidupkan dengan kecepatan tertentu dan ukuran yang digunakan dalam ayakan adalah lubang minimum 100 mesh dan maksimum 140 mesh. Kandungan air akhir bubuk maksimal 14 %.

3. Pasta Bawang Merah

Pasta bawang merah merupakan bumbu pasta instan sebagai bumbu instan yang dibuat dalam bentuk pasta. Terbuat dari campuran rempah dan bumbu, sesuai dengan kebutuhan bumbu yang akan diinginkan. Seperti bumbu rendang, bumbu gulai, dll.

Bumbu yang digunakan dalam masing-masing masakan sudah dicampurkan menjadi satu, dan dalam bentuk pasta . Pasta Bawang merah adalah salah satu  inovasi baru dari berbagai macam olahan yang terbuat dari bawang merah yang memiliki komposisi gizi yang sangat lengkap dibanding dengan olahan bawang merah lainnya.

Kandungan yang berada pada pasta bawang merah adalah vitamin C, karbohidrat, protein, dan lemak. Awet, praktis dan harga yang cenderung murah dapat menjadikan olahan ini sangat bagus dengan olahan bawang merah lainnya.

Konsumen dari pasta bawang merah ini pun cukup banyak, misalnya para ibu rumah tangga, para pedagang masakan termasuk rumah makan dan hotel, serta para juru masak.

Cara membuat pasta bawang merah cukup mudah, yaitu dengan cara mengupas bawang merah kemudian dipanaskan selama kurang lebih 5 hingga10 menit, lalu dihaluskan dengan cara diblender. Pasta juga dapat dicampurkan dengan bumbu lainnya sesuai dengan seleranya. Kemudian pasta bawang merah dapat langsung untuk dikonsumsi atau juga bisa disimpan dalam botol yang sudah disterilkan sebelumnya.

4. Kerupuk Bawang Merah.

Kerupuk bawang merah dapat dibuat dengan cara mencampurkan tepung yang ditambah bawang yang sudah dihaluskan dengan bumbu lalu direbus, kemudian diiris tipistipis agar lebih mudah untuk digoreng.

 

Para pembaca mesinbawang.com itulah manfaat bawang merah mentah yang jika dikonsumsi bawang merah secara rutin, maka badan menjadi lebih sehat. Meskipun bau bawang yang menyengat dan terkadang membuat tidak nyaman, bawang merah mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mengobati atau mencegah penyakit secara alami. Selain khasiat tersebut, khasiat lain dari bawang adalah dapat mengobati atau mencegah anemia dan dapat dimanfaatkan untuk meredakan alergi serta menyehatkan sistem pencernaan.

 

The post Ini Dia Berbagai Macam Manfaat Bawang Merah Mentah Dan Olahannya appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
690
Yuk Intip Resep Bawang Putih Tunggal Yang Memilki Banyak Manfaat https://mesinbawang.com/resep-bawang-putih-tunggal/ Wed, 28 Mar 2018 13:24:04 +0000 https://mesinbawang.com/?p=665 Resep Bawang Putih Tunggal-Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui tentang bawang putih yang biasa digunakan bumbu dapur dalam memasak sehari-sehari. Perbedaan antara bawang putih dengan bawang putih tunggal adalah terletak pada jumlah siungnya, bawang putih biasa mempunyai beberapa siung dan bawang putih tunggal hanya mempunyai 1 siung saja. Warna pada bawang putih tunggal juga lebih […]

The post Yuk Intip Resep Bawang Putih Tunggal Yang Memilki Banyak Manfaat appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
Resep Bawang Putih Tunggal-Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui tentang bawang putih yang biasa digunakan bumbu dapur dalam memasak sehari-sehari. Perbedaan antara bawang putih dengan bawang putih tunggal adalah terletak pada jumlah siungnya, bawang putih biasa mempunyai beberapa siung dan bawang putih tunggal hanya mempunyai 1 siung saja. Warna pada bawang putih tunggal juga lebih putih daripada bawang putih biasanya.

resep bawang putih tunggal

Para peneliti yang melakukan riset dan menemukan beberapa manfaat yang berada pada bawang putih tunggal, baik untuk  kesehatan ataupun untuk kecantikan kulit. Dengan beragamnya khasiat yang terdapat pada bawang putih tunggal, sehingga banyak yang menawarkan bawang tunggal berupa kapsul herbal yang mengandung ekstrak bawang putih tunggal dan juga yang menjualnya dalam bentuk minuman.

 Resep Bawang Putih Tunggal

1.Juice Bawang Putih Tunggal

Bahan-bahan Yang Diperlukan Dalam Resep Bawang Putih Tunggal

  • 250 gr Bawang Putih Tunggal
  • 250 ml Air
  • 250 gr Jahe Merah
  • 250 ml Air Perasan Jeruk Lemon
  • 20 sdm Madu Asli
  • 250 ml Cuka Apel

Cara Membuatnya :

  1. Haluskan jahe menggunakan blender dan air hingga halus, dan disaring.
  2. Haluskan bawang putih dengan blender dan air jahe yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Masukkan hasil blenderan tersebut dan campurkan dengan cuka apel & air perasan lemon, masak hingga terdapat letupan-letupan, matikan api
  4. Langkah yang terakhir adalah tunggu sampai racikan pada juice dingin, kemudian masukan madu, aduklah hingga merata.
  5. Kemudian simpanlah hasil racikan juice tersebut ke dalam toples yang terbuat dari kaca, agar juice tetap fresh dan simpan dalam mesin pendingin.

2. Acar Bawang Putih Tunggal

Bahan bahan Yang Diperlukan Dalam Resep Bawang Putih Tunggal :

  • Ambil 500 gr bawang putih tunggal atau sesuai dengan selera
  • 2 – 3 sendok makan gula pasir
  • 2 – 3 sendok teh garam
  • Air sebanyak 250 ml

4 sendok makan cuka dapur

Cara Membuatnya :

1. Campurkan antara bawang putih dengan garam, kemudian setelah merata simpan di dalam wadah yang kedap udara, dan tutup rapat.

2. Rebuslah air dengan gula hingga keduanya terlarut, kemudian masukkan kedalam cuka dapur, aduklah hingga merata, setelah itu tunggu hingga dingin.
3. Tuang hasil rebusan gula tadi cuka dan air ke dalam wadah yang berisi bawang putih tunggal, tutup rapat-rapat, kemudian biarkan selama  2 – 3 hari agar acar menjadi sempurna.

resep bawang putih tunggal

Selain Resep Bawang Putih Tunggal yang kita bahas ternyata bawang putih tunggal juga mempunyai beberapa manfaat. Berikut adalah manfaat yang terkandung dalam bawang putih tunggal :

Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan

Menurut peneliti, bawang putih tunggal ini sebaiknya diiris tipis-tipis agar manfaat yang berada didalamnya dapat bekerja. Bawang putih tunggal dipercaya sangat ampuh dan lebih bermanfaat dibanding dengan bawang putih biasa. Mungkin karena metode menanamnya bebas pestisida.

Saangat banyak kandungan zat yang berada pada bawang putih yang berkhasiat baik untuk kesehatan, seperti belerang, saltivine, kalsium, fosfor, protein, lemak  dan beberapa vitamin lainnya. Ternyata juga terdapat kandungan minyak atsiri yaitu aliin yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti kolesterol.

Berikut dibawah ini beberapa resep khasiat bagi kesehatan tubuh dan cara mengkonsumsi bawang putih tunggal :

1. Untuk Pencernaan

Kandungan allicin pada bawang putih tunggal ternyata dapat membunuh bakteri dan jamur dan mencegah gangguan pada pencernaan yaitu wasir , disentri dan sembelit.

Irislah bawang putih tunggal secukupnya dan panaskan ke dalam wajan yang sudah ada mentega cair. Kemudian tambahkanlah ke setiap hidangan anda dan tentu saja dapat menambah nikmat.

 

2. Obat Gatal Pada Kaki

Bawang putih tunggal ternyata dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal pada kaki. Caranya adalah dengan irislah tipis bawang putih tunggal kemudian masukkan ke dalam ember yang sudah berisi air hangat. Dan rendamlah kaki yang terasa gatal pada air rendaman.

3. Obat Batuk

Bawang putih tunggal juga dapat dijadikan pencair dahak yang sangat manjur ketika sedang batuk.

Bakarlah beberapa bawang putih tunggal, lalu tumbuk dan diberi sedikit madu. minumlah sebelum tidur agar dahak dapat hilang.

