(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep Garlic Bread – Sebagian masyarakat kurang tahu, apa itu Roti Garlic!! dikesempatan ini saya akan berbagi dengan kamu mengenai Roti Garlic.

Apa itu Roti Garlic!! roti yang diberi bawang putih, mentega bisa juga menggunakan minyak zaitun, dan seledri. Masakan tersebut biasanya dimasak dengan dioven, bisa juga dengan cara dipanggang menggunakan api yang kecil.

Bawang putih yaitu nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi. Bawang putih tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Untuk penyuka keju dan saos biar roti terasa agak asam atau pedas, bisa juga diberi lapisan keju cair dan saos diatasnya. Keju itu terbuat dari susu dan bakteri asam laktat yang dipermentasi, sedangkan rasanya sedikit asam dan sedikit ada rasa seperti kapur.

Resep Garlic Bread Original, Keju, Dan Pedas

1. Cara Membuat Roti Bawang Original

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Garlic Bread :

  • Roti prancis
  • 3 siung bawang putih
  • Margarin (secukupnya untuk mengolesi roti/teflon)
  • lada bubuk (secukupnya)
  • seledri (cincang-cincang)
  • garam (selera)

Langkah-Langkah Membuat Garlic Bread :

  • Siap kan roti, diiris tebal kira” 1-2 cm
  • Geprek dan cincang-cincang bawang putih, aduk rata dengan magarin, lada bubuk, seledri cincang
  • Lalu oleskan campuran tadi ke roti, panggang dengan teflon, api kecil saja, jika sudah keemasan lalu roti dibalik
  • siapkan piring, lalu siap dihidangkan

(Jika ingin membuat lebih banyak kalikan saja bahan-bahan yang digunakan).

2. Cara Membuat Roti Bawang Keju

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Garlic Bread :

  • Roti prancis
  • Keju mozarella (pilih yang tipis)
  • 3 siung bawang putih
  • Margarin (secukupnya untuk mengolesi roti/teflon)
  • lada bubuk (secukupnya)
  • seledri (cincang-cincang)
  • garam (selera)

Langkah-Langkah Membuat Garlic Bread :

  • Siap kan roti, diiris tebal kira” 1-2 cm
  • Geprek dan cincang-cincang bawang putih, aduk rata dengan magarin menggunakan mixer roti, lada bubuk, seledri cincang
  • Lalu oleskan campuran tadi ke roti, lalu taruh keju diatas roti, panggang menggunakan oven selama 5-10 menit
  • siapkan piring, dan siap dihidangkan

(Jika ingin membuat lebih banyak kalikan saja bahan-bahan yang digunakan).

3. Cara Membuat Roti Bawang Pedas

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Garlic Bread :

  • Roti prancis
  • Cabai merah (iris tipis)/saos pedas
  • 3 siung bawang putih
  • Margarin (secukupnya untuk mengolesi roti/teflon)
  • lada bubuk (secukupnya)
  • seledri (cincang-cincang)
  • garam (selera)

Langkah-Langkah Membuat Garlic Bread :

  • Siap kan roti, diiris tebal kira” 1-2 cm
  • Geprek dan cincang-cincang bawang putih, aduk rata dengan magarin, lada bubuk, seledri cincang, iris tipis cabai merah atau bisa menggunakan saos pedas
  • Lalu oleskan campuran tadi ke roti, panggang menggunakan oven selama 5-10 menit
  • siap dihidangkan

(Jika ingin membuat lebih banyak kalikan saja bahan-bahan yang digunakan).

Resep Membuat Roti Gandum

Roti gandum sehat karena kandungan serat di dalamnya meningkatkan pencernaan dan menjaga usus bebas dari bahan limbah,kimia dan racun, dan juga mencegah sembelit. Manfaat kesehatan dari roti gandum ini termasuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut dan teksturnya. karena roti kaya akan vitamin B dan protein

Gandum yaitu sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Pada umumnya, biji gandum berbentuk oval dengan panjang 6–8 mm dan diameter 2–3 mm.

