Jus Bawang Putih – Bisa dikenal dengan jamu tradisional, yang dipercayai untuk menghangatkan tubuh dan solusi untuk keadaan susuh buah air besar.

Produk ini dibuat yang sebagian banyak bahan-bahan nya itu adalah bawang putih, yang bertujuan untuk mempermudah manusia mengkonsumsinya dan aman untuk tubuh manusia

Bawang putih yaitu nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi. Bawang putih tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Bawang putih memilih senyawa sulfur bioaktif dan bersifat antibakteri yang bermanfaat bagi tubuh manusia, ada juga didalam bawang putih mengandung antioksidan dan alicin.

Jus Bawang Putih Paling Cocok Untuk Diet Dan Murah Meriah

Cara Membuat Jus Bawang Putih

Resep Untuk Membuat Jus Bawang Putih

Bahan-Bahan Yang Terlibat Untuk Membuat Jus Ini

  • 50 gr Bawang Putih
  • 100 gr Jahe biasa (bisa juga jahe merah)
  • 1 gelas Air perasan lemon (mungkin bisa diganti jeruk nipis)
  • 10 sdm Cuka Apel
  • 100 ml Madu

 Langkah-Langkah Membuat Jus Bawang Putih

  1. Kupas bawang putih dan jahe, lalu cuci hingga bersih
  2. Lalu parut bawang putih dan jahe yang sudah dicuci
  3. Campurkan bawang putih dan jahe yang sudah diparut dengan air lemon, cuka apel, dan madu lalu aduk sampai merata
  4. Siapkan panci untuk merebus, lalu panaskan dengan api sedang, masukkan campuran tersebut kedalam panci sampai mendidih
  5. Dinginkan, jika sudah dingin lalu saring sampai sudah tidak ada ampasnya
  6. Siap untuk dimasukan kebotol, lalu simpan ketempat yang tidak lembab

Jus Bawang Putih Paling Cocok Untuk Diet Dan Murah Meriah Macam-Macam Manfaat Jus Bawang Putih

1. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Dilansir Naturally Yours, bawang putih biasa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut hasil penelitian, bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 20 mg/dl dan menurunkan kadar trigliserida.

2. Mencegah Masuk Angin

Manfaat bawang putih yang lain adalah mencegah masuk angin dan batuk. Menurut hasil penelitian, konsumsi bawang putih mentah secara teratur bisa menurunkan risiko terkena masuk angin dan batuk sampai 50 persen.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mencegah masuk angin dan batuk, mengonsumsi bawang putih juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit-penyakit lain yang disebabkan virus. Ini disebabkan oleh khasiat alliinase dan alliin di dalam bawang putih tersebut.

4. Mengatasi Diabetes

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi 3 siung bawang putih secara teratur bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Allicin bawang putih jika dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

5. Mencegah Serangan Kanker

Sulphide di dalam bawang putih dapat membantu liver untuk melawan pembelahan sel kanker yang tidak wajar.

6. Mengatasi Asma

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam mengobati asma, kombinasikan bawang yang sudah dihaluskan dengan madu.

7. Menyembuhkan Influenza

Dilansir Healing Herbal Information, bawang putih bisa diolah menjadi sirup pereda asma. Cukup rebus bawang putih bersama cuka dan gula, kemudian minum satu sendok setiap pagi.

8. Mengatasi Jerawat

bahwa manfaat bawang putih untuk menghilangkan jerawat mungkin berhasil karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang.

Khasiat bawang putih dapat membantu melawan peradangan berkat bahan kimia alami, yang bernama allicin. Kandungan allicin dalam bawang putih banyak yang menyebutnya antivirus dan antibakteri berbahaya dalam tubuh penyebab jerawat.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesuburan Pria Dan Wanita

Berikut beberapa manfaat Jus Bawang Putih bagi pria dan wanita, terutama yang berkaitan dengan kesuburan :

  • Meningkatkan kadar estrogen pada wanita
  • Melancarkan sirkulasi darah dan menambah stamina disaat hamil dan melahirkan
  • Mencegah kelainan pada bayi
  • Mengatur reprokdusi pria
  • Mencegah kerusakan pada sperma
  • Menlancarkan sirkulasi darah pada organ seksual/intim

Manfaat bawang putih bagi wanita adalah meningkatkan kadar estrogen. Bawang putih berperan dalam membersihkan darah dan membantu sirkulasinya, sehingga wanita semakin memiliki stamina yang baik untuk mengandung.

Vitamin B6, dan vitamin C di dalamnya akan mencegah kelainan kromosom pada bayi yang dikandungnya. Dilansir Positive Med, konsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari sebelum ovulasi (masa subur) akan kemungkinan hamil pada wanita.

Berikut Ini Resep Untuk Mendapatkan Manfaat Bawang Putih Bagi Pria :

Bahan-Bahan Yang Digunakan :

  • 5 Siung bawang putih
  • 1 Kuning telur ayam kampung (bisa juga telur bebek)
  • 1 Sndk makan madu murni

Cara Membuat Jus Bawang Putih:

  1. Haluskan bawang putih yang sudah dikupas.
  2. Aduk bawang putih bersama kuning telur.
  3. Minum ramuan setiap pagi untuk mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal.