4. Mengobati Demam

Ambillah bawang putih tunggal lalu kupaslah hingga bersih. Kemudian campurkan dengan madu dan simpan dalam botol dan masukkan kedalam kulkas. Biarkan selama kurang lebih 7 hari. Apabila demam datang maka kunyahlah 3 sampai 4 siung ramuan tersebut

5. Mencegah Gigitan Nyamuk

Pada penelitian yang berada di India yang menemukan sejumlah orang yang menggosokkan ramuan bawang putih tunggal pada tubuhnya, maka nyamuk tidak akan menggigitnya. Caranya adalah dengan ambillah larutan minyak bawang putih tunggal,  lilin lebah dan minyak jeli setelah itu oleskan secara merata pada kulit.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Pada sebuah penelitian di berbagai negara yang mayoritas masyarakatnya sering memakan bawang putih tunggal setiap hari, maka penduduk tersebut memiliki resiko serangan penyakit jantung lebih kecil. Dikarenakan bawang putih tunggal mampu melancarkan peredaran darah pada dalam tubuh.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Bawang putih tunggal mengandung zat besi yang berfungsi untuk menetralkan peredaran darah dan mencegah anemia. Zat besi juga bermanfaat untuk mencegah, pegal linu, penyakit rematik, dan lelah akibat pekerjaan.

8. Meningkatkan Daya Ingatan

Rusaknya sel neuron pada otak ternyata dapat membuat daya ingat berkurang. Dengan mengkonsumsi bawang putih tunggal setiap har akan merangsang pertumbuhan sel neuron yang baru dan mampu mencegah kerusakan.

 

7. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan karena kelebihan zat purin pada tubuh dan membuat sakit pada sendi. Asam urat yang berlebih dapat dikurangi dengan mengkonsumsi bawang putih tunggal secara teratur.

 

8. Mengobati Wasir

Caranya adalah dengan membersihkan daerah yang terkena wasir dengan menggunakan sabun dan air hangat. Setelah itu oleskan beberapa irisan bawang putih tunggal yang sudah setengah ditumbuk. Tunggu hingga beberapa saat, kemudian bersihkan.

 

Demikianlah para pembaca setia mesinbawang.com informasi mengenai tentang Resep Bawang Putih Tunggal. Bawang putih tunggal selain digunakan dalam hidangan ternyata juga banyak mengandung manfaat didalamnya. Apabila anda tidak ingin repot mengupas bawang maka bisa menggunakan Mesin Pengupas Bawang.

 

The post Yuk Intip Resep Bawang Putih Tunggal Yang Memilki Banyak Manfaat appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
665
Cara Buat Bawang Hitam Yang Mudah Dan Sederhana https://mesinbawang.com/cara-buat-bawang-hitam/ Tue, 27 Mar 2018 13:54:36 +0000 https://mesinbawang.com/?p=656 Cara Buat Bawang Hitam-Apakah anda pernah menggunakan bawang hitam sebagai salah satu media pengobatan? Mungkin belum banyak orang tahu bagaimana cara membuat bawang putih menjadi bawang hitam. Bawang hitam sebenarnya adalah bawang putih yang diproses dengan cara alami, caranya dengan bawang putih difermentasi dalam jangka waktu tertentu hingga menghasilkan tekstur dan warna bawang putih yang […]

The post Cara Buat Bawang Hitam Yang Mudah Dan Sederhana appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
Cara Buat Bawang Hitam-Apakah anda pernah menggunakan bawang hitam sebagai salah satu media pengobatan? Mungkin belum banyak orang tahu bagaimana cara membuat bawang putih menjadi bawang hitam. Bawang hitam sebenarnya adalah bawang putih yang diproses dengan cara alami, caranya dengan bawang putih difermentasi dalam jangka waktu tertentu hingga menghasilkan tekstur dan warna bawang putih yang berbeda sebelumnya. Bawang hitam mempunyai khasiat yang sangat baik dalam hal  kesehatan. Sehingga tak menjadi masalah apabila metode pengobatan dengan menggunakan bawang hitam sudah dilakukan sejak nenek moyang kita dahulu. Ternyata bawang hitam bisa dibuat dengan tidak memerlukan banyak alat dan bahan.
cara buat bawang hitam

Cara Buat Bawang Hitam :

1. Siapkan alat untuk menanak nasi yang terpisah dari yang lain karena proses pembuatan bawang hitam kurang lebih   selama lebih dari 2 minggu.
2. Pilih bonggolan bawang putih. Dan pastikan pilihlah yang memang kering dan tua
3. Taruh tissue kedalam penanak nasi yang akan digunakan, fungsi dari tissue guna mengatur kelembaban dalam penanak nasi.
4. Buatlah sarangan yang terbuat dari tusuk sate dan dirangkai dengan menggunakan benang sesuai ukuran penanak nasinya.
5. Selama membuat bawang hitam penanak nasi dihidupkan selama lebih dari 2 minggu
6. Pada saat pembuatan bawang hitam penanak nasi dibuka setiap 4 hari sekali dan rolling penataan bawang agar kematangannya merata.
7. Setelah bawang tertata di dalam penanak nasi, maka tutup dan tancapakan dalam posisi menyala penanak nasinya, kemudian tekan warm.
8. Untuk mempermudah dalam mengingatnya maka buat catatan kapan awal menancapkan sampai masanya selesai.
9. Apabila sudah yakin dengan proses yang telah dilakukan  maka bawang hitam siap untuk dikonsumsi. Rasa bawang hitam setelah lebih dari 2 minggu seperti dodol yang kenyal, manis, dan asam.
cara buat bawang hitam

Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan :

1. Obat Sakit Gigi

Sakit gigi adalah penyakit yang bisa diderita oleh manusia pada umumnya yang dikarenakan kurang menjaga kebersihan giginya dengan menyikat giginya secara teratur. Cara agar untuk mencegah sakit gigi dapat degan mengkonsumsi bawang hitam yang mempunyai antibakteri dan antivirus sehingga dapat membunuh parasit yang berada didalam mulut. Selain mempunyai antibakteri dan antivirus juga mempunyai senyawa analgesik yang berperan sangat penting dalam mengatasi sakit pada gigi.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Wajah dan Kulit

Terdapat khasiat lain yang dimiliki oleh bawang hitam adalah sebagai penjaga kebersihan wajah dan kulit. Yakni dapat membersihkan komedo yang terdapat pada bagian hidung dan diarea wajah. Cara menghilangkan komedo tersebut dengan menghaluskan bawang hitam kemudian oleskan pada tempat yang terdapat komedonya, tunggu beberapa saat dan bilaslah dengan air hingga tidak ada sisa yang menempel.

Selain mampu menghilangkan komedo bawang hitam juga mampu menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan cara mengoleskan kemudian bilas dengan air bersih. Bawang hitam dipercaya memiliki sifat anti radang dan dapat membersihkan sisa lika yang menempel pada kulit.

Dan yang terakhir bawang hitam dapat membersihkan jerawat yang tumbuh pada wajah. Dengan cara mengoleskan 1 siung bawang hitam yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, kemudian tunggu hingga keesokan harinya apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan secara teratur.

3. Memanjangkan Umur

Salah satu kegunaan bawang hitam yang lainnya adalah memenjangkan umur. Sebab dengan mengkonsumsi bawang hitam secara teratur dapat terhindar dari serangan jantung dan memperbaiki sel yang rusak. Dengan terhindar dari berbagai penyakit maka badan kita menjadi sehat ditambah dengan berpola hidup sehat.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat Yang Berada Dalam Tubuh

Kolesterol adalah cikal bakal dari timbulnya penyakit jantung. Untuk mengurangi kadar kolesterol yang berlebih maka bisa dengan mengkonsumsi bawang hitam secara teratur. Cara kerja bawang hitam yaitu dengan mengurangi kadar kolseterol yang mengendap didalam tubuh dan akan dibuan melalui BAB.

Dengan mengkonsumsi bawang hitam secara teratur ternyata dapat meningkatakan produksi kadar insulin, fungsi insulin itu sendiri dapat membantu memangkas kadar gula darah.

5. Mengandung Senyawa Antioksidan

Bawang hitam mempunyai warna hitam yang pekat, ternyata bawang hitam memiliki sifat anti bakteri yang kuat dan antioksidan yang lebih tinggi dari bawang putih biasa, dalam sebuah penelitian semakin lama fermentasi yang dilakukan pada bawang hitam maka kandungan yang positif semakin meningkat. Adanya senyawa antibakteri yang tinggi dari bawang putih maka dapat lebih efektif untuk menghilangkan berbagai macam penyebab penyakit.

6. Obat Herbal Yang Kaya Nutrisi Namun Rendah Kalori

Setiap orang membutuhkan nutrisi yang cukup agar pertumbuhan hidup semakin baik. Bawang hitam memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar nutrisinya terpenuhi.

