(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep Bawang Putih Tunggal-Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui tentang bawang putih yang biasa digunakan bumbu dapur dalam memasak sehari-sehari. Perbedaan antara bawang putih dengan bawang putih tunggal adalah terletak pada jumlah siungnya, bawang putih biasa mempunyai beberapa siung dan bawang putih tunggal hanya mempunyai 1 siung saja. Warna pada bawang putih tunggal juga lebih putih daripada bawang putih biasanya.

resep bawang putih tunggal

Para peneliti yang melakukan riset dan menemukan beberapa manfaat yang berada pada bawang putih tunggal, baik untuk  kesehatan ataupun untuk kecantikan kulit. Dengan beragamnya khasiat yang terdapat pada bawang putih tunggal, sehingga banyak yang menawarkan bawang tunggal berupa kapsul herbal yang mengandung ekstrak bawang putih tunggal dan juga yang menjualnya dalam bentuk minuman.

 Resep Bawang Putih Tunggal

1.Juice Bawang Putih Tunggal

Bahan-bahan Yang Diperlukan Dalam Resep Bawang Putih Tunggal

  • 250 gr Bawang Putih Tunggal
  • 250 ml Air
  • 250 gr Jahe Merah
  • 250 ml Air Perasan Jeruk Lemon
  • 20 sdm Madu Asli
  • 250 ml Cuka Apel

Cara Membuatnya :

  1. Haluskan jahe menggunakan blender dan air hingga halus, dan disaring.
  2. Haluskan bawang putih dengan blender dan air jahe yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Masukkan hasil blenderan tersebut dan campurkan dengan cuka apel & air perasan lemon, masak hingga terdapat letupan-letupan, matikan api
  4. Langkah yang terakhir adalah tunggu sampai racikan pada juice dingin, kemudian masukan madu, aduklah hingga merata.
  5. Kemudian simpanlah hasil racikan juice tersebut ke dalam toples yang terbuat dari kaca, agar juice tetap fresh dan simpan dalam mesin pendingin.

2. Acar Bawang Putih Tunggal

Bahan bahan Yang Diperlukan Dalam Resep Bawang Putih Tunggal :

  • Ambil 500 gr bawang putih tunggal atau sesuai dengan selera
  • 2 – 3 sendok makan gula pasir
  • 2 – 3 sendok teh garam
  • Air sebanyak 250 ml

4 sendok makan cuka dapur

Cara Membuatnya :

1. Campurkan antara bawang putih dengan garam, kemudian setelah merata simpan di dalam wadah yang kedap udara, dan tutup rapat.

2. Rebuslah air dengan gula hingga keduanya terlarut, kemudian masukkan kedalam cuka dapur, aduklah hingga merata, setelah itu tunggu hingga dingin.
3. Tuang hasil rebusan gula tadi cuka dan air ke dalam wadah yang berisi bawang putih tunggal, tutup rapat-rapat, kemudian biarkan selama  2 – 3 hari agar acar menjadi sempurna.

resep bawang putih tunggal

Selain Resep Bawang Putih Tunggal yang kita bahas ternyata bawang putih tunggal juga mempunyai beberapa manfaat. Berikut adalah manfaat yang terkandung dalam bawang putih tunggal :

Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan

Menurut peneliti, bawang putih tunggal ini sebaiknya diiris tipis-tipis agar manfaat yang berada didalamnya dapat bekerja. Bawang putih tunggal dipercaya sangat ampuh dan lebih bermanfaat dibanding dengan bawang putih biasa. Mungkin karena metode menanamnya bebas pestisida.

Saangat banyak kandungan zat yang berada pada bawang putih yang berkhasiat baik untuk kesehatan, seperti belerang, saltivine, kalsium, fosfor, protein, lemak  dan beberapa vitamin lainnya. Ternyata juga terdapat kandungan minyak atsiri yaitu aliin yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti kolesterol.

Berikut dibawah ini beberapa resep khasiat bagi kesehatan tubuh dan cara mengkonsumsi bawang putih tunggal :

1. Untuk Pencernaan

Kandungan allicin pada bawang putih tunggal ternyata dapat membunuh bakteri dan jamur dan mencegah gangguan pada pencernaan yaitu wasir , disentri dan sembelit.

Irislah bawang putih tunggal secukupnya dan panaskan ke dalam wajan yang sudah ada mentega cair. Kemudian tambahkanlah ke setiap hidangan anda dan tentu saja dapat menambah nikmat.

 

2. Obat Gatal Pada Kaki

Bawang putih tunggal ternyata dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal pada kaki. Caranya adalah dengan irislah tipis bawang putih tunggal kemudian masukkan ke dalam ember yang sudah berisi air hangat. Dan rendamlah kaki yang terasa gatal pada air rendaman.

3. Obat Batuk

Bawang putih tunggal juga dapat dijadikan pencair dahak yang sangat manjur ketika sedang batuk.

Bakarlah beberapa bawang putih tunggal, lalu tumbuk dan diberi sedikit madu. minumlah sebelum tidur agar dahak dapat hilang.

4. Mengobati Demam

Ambillah bawang putih tunggal lalu kupaslah hingga bersih. Kemudian campurkan dengan madu dan simpan dalam botol dan masukkan kedalam kulkas. Biarkan selama kurang lebih 7 hari. Apabila demam datang maka kunyahlah 3 sampai 4 siung ramuan tersebut

5. Mencegah Gigitan Nyamuk

Pada penelitian yang berada di India yang menemukan sejumlah orang yang menggosokkan ramuan bawang putih tunggal pada tubuhnya, maka nyamuk tidak akan menggigitnya. Caranya adalah dengan ambillah larutan minyak bawang putih tunggal,  lilin lebah dan minyak jeli setelah itu oleskan secara merata pada kulit.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Pada sebuah penelitian di berbagai negara yang mayoritas masyarakatnya sering memakan bawang putih tunggal setiap hari, maka penduduk tersebut memiliki resiko serangan penyakit jantung lebih kecil. Dikarenakan bawang putih tunggal mampu melancarkan peredaran darah pada dalam tubuh.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Bawang putih tunggal mengandung zat besi yang berfungsi untuk menetralkan peredaran darah dan mencegah anemia. Zat besi juga bermanfaat untuk mencegah, pegal linu, penyakit rematik, dan lelah akibat pekerjaan.

8. Meningkatkan Daya Ingatan

Rusaknya sel neuron pada otak ternyata dapat membuat daya ingat berkurang. Dengan mengkonsumsi bawang putih tunggal setiap har akan merangsang pertumbuhan sel neuron yang baru dan mampu mencegah kerusakan.

 

7. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan karena kelebihan zat purin pada tubuh dan membuat sakit pada sendi. Asam urat yang berlebih dapat dikurangi dengan mengkonsumsi bawang putih tunggal secara teratur.

 

8. Mengobati Wasir

Caranya adalah dengan membersihkan daerah yang terkena wasir dengan menggunakan sabun dan air hangat. Setelah itu oleskan beberapa irisan bawang putih tunggal yang sudah setengah ditumbuk. Tunggu hingga beberapa saat, kemudian bersihkan.

 

Demikianlah para pembaca setia mesinbawang.com informasi mengenai tentang Resep Bawang Putih Tunggal. Bawang putih tunggal selain digunakan dalam hidangan ternyata juga banyak mengandung manfaat didalamnya. Apabila anda tidak ingin repot mengupas bawang maka bisa menggunakan Mesin Pengupas Bawang.