Efek Samping Mengkonsumsi Bawang Putih

Pernahkah kamu berpikir bahwa bawang putih dapat menyebabkan efek samping yang serius? Mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak dapat memiliki efek samping pada tubuh yang bisa mengancam nyawa.

Seperti dilansir Boldsky, bawang putih merupakan bahan pokok yang digunakan di semua jenis masakan karena dapat meningkatkan rasa. Bawang putih pun tidak hanya digunakan dalam hal memasak, juga digunakan untuk pengobatan tradisional.

Bawang putih mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, besi, yodium, belerang, dan sebagainya yang membantu mengurangi banyak penyaki di tubuh. Bawang putih bermanfaat bagi tubuh dalam banyak hal, termasuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tapi, karena konsumsi bawang putih atau memakannya secara mentah, hal ini bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa efek samping bawang putih :

1. Sakit Hati

Mengkonsumsi bawang putih berlebihan bisa melukai hati, salah satu organ tubuh paling vital. Sebuah penelitian di India mencatat bawang putih dikonsumsi dalam jumlah banyak, hal itu dapat menyebabkan toksisitas hati karena bawang putih mengandung allicin, senyawa yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat melukai hati.

2. Diare

Diare bisa terjadi jika kamu mengkonsumsi bawang putih saat perut kosong. Itu karena bawang putih mengandung fruktans yang dapat menyebabkan kembung dan menyebabkan gas di perut. Jadi, jika kamu adalah orang yang menderita kembung, kurangi jumlah bawang putih dalam makanan mu.

3. Mual, Muntah, dan Mulas

Menurut NCI (National Cancer Institute), mengkonsumsi bawang putih segar atau minyak bawang putih saat perut kosong bisa menyebabkan mulas, mual, dan muntah. Sebuah laporan yang diterbitkan HMS (Harvard Medical School) menyatakan bawang putih memiliki senyawa tertentu yang dapat menyebabkan penyakit refluks gastroesophageal.

4. Masalah Lambung

Mengkonsumsi terlalu banyak bawang putih mentah dapat memiliki efek negatif pada kesehatan lambung karena bawang putih mengandung fruktans, hal ini dapat mengganggu saluran gastrointestinal (GI). Bawang putih bisa menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Batasi asupan bawang putih dalam makanan maupun dalam diet.

5. Pendarahan

Kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi bawang putih bersama dengan obat pengencer darah, seperti yang dinyatakan University of Maryland Medical Center. Itu karena bawang putih bisa meningkatkan resiko pendarahan. Selain itu, setelah operasi, seseorang sebaiknya tidak mengkonsumsi bawang putih selama 2 minggu karena dapat mengganggu tekanan darah.

6. Menyebabkan Pusing

Bawang putih telah menunjukkan tanda pusing pada beberapa orang yang mengkonsumsinya. Para ahli menyarankan bahwa ini bisa jadi karena makan bawang putih mentah berlebihan yang bisa menurunkan tekanan darah atau hipotensi. Pada gejala umum hipotensi adalah pusing sehingga orang yang menderita tekanan darah rendah harus mengingat hal ini.

7. Ruam

Mengkonsumsi bawang putih mentah yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi kulit, ruam tangan, eksim, dan lainnya. Hal ini bawang putih mengandung enzim yang disebut alliin lyase yang menyebabkan iritasi pada kulit. Reaksi alergi ringan juga bisa terjadi jika kamu memiliki terlalu banyak bawang putih. Jadi, makanlah bawang putih dalam jumlah terbatas.

8. Sakit Kepala

Jika bawang putih mentah dimakan terlalu banyak, bisa memicu sakit kepala migrain. Bawang putih mungkin merangsang saraf trigeminal untuk melepaskan molekul pensinyalan neuron yang disebut neuropeptida lalu mengalir ke selaput yang menutupi otak, yang menyebabkan sakit kepala migrain.

9. Pengaruhi Mata

Mengkonsumsi bawang putih yang berlebihan dapat menyebabkan hyphema, suatu kondisi yang menyebabkan pendarahan di dalam ruang mata. Ruang mata yaitu ruang antara kornea dan iris. Kondisi ini bisa menyebabkan kehilangan penglihatan atau buta.

10. Buruk Bagi Wanita Hamil

Bawang putih yang dikonsumsi dalam jumlah banyak juga bisa mempengaruhi kehamilan karena akan meningkatkan efek pengeringan darah yang bisa mengancam nyawa ibu dan si bayi. Ibu hamil dan ibu menyusui harus menghindari bawang putih selama periode ini karena dapat menyebabkan persalinan.

Demikianlah para pembaca setia ulasan tentang Jus Bawang Putih. Bawang putih selain digunakan dalam hidangan ternyata juga banyak mengandung manfaat didalamnya. Apabila kamu tidak ingin repot mengupas bawang, kamu bisa menggunakan Mesin Pengupas Bawang.

Selain itu, bagi kamu yang tertarik dengan manfaat jahe untuk kesehatan, maka tidak ada salahnya untuk membuat minuman sehat yang berbahan dasar dari jahe ini.

Klik artikel lain : Resep Sambal Matah Yang Membuat Mata Merah Tak Terarah