Nutrisi yang terdapat didalam bawang hitam adalah kalsium, vitamin C dan  zat besi. Ketiga nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh. Dan anehnya, tiga senyawa ini tidak memiliki kalori yang berlebih dan lemak jenuh sehingga tidak membahayakan bagi tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa manfaat dari bawang hitam dan bawang putih. Kedua rempah asli indonesia ini dipercaya mampu menurunkan tekana darah tinggi. Menurut sumber dari WebMD memberitahukan bahwa memakan bawang hitam secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%.

8. Sebagai Pencegah dan Penangkal Penyakit Kanker

Menurut sebuah riset mengenai bawang hitam terdapat senyawa yang terkandung dalam bawang hitam adalah sulfide alil. . sulfide alil adalah suatu senyawa organsulfur yang juga terdapat didalam bawang putih.

Dalam beberapa riset ilmiah lain, sulfide alil adalah komponen penting yang dapat mengatasi penyakit kanker. Senyawa ini dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan pada sel kanker jauh lebih kuat dibandingkan sel normal lainnya.

Pembaca setia mesinbawang.com demikianlah proses yang dibutuhkan dalam cara buat bawang hitam, mudah bukan selain cara buat bawang hitam ternyata bawang hitam banyak mengadung manfaat. Tetep pantengin ya. Apabila anda masih bingung mencari-cari mesin bawang yang berkualitas buka saja mesinbawang.com.

 

 

The post Cara Buat Bawang Hitam Yang Mudah Dan Sederhana appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
656
Bagaimanakah Cara Mengolah Bawang Dayak Yang Baik Dan Benar ? https://mesinbawang.com/cara-mengolah-bawang-dayak/ Tue, 27 Mar 2018 11:48:29 +0000 https://mesinbawang.com/?p=643 Cara Mengolah Bawang Dayak – Bawang sabrang atau bawang dayak adalah salah satu species bawang yang berasal dari Amerika. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pegunungan dengan tinggi antara 600–1500 m dpl. Bawang Dayak atau warga setempat menyebutnya dengan bawang sabrang (Eleutherine Americana Merr) mengandungan fitokimia seperti glikosida, alkaloid, steroid, zat tannin, flavanoid dan fenolik yang […]

The post Bagaimanakah Cara Mengolah Bawang Dayak Yang Baik Dan Benar ? appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
Cara Mengolah Bawang Dayak – Bawang sabrang atau bawang dayak adalah salah satu species bawang yang berasal dari Amerika. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pegunungan dengan tinggi antara 600–1500 m dpl.

cara mengolah bawang dayak

Bawang Dayak atau warga setempat menyebutnya dengan bawang sabrang (Eleutherine Americana Merr) mengandungan fitokimia seperti glikosida, alkaloid, steroid, zat tannin, flavanoid dan fenolik yang adalah sebagai sumber biofarmaka potensial. Alkaloid adalah bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai salah satu bagian dari heterosiklik.

 

Senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin memiliki aktivitas hipoglikemik atau menurunnya kadar glukosa pada darah yang bermanfaat untuk mengobati diabetes melitus, Dan belum banyak orang tahu bahwa alkaloid berfungsi sebagai anti mikroba atau anti bakteri.

 

Bawang dayak memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, dari ringan sampai yang terberat sekalipun antara lain: prostat, radang usus, hipertensi / darah tinggi, asam urat, ginjal, diabetes, segala jenis tumor dan kanker (kanker payudara, myom, kista, kanker kelenjar getah bening, kanker rahim, kanker usus, kanker paru paru dll), radang rektum, asma, hepatitis, jantung koroner, ambeien, stroke, migrain, diabetes mellitus, kolesterol, bronkhitis, vertigo, hipertensi, TBC, asam urat, maag, peluruh lemak,  gangguan pencernaan lambung, gangguan seksual/vitalitas, amandel, radang prostat, keputihan, bisul, gondok, pelupa/menurunnya fungsi ingatan pada otak dan semua penyakit kronis yang memiliki hubungan dengan darah.

 

Berikut Ini Cara Mengolah Bawang Dayak

1. Bawang Dayak Berupa Tepung Atau Bubuk

Cara mengolah bawang dayak yang berbentuk tepung atau bubuk sangat mudah untuk dibuat. Karena hanya bermodalkan mengiris bawang dayak yang sudah menggering menjadi 9-10 irisan. Kemudian haluskan dengan menggunakan blender setelah selesai diblender tahap selanjutnya adalah menyaring bawang yang sudah diblender menggunakan ayakan khusus makanan yang higienis. Kemudian bisa dimasukan dalam wadah yang tertutup atau kedap dengan udara.

2. Bawang Dayak Yang Berupa Instan

Ambil umbi bawang dayak yang sebelumnya sudah diiris tipis-tipis dan dicuci hingga bersih tanpa adanya kotoran yang menempel, kemudian tambahkan dengan air sekitar 2,5 liter setiap 1,5kg bawang dayak. Selanjutnya haluskan menggunakan blender dan setelah bawang dayak dihaluskan, diayak dengan menggunakan kain, kemudian tambahkan gula pasir sebanyak 1kg. Setelah itu masak semua bahan yang telah dicampur dalam satu wadah dan aduk hingga membentuk butir – butir kristal halus.

3. Manisan Bawang Dayak

Cara mengolah bawang dayak agar menjadi manisan sangat mudah dengan mencuci umbi bawang dayak yang sudah diiris tipis-tipis lalu kukus didalam panci hingga kurang lebih 6 menit. setelah dirasa matang, masukkan kedalam larutan gula, kemudian dimasak sambil mengaduk secara terus menerus hingga kering tandanya kering adalah gula mulai menjadi kristal.

4. Bawang Dayak Simplisia Atau Rajangan

Hanya perlu mengambil bagian dari umbi bawang dayak. Kemudian iris tipis – tipis dan cuci hingga benar-benar bersih. Setelah itu, semua irisan harus dikeringkan di bawah matahari hingga batas waktu 1 hari 1 malam, apabila cuaca tidak mendukung maka bisa hanya dengan menggunakan oven dengan suhu 50 derajat celcius selama kurang lebih 10 jam. Maka kadar air yang dikeluarkan sekitar 12% yang bisa didinginkan, setelah dingin masukkan kedalam plastik dan siap dinikmati.

5.Lalapan

Jika Anda suka dengan sayuran mentah dan segar, maka bawang dayak ini juga bisa dijadikan lalapan untuk menemani makan Anda. Mengkonsumsi bawang segar juga lebih baik dibandingkan yang sudah dimasak karena nutrisinya masih utuh dan belum berkurang.

cara engolah bawang dayak

Selain banyak olahan yang bisa dibuat dari bawang dayak ternyata juga mengandung banyak manfaat didalamnya

 Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan :

 

1. Melancarkan Peredaran Darah

Bawang dayak mempunyai manfaat guna memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh. Manfaat ini sangat dirasakan oleh orang yang menderita asam urat. Selain itu, bawang dayak juga mampu menetralkan kadar gula darah penderita diabetes.

 

2. Memperbaiki sistem pernafasan

Bawang dayak juga berguna dalam sistem pernafasan. Antara lain untuk menghilangkan timbulnya plak pada paru-paru dan lendir serta membuang kotoran yang disebabkann oleh udara yang kotor. Selain itu, bawang dayak juga dapat mencegah radang paru-paru dan mampu mengeluarkan lendir pada tenggorokan saat batuk.

 

3. Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita

Bagi para wanita, bawang dayak juga mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Beberapa khasiat tersebut adalah dapat mengurangi rasa sakit ketika haid, melancarkan haid, membersihkan area organ intim, serta mencegah keputihan.

 

4. Melancarkan Metabolisme

Manfaat bawang dayak yang lain berguna untuk meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh antara lain dapat  mengatasi penyakit ginjal, radang usus, dan sembelit . Khasiat yang lain berguna untuk memperkuat sistem kekebalan pada tubuh dan dapat menjaga agar stamina tubuh tetap kuat.

 

5. Menguatkan Kesehatan Tulang

Apabila terdapat kekurangan kalsium pada tubuh maka akan berpengaruh pada munculnya berbagai penyakit yang berada pada tulang. Salah satu penyakit dalam tulang adalah osteoporosis yang terdapat pada tulang atau yang biasa disebut dengan pengapuran pada tulang. Bagi para orang yang sudah lanjut sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang dayak karena bawang dayak banyak mengandung kalsium yang sangat melimpah.

 

6. Melancarkan ASI

Bawang dayak juga mempunyai banyak khasiat yang dapat mengatasi masalah yang terdapat pada ibu yang sedang menyusui, masalahnya ketika pada saat menyusui demam, kaki bengkak, mual, dan air susu yang tidak lancar.

 

7. Obat Sakit Perut

Banyak manfaat bawang dayak yaitu salah satunya adalah mengobati sakit perut. Sejak lama banyak masyarakat asli suku dayak yang menggunakan bawang dayak sebagai obat dari sakit perut, mual, dan nyeri pada bagian perut yang sudah teruji kesembuhannya.

