(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

5 Manfaat Bawang Putih Yang Jarang Diketahui khalayak umum pasti membuat Anda penasaran,karena ternyata banyak sekali manfaat dari bawang putih itu sendiri yang memang tidak banyak diketahui selama ini. Mereka hanya menggunakan bawang putih sebagai penambah cita rasa masakkan saja, bahkan tidak semua orang tau macam macam bawang ptuih.

Bawang putih itu sendiri masih banyak macamnya, salah satunya yang akan menjadi pembahasan kali ini yakni bawang putih tunggal atau bawang lanang. Langsung saja apa sih manfaat bawang putih tunggal yang tidak semua orang tahu? Apakah akan merugikan? Atau menguntungkan? Mari simak pembahasan dibawah ini.

Berikut Beberapa Manfaat Bawang Putih :

1. Manfaat Bawang Putih Tunggal atau Bawang Lanang untuk Kesehatan

manfaat bawang tunggal

Dalam kegunaannya sebagai pengobatan, bawang putih sudah tidak diragukan lagi seperti contohnya yakni bawang putih tunggal yang disebut juga bawang lanang dalam bahasa jawanya. Beda lagi dalam bahasa sunda, biasanya bawang putih tunggal disebut juga dengan istilah solo garlic atau single clover garlic.

Manfaat bawang putih tunggal sendiri sangatlah beraneka beragam, terutama untuk manusia contohnya organ tubuh, wajah, kulit, rambut dan kuku. Apa saja manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan lainnya?

Apa Saja Yang Dapat Diperoleh dari Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan itu Sendiri :

  1. Menurunkan tingkat kolesterol
  2. Mencegah masuk angin dan batuk
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
  4. Mengatasi diabetes
Menurunkan Tingkat Kolesterol

Dilansir disebuah laman, bawang putih tunggal biasanya dikonsumsi seseorang untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut hasil penelitian, bawang putih tunggal bisa menekan kolesterol hingga 20 mg/dl dan menurunkan kadar lemak yang terbawa aliran darah (trigliserida).

Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi 3-4 siung bawang lanang dalam keadaan perut masih kosong.

Mencegah Masuk Angin dan Batuk

Manfaat bawang putih tunggal yang lain adalah mencegah penyakit masuk angin dan batuk-batuk. Menurut hasil penelitian ilmuan, konsumsi bawang putih tunggal secara rutin bisa menurunkan resiko terkena penyakit masuk angin dan batuk-batuk sampai 50%.

Untuk mendapatkan khasiatnya dalam mencegah masuk angin ialah dengan cara menggerus 2 siung bawang. Kemudian sedu dengan air hangat lalu diminum.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mencegah batuk dan masuk angin, mengkonsumsi bawang putih tunggal (bawang lanang) ini akan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh manusia dalam hal menangkal penyakit yang disebabkan oleh virus-virus. hal ini sangatlah diperlukan bagi siapapun yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik.

Mengatasi Diabetes

Penelitian juga berhasil membuktikan konsumsi 2-3 siung bawang putih tunggal atau bawang lanang ini secara teratur bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan yang bernama Allicin dalam bawang jika dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh yang akan mengurangi diabees.

2. Manfaat Bawang Putih untuk Pria dan Wanita

manfaat bawang putih untuk pria dan wanita

Dibawah ini Beberapa Manfaat Bawang Putih Bagi Pria dan Wanita (Berkaitan Langsung Dengan Kesuburan) :

  1. Meningkatkan kadar estrogen pada wanita
  2. Melancarkan sirkulasi darah dan menambah stamina untuk ibu hamil
  3. Mengatur hormon reproduksi pira
  4. Mencegah rusaknya sperma

Manfaat yang terdapat pada bawang putih untuk wanita adalah meningkatkan kadar estrogen dan menambah stamina ibu hamil. Bawang putih itu sendiri memiliki peran sebagai pembersihkan darah dan membantu sirkulasi peredarannya, sehingga wanita hamil memiliki cukup stamina saat sedang mengandung.

Vitamin yang terkandung dalam bawang putih sangatlah beragam terutama kandungan selenium di dalamnya akan mencegah kelainan kromosom pada bayi yang dikandung. Diketahui mengkonsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari sebelum masa subur (ovulasi) akan meningkatkan kemungkinan hamil lebih banyak pada wanita.

Sementara itu, manfaat yang terdapat pada bawang putih yang baik bagi pria adalah menambah gairah seksualitas. Bawang putih merupakan sumber vitamin dan selenium. Contohnya Vitamin B6 itu sendiri berguna untuk memperkuat imunitas dan mengatur hormon seksual pada seorang pria.