Cara Membuat Roti Gandum

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

  1. 500 gram tepung terigu
  2. 3 telur ayam
  3. 1 1/2 sdm ragi
  4. 30 gram susu bubuk
  5. 1 1/2 sdm garam
  6. 30 gram gula pasir
  7. 50 gram mentega
  8. 350 ml air es

Langkah-Langkah Membuat Roti Gandum

  1. Campurkan dengan tepung, ragi, gula pasir, susu bubuk, dan telur lalu aduk sampe merata
  2. Lalu campurkan adonan kedalam es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis
  3. Cairkan mentega lalu campur dengan garam sambil tuangkan adonan lalu uleni sampai tidak lengket. Setelah itu diamkan sekira-kira selama 30 menit.
  4. Selanjutnya bisa mengepal-ngepal adonan, lalu timbang masing-masing 190 gram
  5. Bentuk adonan menjadi bulat, lalu diamkan sekitar 10 menit
  6. Jika sudah, gulung adonan serta dipadatkan
  7. Selanjutnya oleskan loyang menggunakan mentega dan dialasi kertas roti sebanyak 5 adonan, lalu tutup adonan hingga 3/4 bagian loyang
  8. Diam kan adonan tadi selama 90 menit hingga mengembang
  9. Selanjutnya adonan ditutup lalu oven selama sekitar 40 menit dengan ukuran suhu 180derajat sampai matang
  10. Roti siap disajikan

(Jika ingin membuat lebih banyak kalikan saja bahan-bahan yang digunakan).

Yuk kunjungi artikel lain : Ini Dia! Resep Sambal Bawang Putih Yang Enak Dan Spesial

Selain Roti Garlic, Inilah Jenis-Jenis Roti Tawar Diberbagai Negara

Di Indonesia roti merupakan bahan makanan yang cukup lama ada karena pengaruh dari bangsa penjajah yang dulunya makanan pokoknya mengonsumsi roti. Seiring perkembangan zaman, roti banyak mengalami perubahan dan juga variasi yang dibuat dengan berbagai rasa, bentuk, dan juga tekstunya.

Roti di Indonesia sudah ada sejak zaman Belanda sekitar tahun 1930, budaya makan roti biasa dilakukan orang-orang Barat mulai dikenalkan pada warga pribumi dengan cara diperjualbelikan.

Ada yang berkeliling dengan menggunakan gerobak dan ada juga yang berkeliling menggunakan sepeda untuk menjual roti tersebut dan tekstur roti pada saat itu masih kasar dan agak keras.

Di Indonesia masyarakat nya biasa makan roti tawar yang empuk dan enak serta berwarna putih bersih dan berbentuk kotak memanjang, dan berkulit tipis berwarna coklat.

Sedangkan orang Perancis sangat lebiih menyukai roti yang berbentuk panjang dan oval yang teksturnya berkulit tebal namun dalamnya empuk, dan untuk orang Jerman dan Rusia mereka lebih menyukai roti yang terbuat dari gandum rye.

Tahun 1950an cita rasa roti sudah lebih gurih  dan aromanya lebih harum karena  pemakaian mentega ,namun teksturnya masih padat dan kurang mengembang karena roti tersebut hanya dikembangkan di suhu ruang dalam baskom yang hanya ditutup oleh lap basah.

Sekitar tahun 1970an roti-roti dengan isi keju parut atau coklat messes serta roti goreng  long jhon mulai diperkenalkan kepada publik hingga sekarang. Orang Belanda menyebut roti dengan sebutan brood.

Roti tawar yang selama ini kita tahu biasanya hanya yang berupa irisan pipih berbentuk kotak atau sejenis roti perancis bernama baguette. Namun, ternyata jenis roti tawar ada bermacam-macam bisa karena bahan yang dibuat atau berdasarkan bentuknya.

Pada dasarnya, roti tawar dibuat tidak hanya dari bahan tepung terigu dan gandum namun bisa dari singkong, beras dan garut. Berdasarkan jenis rotinya, roti tawar hanya memiliki dua jenis yaitu white bread (roti putih yang terbuat dari tepung terigu), dan whole wheat bread (roti gandum murni).