8. Obat Flu

Suku dayak juga sangat sering untuk memanfaatkan bawang dayak tersebut sebagai obat – obatan herbal, salah satunya digunakan untuk mengobati flu. Kandungan antibakteri tinggi yang terdapat pada bawang dayak nyatanya dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang mengakibatkan timbulnya penyakit flu, sehingga penyakit flu yang diderita dapat hilang.

 

9. Mengobati Penyakit Kuning (Hepatitis)

Ternyata bawang dayak juga dapat mengobati penyakit kronis yang sangat berbahaya yaitu salah satunya adalah penyakit kuning atau dalam bidang kedokteran disebut dengan hepatitis. Banyak peneliti yang sudah memberi tahu bahwa banyak sekali manfaat bawang dayak untuk mengobati berbagai penyakit lainnya.

 

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang dayak banyak menggandungan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat bawang dayak banyak sekali, salah satunya adalah berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara agar daya tahan tubuh meningakat adalah dengan menambahkan bawang dayak pada masakan sehari-hari.

 

11. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah satu dari sekian banyaknya zat penting lainnya yang berada pada bawang dayak. Semua orang sudah mengetahui keajaiban dari bawang dayak, diantaranya bawang dayak juga mengandung banyak antioksidan. Agar tubuh terhindar dari radikal bebas, maka pasangannya dengan mengkonsumsi bawang dayak secara teratur agar ttidak terpapar radikal bebas.

Para pembaca setia mesinbawang.com informasi diatas tentang cara mengolah bawang dayak dan berbagai manfaat yang terdapat pada bawang dayak. Untuk anda yang baru memulai bisnis dibidang kuliner dan tidak mau manggunakan banyak pegawai maka gunakanlah Mesin Pengolah Bawang agar tidak terlalu banyak menggunakan pegawai. Tetap pantengin ya masih banyak artikel-artikel lain yang sangat bermanfaat.

 

The post Bagaimanakah Cara Mengolah Bawang Dayak Yang Baik Dan Benar ? appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
643
Resep Sambal Bawang Putih Ekstra Pedas Populer Yang Digunakan Chef https://mesinbawang.com/resep-sambal-bawang-putih-ekstra-pedas/ Mon, 26 Mar 2018 11:39:56 +0000 https://mesinbawang.com/?p=530 Resep Sambal Bawang Putih Ekstra Pedas – Ternyata resep sambal bawang bawang ada rahasianya. Sambal bawang putih mampu menggugah selera makan penikmatnya. Meskipun hanya sambal yang mentah, namun rasa pedas yang enak dan menggugah nafsu makan bertambah. Disamping itu juga hanya memerlukan sedikit tambahan pada bahan lainnya supaya pedasnya lebih terasa. Ada rahasianya supaya membuat sakit perut […]

The post Resep Sambal Bawang Putih Ekstra Pedas Populer Yang Digunakan Chef appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
Resep Sambal Bawang Putih Ekstra Pedas – Ternyata resep sambal bawang bawang ada rahasianya. Sambal bawang putih mampu menggugah selera makan penikmatnya.

Meskipun hanya sambal yang mentah, namun rasa pedas yang enak dan menggugah nafsu makan bertambah. Disamping itu juga hanya memerlukan sedikit tambahan pada bahan lainnya supaya pedasnya lebih terasa.

Ada rahasianya supaya membuat sakit perut bagi penikmatnya. Ini dia cara membuat resep sambal bawang putih mentah tanpa harus sakit perut.

Ya begitulah, kalau sembarangan membuat sambal mentah justru dapat memicu lambung terserang sakit maag. Berikut ini cara membuat sambal bawang putih ini, agar mendapatkan rasa pedas yang sempurna, akan tetap memiliki kelezatan yang sesungguhnya, jadi bukan karena pedas.resep sambal bawang putih ekstra pedas

Sambal bawang putih merupakan salah satu pelengkap dari resep masakan yang ada di indonesia, murah, dan cepat membuatnya. Dalam hitungan detik, sudah siap sambal bawang putih yang lezat dan murah.

Namun orang-orang yang berasal dari tanah pariaman atau padang, mereka sangat bangga dengan sambal balado cabe merah. Memang sambal masakan padang nikmat dan lezat, namun tidak begitu pedas.

Sehingga semua yang merasakannya juga tidak terlalu kepedesan dengan sambal hijau padang. Namun, sekali kali tentu ingin sambal yang level pedasnya tingkat dewa.

Cara membuat resep sambal bawang putih ekstra pedas ini dapat dibuat dengan sangat mudah dan cepat. Namun, jika ingin membuat sambal yang lengkap tentu lama dan pada saat itulah resep sambal bawang putih ekstra pedas menjadi alternatif.

Dengan mengambil cobek, cabe keriting merah, garam, dan tentunya bawang putih, maka sudah siap untuk resep sambal bawang putih ekstra pedas.

Paling tidak sampai lebih dari sepuluh menit resep sambal bawang putih ekstra pedas, sudah siap menemani makan malam atau makan siang.

Resep sambal bawang putih ekstra pedas sangat cocok untuk menemani masakan jawa yang sederhana seperti halnya sayur lodeh. Resep Sambal Bawang Putih Ekstra Pedas juga cocok untuk menemani masakan rendang atau makanan khas indonesia lainnya.

Oh ya resep sambel bawang putih ekstra pedas ini sangat puas untuk menemani sayur asem, jadi sekalian juga mencoba cara membuat sayur asem yang enak menyegarkan. Sekarang mulai aja mempersiapkan bahan bahan untuk membuat Resep Sambal Bawang Putih Ekstra Pedas dan juga peralatannya.

resep sambal bawang putih ekstra pedas

Cara Membuat Resep Sambal Bawang Putih Ekstra Pedas :

  1. Kupas Bawang Putih ukuran sedang hingga besar sekitar 3 atau 4 siung dengan Mesin Bawang.
  2. Sediakan Juga Cabe Merah Keriting Sebanyak 10 Buah, Bisa Juga Ditambahkan Dengan Cabe Rawit Merah 1 atau 2 Biji Saja.
  3. Ambil Sedikit Minyak Sayur Bekas Menggoreng Kira kira ½ sendok teh. Paling mantap sih minyak sayur yang habis untuk menggoreng bawang merah.
  4. Jangan lupa sediakan Juga Garam sekitar ¼ Sendok Teh saja.

 

MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN :

Banyak orang bilang bawang putih memiliki manfaat menyehatkan tubuh karena banyak kandungan penting yang diperlukan oleh tubuh, sebenarnya apa sajakah itu mari kita jelaskan secara rinci apa saja manfaat bawang putih :

1. DAPAT MENURUNKAN DARAH TINGGI

Bawang putih juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8 %. Apabila anda menderita penyakit darah tinggi agar sebaiknya rajin untu mengkonsumsi bawang putih mentah agar darah anda tetap stabil.

2. ANTI KANKER

Kanker adalah penyakit yang berbahaya sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengobati penyakit kanker. Akan tetapi ada kabar gembira dengan rajin mengkonsumsi bawang putih dapat menjaga tubuh agar sel kanker tidak dapat tumbuh pada tubuh.

Riset membuktikan zat Diallyl sulfida yang terdapat pada bawang putih mampu mengurangi perkembangan dan traspormasi PHIP menjadi korsinogen yang merupakan bakal dari kanker payudara pada seorang wanita. Serta zat anti kanker yang terdapat pada bawang putih dapat juga untuk mencegah munculnya kanker lain.

3. ANTI VIRUS, ANTI BAKTERI

Bawang putih dapat membunuh dan mencegah virus, bakteri masuk dan ke dalam tubuh, karena bawang putih merupakan zat anti bakteri dan antivirus yang dapat membahayakan kesehatan kulit serta tubuh.

4. SUMBER NUTRISI DAN RENDAH KALORI

Bawang putih dapat dijadikan sebagai makan sumber nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Nutrisi penting banyak terdapat pada bawang putih seperti vitamin C sekitar 71 % per 136 gr dari kebutuhan tubuh, kalsium, besi, karbohidrat, dan serat. Dan juga kalori rendah jadi mengkonsumsi bawang putih tidak akan menaikkan berat badan orang yang mengkonsumsinya.

5. MENURUNKAN KOLESTEROL JAHAT

Bawang putih secara signifikan mampu mengurangi kolesterol (LDL) sebanyak 10-15 %. Mengkonsumsi bawang putih mentah sangat baik untuk kesehatan. Bahkan kolesterol jahat dapat ditanggulangi maka mulailah berpola hidup yang sehat dengan mengontrol makan serta menambahkan bawang putih pada menu makanan sehari-hari.