Sementara selenium dapat berperan sebagai anti-oksidan yang mencegah rusaknya sperma. Kandungan Allicin yang terdapat didalam bawang putih juga memiliki fungsi melancarkan sirkulasi darah ke organ seksualitas.

Berikut Resep untuk Mendapatkan Manfaat Bawang Putih Bagi Pria :

Bahan:

  • 5 Siung bawang putih tunggal
  • 1 Kuning telur ayam kampung
  • 1 SM madu murni

Cara mengolah bawang putih untuk pria:

  1. Bersihkan bawang putih kemudian haluskan.
  2. Campurkan bawang putih bersamaan dengan kuning telur ayam kampung.
  3. Minum ramuan tersebut sebelum berhubgan suami-istri atau setiap pagi untuk mendapatkan manfaat hasil yang maksimal.

3. Manfaat Bawang Putih untuk Wajah (Masalah Jerawat)

jerawat

Sifat anti-mikroba dan anti-bakterial dari bawang putih sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang satu ini sangatlah mudah, cukup iris bawang putih menjadi dua kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Pastikan terlebih dahuku pisau yang akan digunakan benar-benar higienis agar tidak terjadi perpindahan bakteri.

4. Manfaat Bawang Putih untuk Telinga

telinga

Siapa sangka manfaat bawang putih itu juga bisa digunakan untuk perawatan telinga? Seperti yang dilansir dalam sebuah laman situs, asam fosfor yang terkandung didalam bawang putih rupanya dapat membunuh bakteri penyebab masalah di telinga. Begitu juga dengan sifat anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-mikroba yang dimiliki bawang putih.

Berikut Cara Membuat Olahan untuk Merawat Telinga dari Bawang Putih :

Bahan:

  • 4 Siung bawang putih
  • 1 Gelas minyak zaitun

Cara mendapatkan mengaplikasikannya untuk telinga:

  1. Geprek bawang putih yang sudah dikupas, lalu rendam dalam minyak zaitun selama 1 jam.
  2. Saring minyak zaitun tersebut, kemudian simpan di dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
  3. Teteskan minyak zaitun sedikit demi sedikit ke dalam telinga, kemudian letakkan kapas di sekeliling daun telinga. Diamkan selama 10 menit, langkah terakhir bersihkan dengan kapas hingga tuntas minyaknya.

5. Manfaat Bawang Putih Tunggal dan Jahe Merah

jahe merah

Adapun dengan mencampurkan jahe merah dengan bawang putih tunggal atau bawang lanang ini dapat dijumpai beragam khasiat untuk tubuh. Apabila keduanya dikombinasikan, akan menjadi sebuah obat yang ampuh untuk memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dapatkan khasiatnya dengan cara rebus kedua bahan tersebut selama 15 menit kemudian minum airnya selagi hangat-hangatnya.

Dibawah ini Disebutkan Beberapa Manfaat Bawang Putih Tunggal Dikombinasikan Jahe Merah, antara lain :

  1. Meningkatkan pencernaan tubuh dan membakar lemak.
  2. Memelihara jantung dan menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan jantung.
  3. Memperlambat proses penuaan dini.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh atau imun manusia.
  5. Sebagai kompres untuk pegal pada punggung.

Cara Membuat Resep Kompres Dari Bawang Putih Tunggal Dengan Jahe Merah, berikut resepnya :

Bahan kompres dari bawang putih tunggal dan jahe:

  • 10 Siung bawang putih tunggal.
  • 1 Ruas jahe merah.

Cara membuat:

  1. Kupas bawang putih tunggal dan jahemerahnya, bersihkan sebelum kemudian dihaluskan.
  2. Usapi bagian punggung yang sakit dengan ramuan tersebut. Lalu tutupi dengan kain bersih dan diamkan kurang lebih 30 menitan. Langkah terakhir bersihkan sisa ramuan tersebut dari kulit dengan air hangat.
  3. Kompres ini dianjurkan dilakukan sehari sekali sampai rasa sakit pada punggung terasa membaik.

Sekian penjelasan manfaat bawang putih dan bawang putih tunggal untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata manfaatnya lebih condong ke menguntungkan. Dan perlu diingat kembali untuk tidak mengonsumsi bawang putih mentah secara berlebihan, untuk menjaga kesehatan lambung dan usus.

Tidak hanya tentang khasiat bawang putih, adapun cara budidaya bawang merah yang benar dan balik modal.