Namun berdasarkan perkembangan pengolahan roti yang lebih canggih, dan lebih bervariasi bentuknya di beberapa negara yang bermakanan pokok gandum dan tepung memiliki jenis roti tawar khas sendiri-sendiri. Apa sajakah itu? Mari simak jenis-jenisnya berikut ini :

1. White Bread (Roti Putih)

White bread atau orang biasa mengenalnya roti tawar/roti putih terbuat dari tepung terigu bentuknya kotak dan berwarna putih. Roti ini mengandung serat, vitamin B, zat besi dan zat mikro baik untuk dikonsumsi langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Roti tawar/rotii putih yang biasanya dijual di pasaran juga termasuk dalam roti ini. Roti ini sangat populer di konsumsi oleh orang Amerika sejak tahun 1941. Biasanya bisa dimakan langsung atau menggunakan mentega, olesan coklat atau selai buah.

2. Whole Wheat Bread

Whole Wheat Bread merupakan roti gandum murni dan tekstur roti berwarna coklat yang sedikit kasar. Jenis roti ini kaya akan serat dan warna coklatnya berasal dari serealin yaitu lapisan sel yang terdapat pada sereal.

Roti gandum banyak diproduksi di Australia dan Amerika karena roti gandum makanan pokok. Orang Eropa khususnya Inggris sudah cukup lama mengonsumsi jenis roti ini sejak tahun 1845.

3. Ciabatta Bread

Jenis roti ini terbuat dari tepung gandum dan ragi. Roti ini berbentuk panjang bulat namun pipih, bagian kulit luar agak keras namun bagian dalam lembut.

Pembuatan roti ini melalui proses pemanggangan dan saat akan dikonsumsi biasanya diiris tidak begitu tipis dengan aneka topping atau mentega saja. Roti ini mulai populer di daratan Eropa khususnya Spanyol dan Amerika pada akhir tahun 1990.

4. Focaccia Bread

Focaccia banyak digunakan untuk bahan utama sandwich, tekstur adonannya lebih dominan mirip dengan adonan roti pizza. Bentuknya oval memanjang, biasanya di Italia pembuatannya dengan tambahan bumbu seperti bawang, daging, sayuran, keju, garam dan minyak zaitun kemudian dipanggang dalam waktu yang ditentu.

5. Baguette / French Bread

Roti ini sangat terkenal di dunia terutama di Indonesia, bentuknya bulat panjang sekitar 5-7 cm dan biasanya dikenal dengan roti tongkat. Roti ini biasanya divariasi menjadi garlic bread, bruschetta dan dimakan bersama sup atau pizza.

Tekstur bagian luar renyah namun di dalamnya basah, rasanya pun biasanya bermacam-macam karena ada yang dikombinasikan dengan topping gula halus, cokelat, keju ataupun garnish lain.

6. Plan Au Levain

Jenis roti ini seperti roti Perancis. Bentuknya bulat, tekstur roti ini padat dan berkulit keras. Dibuat dari adonan asam biasa disajikan  bersama mentega atau dimakan bersama sup.

7. Pita Bread

Roti ini bentuknya bulat dan pipih, disebut juga roti Arab karena banyak dibuat dan dikonsumsi mayoritas oleh penduduk Timur Tengah. Roti ini merupakan menu wajib di Arab saat makan sebagai pengganti nasi. Tekstur roti ini begitu kenyal dan lembut.

Proses pembuatannya terbuat dari adonan puff dan di panggang di oven bata dengan suhu lumayan tinggi 232 ° C. Disajikan dengan kombinasi keju, meses, selai, kare, gulai, susu manis dll.

8. Bagel

Bentuk roti ini bulat dengan lubang di tengah seperti donat. Roti ini sangat populer di Australia, Kanada, Amerika Serikat dan Inggris. Tekstur roti terlihat padat namun saat dimakan terasa lembut, kenyal dan permukaan roti berpori. Proses pembuatan roti ini, adonan harus direbus terlebih dahulu.

Pada pembuatan bagel tradisional, akan ditambahkan bawang bombay, bawang putih, telur, gandum hitam, garam sebagai perasa. Sedangkan pembuatan cara modern adonan bagel dicampur dengan rempah-rempah ataupun tomat. Bagel bukanlah donat walaupun bentuknya sama, biasanya dinikmati sebagai sandwich atau makanan penutup saat makan pizza.

Demikianlah para pembaca setia. Bawang putih selain digunakan dalam hidangan ternyata juga banyak mengandung manfaat didalamnya. Apabila kamu tidak ingin repot mengupas bawang, kamu bisa menggunakan Mesin Pengupas Bawang.

Yuk baca juga artikel cara membuat kerupuk bawang ini