6. MENCEGAH DEMENSIA DAN ALZHEIMER

Penyakit ini terjadi karena adanya penyusutan dan penyempitan otak yang membuat penderitanya mengalami lupa yang sangat parah lama-kelamaan akan mati. Belum ada obat yang efektif menyembuhkan penyakit ini.Bawang putih mampu mencegah kita menderita penyakit ini bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati.

7. MERAWAT KECANTIKAN

Bawang putih juga dapat dijadikan masker untuk merawat kulit seperti komedo, menghilangkan bekas luka, serta mampu mengobati jerawat caranya juga sangat sederhana anda hanya perlu mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan karena kulit yang mengalami masalah.

8. SUMBER ANTIOKSIDAN YANG BAIK

Bawang putih memiliki anti oksidan yang tinggi hal ini baik bagi tubuh karena dapat menanggulangi radikal bebas yang dapat memicu berkembangnya sel kanker. Penyakit paling berbahaya dan mematikan ini dapat dihindari menggunakan antioksidan salah satunya.

9. MENURUNKAN BERAT BADAN

Inflamasi merupakan tahapan pengubah pre-adiposit menjadi sel-sel lemak yang menjadikan tubuh kita memiliki timbunan lemak. Bawang putih mampu mencegah terjadinya inflamasi sehingga lemak pada tubuh mampu diproses dengan baik dan diubah menjadi tenaga sehingga tubuh kita terhindar dari obesitas.

10. MENGOBATI SAKIT GIGI

Sakit gigi dapat disembuhkan menggunakan bawang putih karena bawang putih yang memiliki sifat anti virus dan bakteri karena sakit gigi disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi. Menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi dengan cara membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Maka gigi anda akan ter hindar dari sakit gigi.

11. BAGUS UNTUK KEHAMILAN

Bawang putih dapat membantu merawat kehamilan serta dapat menjaga berat badan bayi saat di dalam kandungan, serta dapat mengurangi resiko kehamilan pre-eclampsia pada ibu hamil.

12. MENURUNKAN GULA DARAH

Kandungan Allicin pada bawang putih dapat mencegah naiknya gula darah. Selain rajin mengkonsumsi bawang putih yang dapat membantu menurunkan gula darah ada hal yang sangat penting anda perhatikan adalah batasi jumlah karbohidrat yang anda konsumsi agar gula darah anda dapat terkontrol.

13. MENJAGA KESEHATAN TULANG

Kalsium pada bawang putih mampu menjaga kepadatan tulang membuat tulang anda lebih sehat serta terbebas dari osteoporosis. Mengkonsumsi bawang putih dapat membantu anda merawat kesehatan tulang yang mulai melemah karena faktor usia.

14. BAWANG PUTIH DAPAT DIJADIKAN OBAT

Kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin yang terdapat pada bawang putih dapat dijadikan obat segala macam penyakit. Karena Allicin merupakan komponen aktif yang paling besar jumlahnya pada bawang putih, yang merupakan zat anti bakteri.

Antaralain dapat menyembuhkan segala macam penyakit zat ini yang memiliki spesifikasi penyembuhan untuk menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, zat anti kanker, antioksidan, dan anti mikroba/bakteri.

Saat tubuh anda merasa sakit sebaiknya beri pertolongan pertama dengan bawang putih yang dihaluskan atau dapat anda kunyah secara langsung.

15. MEMICU PRODUKSI INSULIN

Bawang putih juga dapat mempercepat produksi insulin yang memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula yang berada dalam darah. Apabila pankreas nada mengalami gangguan maka tidak dapat memproduksi insulin secara normal jadi sebaiknya banyak mengkonsumsi bawang putih.

Demikianlah pembaca setia mesinbawang.com informasi mengenai resep sambal bawang putih ekstra pedas tentang. Jika anda menginginkan sensasi mengiris bawang tanpa capek dan pegal anda bisa menggunakan Mesin Pengolah Bawang.

The post Resep Sambal Bawang Putih Ekstra Pedas Populer Yang Digunakan Chef appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
530
Cara Membuat Bawang Goreng Pedas Yang Nggak Bikin Sakit Perut https://mesinbawang.com/cara-membuat-bawang-goreng-pedas/ Mon, 26 Mar 2018 09:20:22 +0000 https://mesinbawang.com/?p=632 Cara Membuat Bawang Goreng Pedas Yang Nggak Bikin Sakit Perut – Apabila menyukai makan yang gurih dan pedas? jadi, siapa yang tidak mengetahui tentang bawang ternyata bawang dipercaya banyak orang sebagai salah satu penyedap rasa yang alami. Maka tidak heran apabila bawang digunakan sebagai penyedap rasa masakan khas indonesia. Bagaimana apabila bawang merah mentah kemudian digoreng […]

The post Cara Membuat Bawang Goreng Pedas Yang Nggak Bikin Sakit Perut appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
Cara Membuat Bawang Goreng Pedas Yang Nggak Bikin Sakit Perut – Apabila menyukai makan yang gurih dan pedas? jadi, siapa yang tidak mengetahui tentang bawang ternyata bawang dipercaya banyak orang sebagai salah satu penyedap rasa yang alami.

Maka tidak heran apabila bawang digunakan sebagai penyedap rasa masakan khas indonesia. Bagaimana apabila bawang merah mentah kemudian digoreng dan dicampur dengan cabe rawit merah?.  Tentu menjadi salah satu pelengkap sajian makanan khas indonesia yang membangunkan selera sang penikmatnya.

 

Cara Membuat Bawang Goreng Pedas Yang Nggak Bikin Sakit Perut

cara membuat bawang goreng pedas

Berikut ini adalah cara membuat bawang goreng pedas. Cara membuat bawang goreng pedas tidak sulit, karena hanya membutuhkan beberapa bahan yang sudah ada di dapur. Berikut ini bahan serta cara membuatnya di bawah ini.

Bahan Untuk Membuat Bawang Goreng Pedas :

  • 550 Gram Bawang Merah
  • Secukupnya Air
  • Minyak Goreng Untuk Menggoreng
  • 60 Gram Cabe Rawit Merah Atau Sesuai Dengan Selera Kalian.
  • Garam Secukupnya

Cara Membuat Bawang Goreng Pedas:

  1. Kupas bawang merah mentah segar, lalu potong tipis-tipis bawang merah. Rendamlah kedalam air yang sudah dicampur dengan garam. Lalu biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  2. Keringkan bawang merah yang sudah direndam dalam garam, lalu dicampurkan dengan cabe yang sudah dipotong halus. Diamkan, lalu masukkan kedalam kulkas selama kurang lebih 20 menit.
  3. Kemudian, bawang merah ditaburi dengan tepung terigu yang sudah disiapkan. Campurkan hingga merata antara bawang merah dengan tepung terigu.
  4. Setelah itu, goreng bawang merah yang sudah dicampur dengan tepung terigu kedalam minyak yang sudah panas dengan menggunakan api sedang.
  5. Kemudian sajikan bawang goreng pedas. Dicampur dengan nasi pasti lebih nampol rasanya.

Sangat mudah bukan cara membuat bawang goreng pedas? Supaya bawang goreng tahan lama, simpanlah kedalam wadah atau toples yang kedap dengan udara. Selamat mencoba dan menikmatinya.

 

Selain dapat mengisi perut ternyata bawang merah goreng juga memiliki manfaat mari kita simak pembahasannya berikut ini :

8 Manfaat Bawang Merah Goreng Yang Luar Biasa Untuk Tubuh :

Bawang merah dalam bahasa Latin dinamakan Allium Ascalonicum L adaah  tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ada banyak metode yang digunakan untuk membuat umbi tanaman ini misalnya dihaluskan bersama rempah-rempah atau bumbu yang lain, diolah menjadi acar atau bisa dibuat menjadi bawang goreng pedas yang memiliki rasa yang nikmat untuk dimakan sebagai lauk.

Dalam bawang merah sendiri juga mengandung sangat banyak misalnya flavonglikosida yang berfungsi sebagai anti radang pada tenggorokan, penghilang bakteri dan dapat untuk  menurunkan panas, mengandung manfaat kalsium, lemak baik, lemak fosfor, protein dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin C dan juga vitamin B1.

Bawang merah yang dimasak dengan menggunakan cara digoreng ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan dalam kesempatan ini akan membahas tentang manfaat bawang merah goreng untuk kesehatan.

 

1. Mengatasi Sembelit

Serat yang terdapat didalam bawang merah ternyata sangat bermanfaat untuk menaikkan proses pembuangan racun dan partikel makanan yang memiliki tekstur yang keras dan menumpuk didalam usus. Hal ini akan sangat membantu jika memiliki masalah dengan sembelit.

