(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Opor Ayam

merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. .Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti seraikencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam .

Resep Opor Ayam Spesial

Resep Opor Ayam Spesial

Kandungan Gizi Pada Opor Ayam

Dengan proses pembutannya yang memakan waktu lama namun makanan ini mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kandungan gizi di dalamnya seperti zat besi, fosfor, kalsium, selenium, vitamin C, yang semuanya berperan penting untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Opor Ayam Untuk Kesehatan

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat opor ayam ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Membantu Fungsi Otak

Khasiat opor ayam yang pertama dapat membantu fungsi otak. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk pertumbuhan otak dan menjalankan fungsi otak. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk membantu fungsi otak agar bekerja dengan efektif.

2. Mengatur Suhu Tubuh

Opor ayam juga sangat berkhasiat untuk mengatur suhu tubuh. Jika anda sering bermasalah dengan suhu tubuh maka anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalmnya berperan penting untuk mengatur suhu tubuh agar tetap terkendali.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan adanya sistem kekebalan tubuh maka, tubuh akan melawan kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Kandungan zat besi yang ada di dalam opor ayam berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi

4. Mencegah Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi yang kekurangan sel darah merah. Jika anda dalah satu penderita anemia maka anda bisa mencegahnya dengan rutin mengkonsumsi opor ayam. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk memproduksi sel darah merah dengan cepat sehingga akan mencegah anda terkena resiko anemia.

5. Membantu Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan proses yang terjadi dalam tubuh untuk mendapatkan energi. Untuk mendukung proses metabolisme tubuh maka anda bisa mengkonsumsi opor ayam. Kandungan yang ada di dalamnya berperan penting untuk membantu metabolisme tubuh.

6. Baik Bagi Ibu Hamil

Untuk menjaga janin agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi opor ayam ini. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya akan sangat baik bagi ibu hamil sebagai asupan gizi yang cukup.

7. Memperkuat Tulang

Agar struktur tulang anda bisa tetap kuat dan tidak mudah rapuh maka anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan kalsium yang ada dalam opor ayam ini berguna untuk memperkuat tulang sehingga tidak mudah rapuh dan keropos.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lainnya dari opor ayam juga berguna untuk menurunkan tekanan darah. Jika anda bermasalah dengan tekanan darah tinggi sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini. Kandungan kalium yang ada di dalamnya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga aman untuk dikonsumsi.

9. Mencegah Peradangan Sendi

Gangguan sendi yang bisa terjadi salah satunya peradangan sendi. Hal ini akan meyebabkan tubuh tidak dapat di gerakkan secara normal. Untuk mencegahnya anda bisa mengkonsumsi opor ayam. Kandungan yang ada di dalamnya membantu mengurangi gejala radang sendi.

10. Menjaga Ketahan Tubuh

Dengan rajin mengkonsumsi opor ayam juga bermanfaat untuk menjaga ketahanan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit sehingga makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi.

Macam-Macam Opor Ayam

Ada beberapa jenis resep masakan opor yang bisa kita buat saat lebaran. Sebut saja Resep Opor Ayam Kuning, Opor Ayam Putih atau Opor Ayam Kering. Sebenarnya bumbu yang digunakan untuk membuat ketiga macam resep opor diatas hampir sama. Ketiganya menggunakan bahan bahan dan bumbu rempah rempah yang gampang kita jumpai di sekitar kita. Tetapi tetap saja ada beberapa perbedaan di bumbu yang digunakan ataupun cara membuat opor ayamnya

Resep Opor Ayam Kering

Bahan-Bahan Opor Ayam Kering

  1. Bahan utama yang harus dipersiapkan adalah 1 ekor ayam ukuran sedang. Cuci sampai benar benar bersih daging ayamnya, potong menjadi 4-6 bagian lalu tiriskan sebentar supaya air cuciannya nanti tidak ikut termasak. Sebaiknya menggunakan ayam kampung atau ayam buras, tetapi ayam potong juga bisa digunakan.
    Daun salam sebanyak 1 lembar saja.
  2. Santan kental kelapa kurang lebih sebanyak 250 ml saja.
  3. Santan kelapa yang encer kurang lebih sebanyak 750 ml saja. Sebaiknya kedua santan menggunakan perasan parutan buah kelapa.
  4. Daun jeruk purut sebanyak 1 pcs saja supaya lebih harum.
  5. Batang sereh bagian putihnya saja sebanyak 1 pcs.
  6. Bawang putih ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 pcs saja (untuk bumbu halus).
  7. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 cm saja (untuk bumbu halus).
  8. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 siung (untuk bumbu halus).
  9. Ketumbar kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja (untuk bumbu halus).
  10. Kemiri kurang lebih sebanyak 5 butir (untuk bumbu halus).
  11. Kunyit kurang lebih sepanjang 2 ruas jari (untuk bumbu halus).
  12. Jinten kurang lebih sebanyak 1/8 sendok teh (untuk bumbu halus).
  13. Lengkuas kurang lebih sepanjang 1 cm saja (untuk bumbu halus).
  14. Merica butiran kurang lebih sebanyak setengah sendok teh (untuk bumbu halus).
  15. Gula pasir kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja (untuk bumbu halus).
  16. Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu halusnya atau kurang lebih sebanyak 4-5 sendok saja.

