(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Manfaat Bawang Merah Mentah –  Bawang merah adalah bumbu dapur yang sering digunakan untuk keperluan memasak. Selain itu bawang merah juga sebagai obat alami karena banyak mengandung manfaat.

manfaat bawang merah mentah

Manfaat Bawang Merah Mentah Bagi Kesehatan

1. Mengobati Asma

Manfaat bawang merah mentah dengan cara mengkonsumsi secara rutin adalah dapat  mengobati asma. Bawang merah mengandung nutrisi dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan sistem pernafasan. Selain dapat untuk mengobati asma, bawang merah mentah juga dapat untuk mengobati, bronkitis , flu, pilek, dan sejenisnya.

2. Mengobati Sembelit

Bawang merah juga dapat digunakan untuk mengobati sembelit. Dengan mengkonsumsi satu siung bawang merah mentah secara rutin dapat untuk menyehatkan usus dan membersihkan bakteri juga berbagai virus di dalamnya.

3. Mengobati Tuberkolosis

Bawang memiliki manfaat untuk antiseptik dan anti mikroba. Maka, bawang merah sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi tuberkolosis. Bawang merah akan lebih bermanfaat lagi apabila mengkonsumsinya secara rutin dengan tambahan sedikit garam.

4. Meningkatkan Produksi ASI

Buat para ibu yang sedang menyusui anaknya dan menginginkan mempunyai ASI yang melimpah untuk anaknya, sebaiknya mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin. Para peneliti mempercayai apabila bawang putih mentah mengandung vitamin dan nutrisi yang dapat untuk meningkatkan produksi ASI.

5. Anti Kanker

Salah satu manfaat bawang merah mentah adalah sebagai obat herbal sederhana yang berfungsi sebagai  anti kanker. Bawang merah mengandung nutrisi yang tidak hanya memiliki khasiat sebagai anti kanker akan tetapi juga dapat digunakan sebagai detoksifikasi dan sebagai obat herbal penurun tekanan darah tinggi.

Selain memiliki manfaat bawang merah mentah ternyata juga banyak olahan yang bisa dicoba

Berbagai Olahan Yang Terbuat Dari Bawang Merah

1. Bawang Goreng

Bawang goreng adalah salah satu olahan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat di indonesia. Cara mengolah bawang merah mudah dan dapat dilakukan hanya dengan biaya yang murah sebagai usaha kecil.

Bahan Yang Digunakan :

  • Bawang merah
  • Tepung terigu
  • Tapioka
  • Minyak goreng
  • Pisau dan telenan
  • Baskom
  • Wajan

 

Alat Yang Digunakan :

  • Kompor
  • Saringan digunakan untuk meniriskan bawang merah yang sudah digoreng

Cara Pembuatan Bawang Goreng

  1. Kupaslah bawang merah, dan buang pangkal umbi, lalu bawang dicuci hingga
  2. Campurkan terigu dengan tapioka hingga me Takaran campuran tepung setiap 150 gram tapioka dicampurkan dengan 175 gram terigu.
  3. Irislah Bawang merah membujur dengan ukuran kurang lebih 2 mm, kemudian masukkan ke dalam baskom, dan tambahkan dengan tepung yang sudah dicampur sebelumnya. Baskom digoyang-goyang hingga bahan tercampur hingga me 1 kg irisan bawang merah dicampurkan dengan 65 gram tepung campuran.
  4. Irisan bawang merah yang sudah bertepung segera digoreng di dalam minyak panas selama kurang lebih 10 menit hingga Lalu bawang merah ditiriskan dan didinginkan.

2. Tepung Bawang Merah

Tepung bawang merah adalah salah satu bentuk olahan bawang merah yang memiliki kegunaan untuk dikonsumsi. Cara pembuatan tepung bawang merah perlu diperhatikan agar rasa bawangnya tidak hilang.