 

2. Melindungi Organ Jantung

Khasiat bawang merah dapat didapat dengan cara mengkonsumsi bawang merah goreng, atau dengan berbagai olahan bawang merah yang lainnya setiap hari. Ternyata sangat baik untuk melindungi organ-organ dalam tubuh salah satunya adalah jantung.

Bawang merah goreng dapat melindungi dari berbagai penyakit berbahaya yang menyerang jantung. Bawang merah baik juga untuk mengatur tekanan darah tinggi serta memperlebar arteri yang tersumbat menuju ataupun dari jantung ke seluruh bagian tubuh.

 

3. Mencegah Kanker

Tak hanya bawang putih yang baik dikonsumsi sebagai pencegah kanker, akan tetapi bawang merah yang dimasak menjadi bawang goreng atau bahkan dalam keadaan mentah sangat baik juga untuk mencegah penyakit yang mematikan.

Beberapa pnyakit kanker yang bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi bawang merah antara lain adalah kanker paru-paru, kanker usus, kanker prostat, kanker lambung dan juga kanker payudara.

 

4. Penyedap Alami

Manfaat bawang merah yang diolah dengan cara digoreng bisa dijadikan penyedap rasa alami atau MSG dalam semua jenis makanan.

Semua jenis makanan yang ditambahkan dengan bawang goreng akan gurih akan tetapi tetap aman untuk dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Karena tidak mengandung bahan pengawet. Bahkan, memakan nasi yang ditambah dengan bawang goreng sangat nikmat sebagai pengganti lauk pauk.

 

5. Mengatasi Masalah Pendarahan

Bawang merah juga dapat dijadikan obat herbal yang ampuh untuk menyembuhkan hemoroid atau yang biasa disebut dengan wasir.

Semua orang juga bisa mengkonsumsi bawang merah goreng setiap hari dan juga bisa dengan mencium bau dari irisan bawang merah mentah secara perlahan lahan supaya manfaatnya lebih terasa lagi.

 

6. Mengontrol Kadar Kolesterol

Ternyata mengkonsumsi bawang merah goreng secara teratur dapat mengatasi kadar kolesterol yang tinggi. Karena mengandung asam amino sulfur dan sulfida methylallyl.

Kedua kandungan tersebut berada dalam bawang merah yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh. Dan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau yang biasa disebut dengan HDL.

Selain mengandung manfaat yang banyak dalam bawang merah ternyata juga mengandung banyak gizi dibawah ini adalah gizi-gizi yang terkandung dalam satu gelas bawang merah yang sudah di cinciang

Kandungan Gizi Yang Terkandung Dalam Satu Gelas Bawang Merah Cinciang :

  • 0 Gram Lemak
  • 64 Kalori
  • 15 Gram Karbohidrat
  • 7 Gram Gula
  • 2 Gram Protein
  • 3 Gram Serat
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Asam Folat
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Antioksidan Quercetin
  • Sulfur
  • Vitamin B-6
  • Mangan
  • Vitamin C

Tingginya kadar kandungan gizi ini yang membuat bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang sama sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.

Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Merah Agar Manfaatnya Tidak Hilang

Bawang merah yang baik untuk dikonsumsi, harus keras, bersih, higienis dan memiliki kulit yang cenderung kering. Jangan mengkonsumsi bawang yang menunjukkan bahwa bawang tersebut akan mengalami pembusukan. Bawang merah harus disimpan pada suhu ruangan, jauh dari cahaya yang terang dan berada ditempat yang berventilasi udara yang baik.

Semua jenis bawang merah harus disimpan jauh dari kentang, agar mereka tidak menyerap kelembaban gas kentang yang dapat menyebabkan manfaat kentang menjadi berkurang.

Bawang merah yang memiliki bau lebih tajam, akan bertahan lebih tahan lama dibandingkan dengan bawang merah yang lebih manis baunya seperti halnya bawang putih, karena senyawa tersebut dapat menghasilkan rasa yang tajam adalah sebagai pengawet alami yang dimiliki oleh bawang merah.

Bawang merah yang akan dimasak atau diolah jangan disimpan, dalam wadah yang terbuat dari bahan logam, karena akan membuat bawang merah berubah warna.

Pembekuan pada bawang merah cincang dapat menyebabkan bawang merah kehilangan banyak rasa yang dimilikinya. Penggunaan bawang merah sangat erat disandingkan dengan makanan khas Indonesia. Karena banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan bawang merah sebagai bahan pelengkap bahkan sebagai makanan utama.

Demikianlah para pembaca setia mesinbawang.com proses yang dibutuhkan dalam cara membuat bawang goreng pedas. Selain lezat bawang goreng pedas juga memiliki manfaat yang tak kalah dengan rasanya, pasalnya banyak sekali manfaat bawang goreng untuk kesehatan.

Tidak hanya cara membuat bawang goreng pedas ternyata apabila bawang merah ditempatkan dalam satu tempat dengan kentang ternyata tidak baik selain mengurangi manfaatnya juga menyebabkan kentang mudah busuk.

The post Cara Membuat Bawang Goreng Pedas Yang Nggak Bikin Sakit Perut appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
632
Rahasia Budidaya Bawang Merah Yang Benar Dan Balik Modal https://mesinbawang.com/budidaya-bawang-merah/ Thu, 22 Mar 2018 13:04:34 +0000 https://mesinbawang.com/?p=540 Budidaya Bawang Merah-Bawang Merah adalah salah satu komoditas rempah yang paling dicari dan dibutuhkan oleh semua masyarakat Indonesia. Kebutuhan akan bawang merah setiap tahun semakin meningkat ditunjang dengan kebutuhan akan bawang merah untuk berbagai olahan makanan. Pada awal tahun 90an Indonesia merupakan salah satu pengekspor bawang merah terbesar se-asia, namun sekarang menjadi salah satu pengimpor bawang […]

The post Rahasia Budidaya Bawang Merah Yang Benar Dan Balik Modal appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
Budidaya Bawang Merah-Bawang Merah adalah salah satu komoditas rempah yang paling dicari dan dibutuhkan oleh semua masyarakat Indonesia. Kebutuhan akan bawang merah setiap tahun semakin meningkat ditunjang dengan kebutuhan akan bawang merah untuk berbagai olahan makanan. Pada awal tahun 90an Indonesia merupakan salah satu pengekspor bawang merah terbesar se-asia, namun sekarang menjadi salah satu pengimpor bawang merah terbesar di dunia. Kali ini kita akan membahas Budidaya Bawang Merah.

Budidaya Bawang Merah Yang Benar

 

Cara Budidaya Bawang Merah Yang Benar di Lahan Kering

1. Syarat Tumbuh

  • Bawang merah tumbuh dengan di dataran rendah hingga dataran tinggi pada sekitar 1000 dpl
  • Persyaratan tanah : gembur, subur dan banyak mengandung bahan organik
  • Jenis tanah yang paling bagus yaitu lempung berpasir atau lempung berdebu
  • Hasil produksi terbaik pada dataran rendah dengan iklim 25-32 °C , dengan penyinaran 75%
  • pH tanah 5-5 -6,5
  • drainase dan aerasi tanah diusahakan yang bagus

 

2. Pengolahan Tanah Kering

  • Pupuk kandang disebarkan di lahan dengan dosis 0,6-2 ton/ 2000 m2
  • Diluku kemudian setelah itu digaru dibiarkan kurang lebih 1 minggu dibuat bedengan atau pembatas lebar 130 -190 cm
  • Diantara bedengan atau pembatas pertanaman dibuat saluran air dengan lebar 50-60 cm dan kedalaman 70 cm.
  • Apabila pH tanah kurang dari 6,5 diberi kapur pertanian dengan takaran + 2 ton/ha disebarkan diatas bedengan atau pembatas dan kemudian diaduk hingga merata dengan tanah lalu diamkan selama 2 minggu.
  • Untuk mencegah serangan penyakit atau hama taburkan GLIO 100 gr (1 bungkus GLIO) dicampur dengan 26-51 kg pupuk kandang yang sudah matang, lau diamkan selama 1 minggu lalu taburkan merata di atas bedengan atau pembatas.

 

3. Pupuk Dasar

  • Berikan Pupuk Majemuk NPK (15-15-15) dosis ± 20 kg/ 1000 m2 dicampur rata dengan tanah di bedengan.
  • Atau jika dipergunakan : 2 sampai 4 kg Urea + 7-15 kg ZA + 15-25 kg SP-36 secara merata diatas bedengan dan diaduk hingga rata dengan tanah.

 

4. Pemilihan Bibit

Sebelum menanam benih, sebaiknya agar tanah sudah disiram terlebih dahulu, apabila diperlukan buat atap yang bisa menutupi benih bawang merah dari hujan atau panas yang terik.