 

Cara Membuat Opor Ayam Kering

  1. Langkah pertama adalah haluskan bahan bahan bumbu halusnya sampai benar benar halus.
  2. Siapkan pengorengan dan beri minyak sayur secukupnya untuk menumis. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan diatas sambil diaduk aduk sampai tercium bau harum khasnya.
  3. Masukkan daun salam, batang sereh bagian putihnya saja dan jeruk purutnya ke dalam penggorengan. Aduk aduk kembali sampai ketiga bahan tersebut layu.
  4. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong dan dicuci bersih kedalam wajan diatas lalu aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata dan ayamnya berubah warna.
  5. Masukkan santan encernya terlebih dahulu lalu aduk aduk kembali dengan bahan lain sampai daging ayamnya lunak dan kelihatan ada lapisan minyak diatasnya.
  6. Langkah terakhir kecilkan api dan masukkan santan kental yang sudah disiapkan sebelumnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bumbu meresap ke dalam daging ayam dan kuahnya mengering

 Resep Opor Ayam Kuning Enak

Bahan-Bahan Opor Ayam Kuning

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah satu ekor ayam ukuran sedang besar. Potong menjadi 6 sampai 10 potong lalu cuci bersih dari semua kotoran dan darah yang menempel.
  2. Santan encer kurang lebih sebanyak 1 liter saja.
  3. Sereh diambil batangnya yang berwarna putih satu batang saja.
  4. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  5. Santan kental yang diambil dari perasan kelapa kurang lebih sebanyak 1/4 liter saja.
  6. Lengkuas kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  7. Daun jeruk yang masih segar supaya aromanya lebih harum sebanyak 3-4 lembar saja.
  8. Merica butir kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja. Sangrai sebentar sebelum dihaluskan (untuk bumbu halus).
  9. Jinten sangrai kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja (untuk bumbu halus).
  10. Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 7 pcs. Sebaiknya teman teman menggunakan bawang lokal supaya lebih harum dan aromanya tercium (untuk bumbu halus).
  11. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs saja (untuk bumbu halus).
  12. Ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja (untuk bumbu halus).
  13. Gula pasir secukupnya sesuai selera (untuk bumbu halus).
  14. Kemiri kurang lebih sebanyak 5 butir saja. Sangrai kemirinya dulu sebelum dihaluskan (untuk bumbu halus).
  15. Kunyit ukuran sedang besar yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sepanjang 2 cm saja (untuk bumbu halus).
  16. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera (untuk bumbu halus).
  17. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 1 cm saja. Sangrai atau bakar sebentar sebelum dihaluskan bersama bumbu yang lain (untuk bumbu halus).
  18. Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu halusnya.

Cara Membuat Opor Ayam Kuning

  1. Langkah pertama uleg atau haluskan terlebih dahulu jahe, kunyit, kemiri, garam dapur, gula pasir dan bumbu halus lainnya sampai halus. Bisa juga diblender kalau mau lebih cepat, cuma rasanya kurang maknyus.
  2. Siapkan wajan yang sudah diisi minyak secukupnya lalu masukkan campuran bumbu halus diatas.
  3. Aduk aduk sampai tercium bau harum dari bumbunya.
  4. Ambil dan masukkan batang sereh, daun jeruk, lengkuas dan daun salam ke dalam penggorengan lalu aduk aduk sebentar sampai daunnya layu.
  5. Ambil daging ayam yang sudah dicuci bersih lalu masukkan ke dalam wajannya. Aduk aduk supaya daging ayam tercampur rata dengan semua bumbunya.
  6. Ambil dan masukkan santan encer yang sudah dipersiapkan lalu aduk aduk lagi sampai daging ayamnya cukup empuk.
  7. Langkah terakhir kecilkan api kompornya lalu masukkan santan kental yang sudah dipersiapkan dan aduk aduk lagi sampai santan mendidih. Untuk diperhatikan proses ini santannya harus tetap diaduk aduk sampai mendidih supaya tidak pecah.
  8. Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur atau gula apabila diperlukan.
  9. Angkat dan tuang ke mangkok saji untuk dihidangkan di meja makan.

Bagaimana cukup mudah bukan mempraktekan Resep Membuat Opor Ayam Spesial Untuk Lebaran? Demikian sedikit informasi yang dapat saya berikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagia anda semua yang telah membacanya.