Secara umum tahapan pembuatan tepung bawang merah adalah sebagai berikut:

  1. Kuapaslah bawang merah sebelum diiris. Saat mengiris bawang merah gunakan pisau yang tajam dengan tebal kurang lebih 3 sampai 6 mm.
  2. Rendamlah bawang merah kedalam Larutan Natrium Bisulfit. Pada saat merendaman dalam larutan Na-bisulfit berguna untuk mengawetkan dan menghambat perubahan warna bawang merah karena reaksi pencoklatan. Serta untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh serangga dan mikroorganisme yang berada pada bahan pangan yang akan dikeringkan. Proses perendaman bawang merah ke dalam larutan bisulfit sebelum proses pengeringan dapat memberikan warna yang baik pada produk akhir akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada aroma dan flavor. Sebaiknya penggunaan larutan Natrium Bisulfit secukupnya dan usahakankan dalam jumlah yang sedikit sebagai bahan tambahan.
  3. Pati adalah salah satu komponen terbesar dalam tepung maizena. Adanya pati dalam proses pengeringan bawang akan dapat melindungi rasa dan flavor. Jumlah yang penambahan sekitar 5-15% dari berat bawang merah mentah.
  4. Pengeringan bawang merah bisa dilakukan dengan sistem batch. Pengeringan dengan menggunakan sistem batch dilakukan dengan suhu 37,8-600C, selama kurang lebih 7 sampai 48 jam hingga kandungan air akhir sekitar 3-5 %.
  5. Potong bawang merah dengan ukuran irisan tipis yang sudah mengalami pengeringan hingga kadar airnya kurang dari 10%, diperkecil dengan menggunakan penggiling hingga berubah menjadi bentuk bubuk yang diinginkan. Penggecilan ukuran dilakukan dengan menggunakan mesin penggilingan yang didalamnya dilengkapi dengan ayakan. Penggiling dihidupkan dengan kecepatan tertentu dan ukuran yang digunakan dalam ayakan adalah lubang minimum 100 mesh dan maksimum 140 mesh. Kandungan air akhir bubuk maksimal 14 %.

3. Pasta Bawang Merah

Pasta bawang merah merupakan bumbu pasta instan sebagai bumbu instan yang dibuat dalam bentuk pasta. Terbuat dari campuran rempah dan bumbu, sesuai dengan kebutuhan bumbu yang akan diinginkan. Seperti bumbu rendang, bumbu gulai, dll.

Bumbu yang digunakan dalam masing-masing masakan sudah dicampurkan menjadi satu, dan dalam bentuk pasta . Pasta Bawang merah adalah salah satu  inovasi baru dari berbagai macam olahan yang terbuat dari bawang merah yang memiliki komposisi gizi yang sangat lengkap dibanding dengan olahan bawang merah lainnya.

Kandungan yang berada pada pasta bawang merah adalah vitamin C, karbohidrat, protein, dan lemak. Awet, praktis dan harga yang cenderung murah dapat menjadikan olahan ini sangat bagus dengan olahan bawang merah lainnya.

Konsumen dari pasta bawang merah ini pun cukup banyak, misalnya para ibu rumah tangga, para pedagang masakan termasuk rumah makan dan hotel, serta para juru masak.

Cara membuat pasta bawang merah cukup mudah, yaitu dengan cara mengupas bawang merah kemudian dipanaskan selama kurang lebih 5 hingga10 menit, lalu dihaluskan dengan cara diblender. Pasta juga dapat dicampurkan dengan bumbu lainnya sesuai dengan seleranya. Kemudian pasta bawang merah dapat langsung untuk dikonsumsi atau juga bisa disimpan dalam botol yang sudah disterilkan sebelumnya.

4. Kerupuk Bawang Merah.

Kerupuk bawang merah dapat dibuat dengan cara mencampurkan tepung yang ditambah bawang yang sudah dihaluskan dengan bumbu lalu direbus, kemudian diiris tipistipis agar lebih mudah untuk digoreng.

 

Para pembaca mesinbawang.com itulah manfaat bawang merah mentah yang jika dikonsumsi bawang merah secara rutin, maka badan menjadi lebih sehat. Meskipun bau bawang yang menyengat dan terkadang membuat tidak nyaman, bawang merah mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mengobati atau mencegah penyakit secara alami. Selain khasiat tersebut, khasiat lain dari bawang adalah dapat mengobati atau mencegah anemia dan dapat dimanfaatkan untuk meredakan alergi serta menyehatkan sistem pencernaan.