Syarat pemilihan benih adalah sebagai berikut :

  • Umbi benih harus yang sehat, ditandai dengan bentuk umbi yang kompak, kulit umbi tidak terkelupas
  • Umbi benih yang baik yang telah disimpan 3 sampai 4 bulan dan umbi masih ada daunnya
  • Atau anda bisa menggunakan benih dari biji yang sudah terbukti bebas penyakit atau bakteri dan mendapatkan sertifikat dari Departemen Pertanian. Sebagai pemecah masalah dari melambungnya harga benih untuk kebutuhan per hektarnya.
  • Ukuran umbi benih yang optimal adalah 5 sampai 6 gram/umbi.

 

5. Masa Tanam

A. Jarak Tanam Budidaya Bawang Merah Yang Benar

  • Pada Musim Hujan 25 x 20 cm varietas Tiron.
  • Pada Musim Kemarau, 14 x 14 cm, varietas Ilocos, bangkok atau tadayung

 

B. Cara Tanam Budidaya Bawang Merah Yang Benar

  • Umbi bibit direndam dulu dalam larutan NASA ditambahkan air dengan takaran 1 tutup/lt air
  • Taburkan GLIO secara merata pada umbi benih yg telah direndam dalam rendaman larutan NASA
  • Simpan umbi benih selama 2 hari sebelum memasuki masa tanam
  • Pada saat masa tanam, seluruh bagian umbi benih yang telah siap untuk ditanam dimasukkan ke dalam permukaan tanah. Untuk tiap lubang ditanam satu umbi benih.

 

 6. Pemupukan

Dalam budidaya bawang merah kita cukup menggunakan 2 bentuk pupuk ;

  • Pupuk dasar adalah pupuk  kandang bisa sapi atau kambing 16 sampai 21 ton/ha atau kotoran ayam 6 sampai 7 ton/ha atau pupuk kompos 3 ton/ha.  Pupuk buatan diperlukan juga dalam pupuk dasar TSP 150 sampai 200 kg/hektar. Cara-cara memberikan pupuk dasar yaitu dengan mengaduk dan menyebar hingga merata dengan tanah 1 sampai 3 hari sebelum memasuki masa tanam.
  • Pupuk susulan yaitu berupa pupuk urea 150kg/ha, Za 300 kg/ha, dan KCL 150/ha. Pemupukan susulan pertama dilakukan pada umur 11 sampai 16 hari setelah masa tanam dan  proses pemberian pupuk susulan kedua yaitu pada umur 4 minggu setelah masa tanam berlangsung dengan 1/2 takaran.

 

7. Penyiraman dan Penyiangan

Yang perlu diingat bahwa bawang merah memerlukan banyak air, namun dia tidak tahan terhadap genangan atau tanah yang becek. Penyiraman sebaiknya dilakukan menggunakan gembor. Untuk tanaman berumur 0 sampai 10 hari, penyiraman dilakukan 2 (dua) kali yakni pagi dan sore hari, sedangkan sesudah umur tersebut penyiraman cukup dilakukan sekali sehari (sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Cara penyiraman budidaya bawang merah dengan cara yakni cara ”leb” (memasukkan air ke bedengan hingga merata) digunakan di lahan persawahan, untuk lahan kering tetap dengan gembor atau selang. Apabila digunakan cara ini (”leb”), sebaiknya dilakukan setelah tanaman berumur lebih dari 10 hari. Pengairan secara ”leb” dapat dilakukan setiap 3 sampai 4 hari sekali. Penyiangan pada budidaya bawang merah sebaiknya dilakukan 2 kali yakni pada saat tanaman berumur 10 sampai 15 hari dan 28 sampai 35 hari (sebelum pemupukan susulan). Penyiangan dilakukan dengan mencabut gulma di sekitar tanaman.

 

8. Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama-hama atau penyakit penting pada saat berbudidaya bawang merah serta cara mengendalikannya adalah sebagai berikut :

  • Trips (Trips tabaci Lind.). Gejala yang ditimbulkannya : terdapat bintik-bintik putih pada daun yang terkena, yang pada akhirnya daun menjadi kering. Serangan hama tersebut biasanya terjadi pada saat musim kemarau. Cara mengendalikan : mengatur masa tanam yang pas, atau secara kimiawi yakni dengan menyemprotkan Curacron 50 EC, Bayrusil 35 EC, atau .Diasinon 60 EC
  • Penyakit bercak ungu atau trotol (Alternaria porri). Gejala yang ditimbulkan : pada daun yang terserang (pada umumnya daun yang sudah tua) terdapat bercak putih-putih dan sedikit mengendap, lama kelamaan akan berubah warna menjadi berwarna ungu berbentuk oval, keabu-abuan dan bertepung yang berwarna hitam. Serangan hama umumnya terjadi pada musim penghujan. Cara mengendalikan : melakukan penyemprotan setelah hujan dengan menggunakan air untuk mencegah bertumbuhnya spora yang menempel pada daun, dan merotasi tanaman.
  • Ulat tanah (Agrotis epsilon). Pengendaliannya dilakukan secara manual dengan mengumpulkan ulat-ulat pada sore hari di antar tanaman serta menjaga kebersihan yang berada di areal tanaman.
  • Ulat daun bawang (Spodoptera exiqua). Gejala yang ditimbulkan : pada daun yang terkena hama ini terlihat bercak putih yang transparan. Hal ini terjadi karena ulat menggerek daun dan masuk ke dalam daun sehingga merusak jaringan yang berada dalam daun inti sehingga terkadang daun terkulai oleh serangan hama tersebut. Cara mengendalikannya :  waktu tanam serempak, atau dengan pengendalian secara kimiawi yaitu menggunakan Curacron 50 EC, Diasinon 60 EC, atau Bayrusil 35 EC, dan rotasi tanaman.

Pengendalian secara kimiawi dilakukan dengan cara menyemprotkan fungisida, antara lain Ditane M-45, Antracol 70 WP, Difolatan 4 F atau Deconil 75 WP.

  • Nematoda akar (Ditylenchus dispaci). Gejala yang ditimbulkan : tanaman menjadi kerdil dan tidak mampu membentuk sebuah umbi. Cara mengendalikan : pemberian Furadan 3G sebanyak 25 sampai 85 kg per hektar.

 

9. Panen dan PascaPanen

Dalam budidaya bawang merah, panen dilakukan jika tanaman sudah berumur 70 sampai 80 hari setelah masa tanam berlangsung. Tanaman yang telah siap untuk dipanen memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Umbi yang telah diikat dan dijemur dengan posisi daun berada di atas (selama 6 sampai 7 hari). Setelah daun sudah kering, ikatan diperbesar dengan menyatukan 3 sampai 4 ikatan kecil menggunakan tali bambu. Selanjutnya ikatan dijemur kembali dengan posisi umbi di atas (selama 2 sampai 3 hari),
  • Panen dilakukan dengan mencabut tanaman bersama sama dengan daunnya dan usahakan supaya tanah yang menempel pada umbi dibersihkan. Diamkan sesaat umbi pada bedengan, kemudian setelah diddiamkan diikat 1 sampai1,5 kg/ikat
  • Umbi lapis semakin terlihat berisi dan sebagian menyembul ke permukaan tanah
  • Warna pada kulit umbi berubah menjadi memerah atau mengkilat
  • Apabila umbi telah benar-benar kering, umbi siap untuk disimpan di dalam gudang atau di para-para, kemudian dilakukan pengasapan agar bawang yang dipanen tidak mudah membusuk dan agar tahan lebih lama.
  • Tanaman yang telah cukup tua, ditandai dengan warna yang hampir 60 sampai 90% batang telah menguning dan lemas.

budidaya bawang merah

 

Demikianlah para pembaca setia mesinbawang.com proses yang dibutuhkan untuk tahap Budidaya Bawang Merah  Yang Benar dan Balik Mahar. Tanaman bawang merah memang mudah untuk dipraktekkan cenderung dan tidak memerlukan perawatan yang ini itu. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai untuk menanaman bawang merah. Hanya perlu melakukan pengecekan rutin agar tanaman bawang merah panen dengan sempurna..

 

 

The post Rahasia Budidaya Bawang Merah Yang Benar Dan Balik Modal appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
540
Ini Dia Hidroponik Bawang Merah Yang Mudah Dan Menguntungkan https://mesinbawang.com/hidroponik-bawang-merah/ Thu, 22 Mar 2018 10:52:57 +0000 https://mesinbawang.com/?p=571 Hidroponik Bawang Merah-Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Bawang merah hampir di gunakan dalam setiap pengolahan masakan. Tidak hanya untuk bumbu masakan, masih banyak kegunaan lain yang dimiliki oleh bawang merah.   Antara lain anti inflamasi, anti bakteri dan cara mudah untuk mengobati tertusuk duri. Berbeda antara bawang merah dan bawang putih, […]

The post Ini Dia Hidroponik Bawang Merah Yang Mudah Dan Menguntungkan appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
Hidroponik Bawang Merah-Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Bawang merah hampir di gunakan dalam setiap pengolahan masakan. Tidak hanya untuk bumbu masakan, masih banyak kegunaan lain yang dimiliki oleh bawang merah.

hidroponik bawang merah

 

Antara lain anti inflamasi, anti bakteri dan cara mudah untuk mengobati tertusuk duri. Berbeda antara bawang merah dan bawang putih, bawang merah mempunyai banyak lapisan umbi.

Cara penanamannya pun juga sangat bervariasi, salah satu cara yang popular adalah bercocok tanam dengan media hidroponik seperti cara menanam hidroponik sawi. Karena saat ini cara dengan media bercocok tanam hidroponik memang sedang digemari dan sangat popular. Karena proses bercocok tanam yang tidak lagi memerlukan media tanah namun menggunakan air. Bahkan bercocok tanam dengan cara hidroponik dapat menghemat lahan inilah yang menjadikan banyak pihak yang menyukai cara bercocok tanam dengan metode ini.

Karena hanya perlu mereka ulang cara penanaman, misalnya melakukan penanaman dengan metode bertingkat atau susun yang tentu akan lebih menghemat biaya dan tempat. Bahkan dengan cara hidroponik ini hanya perlu menggunakan media barang bekas yang tersedia tanpa harus menggunakan bahan yang baru. Ada banyak jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan cara bercocok tanam hidroponik. Salah satunya adalah bawang merah.

Berikut Ini Cara Hidroponik Bawang Merah:

 

1. Persiapan Alat dan Bahan

Tahap yang pertama kali dilakukan dalam cara hidroponik bawang merah. Adalah mempersiapkan semua peralatan yang digunakan maupun bahan untuk bercocok tanam dengan cara hidroponik sama seperti cara bercocok tanam hidroponik dengan botol bekas biasa. Persiapan media atau tempat maupun peralatan bercocok tanam hidroponik akan di sesuaikan dengan sedikit banyaknya bawang merah yang akan ditanam. Untuk lebih rincinya, berikut ini adalah persiapan tanam bercocok tanam dengan hidroponik :

  • Box atau kotak plastik, box air yang setidaknya memiliki ketinggian 50 cm.
  • Cutter atau gunting, kain flanel yang kurang lebih memiliki lebar hingga 5 cm.
  • Benih dari bawang merah yang unggul.
  • Nutrisi dari hidroponik dan air.
  • Gelas Plastik, sterofoam yang bekas, sekam bakar dan tanah.

 

2. Persiapan Bibit

Dalam memilih bibit bawang merah yang bermutu, berikut ini beberapa hal yang harus di cermati agar hasilnya tidak mengecewakan :

  • Pilih bawang merah yang terlihat segar, tidak membusuk atau mengalami berbagai penyakit atau bakteri.
  • Buang bibit bawang merah jika terlihat mengering dan membusuk.
  • Pilihlah bibit yang berumur cukup matang supaya bagus apabila dijadikan bibit.
  • Perhatikan tumbuhannya tunas.
  • Setidaknya pilih umbi yang berukuran sedikit besar agar bibit yang dihasilkan juga subur dan baik.
  • Perhatikan adanya tanda-tanda pembusukan atau terserang pnyakit pada bibit.

Selanjutnya ke tahap menanam hidroponik bawang merah.

 

3. Pembuatan Media Tanam Hidroponik

Setelah semua bahan sudah siap, bibit dan peralatan maka perlu membuat media bertanam dengan cara berikut :

  • Gunakan sterofoam yang berukuran cukup besar apabila seandainya tidak memiliki tempat air, bentuklah sterofoam menjadi sebuah pot yang besar.
  • Kemudian membuat satu penutup dengan bantuan sterofoam yang tipis.
  • Untuk jalan menggunakan kain flanel, maka bisa membuat lubang kecil kecil di bawah gelas plastik secukupnya.
  • Masukan kain flanel hingga melewati lubang yang dibuat sebelumnya dan kain flanel nantinya akan menjadi penyalur agar tanaman mendapatkan nutrisi dan kecukupan air.
  • Selanjutnya mengisi larutan nutrisi kedalam tempat dengan menggunakan nutrisi dari AB Mix yang biasanya digunakan untuk menambahkan nutrisi kepada tanaman hidroponik. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya perlu mencampurkan masing-masing larutan nutrisi Mix A maupun Mix B sebanyak 6 ml kedalam air. Kemudian tutupkan dengan menggunakan tutup yang sudah dibuat.
  • Setelah selesai dengan pemberian nutrisi kepada tanaman maka hanya tinggal mencampurkan antara sekam bakar dan tanah dengan perbandingan 1:1 per gelas tanam. Selanjutnya isi gelas tanam dengan media tersebut.
  • Masukan semua gelas plastik ke dalam lubang-lubang tutup tempat yang sudah dibuat.

 

4. Tahapan Penanaman

Setelah selesai pembuatan media tanam maka bisa langsung masuk ke tahap penanaman bibit bawang. Berikut ini cara hidroponik bawang merah:

  • Siapkan beberapa bibit bawang merah yang akan di jadikan sebagai proses awal pemibibitan. Pilihlah bibit yang telah siap untuk ditanam, kering, tua dan mengkilat.  Tentu saja bisa langsung memilih sebagian benih yang memang telah memiliki akar, akan lebih bagus karena mempercepat proses pertumbuhan bibit.
  • Bersihkan bibit tersebut dan potong kecil menggunakan pisau tanam atau gunting.
  • Setelah itu, lakukan penyiraman pada media tanam dengan mengunakan air bersih secukupnya.
  • Kemudian lakukan penanaman benih didalam setiap botol plastik hingga tertanam hingga separuh bagian benih tersebut di dalam media tanam.
  • Letakkan dan simpan bibit tersebut ditempat sejuk akan tetapi masih terkena cahaya matahari. Biarkan selama 5 hingga 6 hari sampai muncul tunas baru yang muncul pada bibit yang ditanam tersebut. Isi ulang wadah dengan nutrisi A dan B mix yang kemudian bisa melakukan penempatan tempat atau pot tanaman di daerah yang terkena sinar matahari langsung apabila tunas sudah melewati panjang 4 – 5 cm.

5. Kebutuhan Nutrisi Bawang Merah Hidroponik

Media penanaman bawang merah yang ideal dan bagus adalah yang memiliki pH 6 hingga 8. Karena setiap pertumbuhan dan tingkatan perkembangannya yang tidak sama, maka nutrisi yang diperlukan juga ada. Takaran nutrisi yang dibutuhkan oleh bawang merah yang ditanam dengan cara hidroponik akan lebih tinggi dengan seiring meningkat perkembangannya. Dibawah ini adalah uraian ppm untuk bawang merah hidroponik :

  • Ketika bibit bawang merah mulai memiliki tunas dan panjang tunasnya 2 cm atau perkembangan awal maka hanya memerlukan sekitaran 500 ppm
  • Ketika perkembangan telah beranjak pada usia 2 minggu penanaman maka nutrisnya adalah sekitar 1000 ppm
  • Sedangkan untuk awal minggu ketiga atau di minggu kelima maka bisa memberikan nutrisi sekitar 1400ppm

 

6. Proses Perawatan dan Panen Bawang Merah

Supaya perkembangan dari bawang merah hidroponik maksimal, maka harus dilakukan proses perawatan rutin. Perawatan dengan metode mudah hidroponik bawang merah sebenarnya tidak sulit, hanya saja perlu menjaga kadar kualitas nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman bawang merah tidak terjadi kekurangan, tetap pada tempatnya namun terjadi kekeringan atau kehabisan.

Tetap memberikan nutrisi sesuai takaran. Lakukan pengamatan secara teratur tentang kadar pH supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Setelah daun bawang mulai menguning dan merebah dan usia tanaman tersebut telah mencapai umur 60 hingga 65 hari maka anda sudah bisa melakukan pemanenan.

Jadi, demikianlah para pembaca setia mesinbawang.com proses yang dibutuhkan dalam mengetahui cara mudah hidroponik bawang merah. Tanaman hidroponik cenderung lebih sederhana, mudah dan tidak memerlukan perawatan neko-neko membuat banyak orang yang menyukai penanaman menggunakan hidroponik bawang merah. Hanya perlu melakukan pengecekan terhadap kebutuhan nutrisi dan kadar air yang di perlukan bawang merah. Jaga air jangan sampai kekeringan namun jangan sampai juga tergenangi air.

 

The post Ini Dia Hidroponik Bawang Merah Yang Mudah Dan Menguntungkan appeared first on MESIN BAWANG.

]]>
571