(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Sambal Bawang Tomat Spesial

Cara membuat sambal bawang Tomat Spesial, sebelum masuk ke pembuatannya baiknya kita kupas sedikit megenai sambal, bawang,tomat, beserta manfaatnya juga.

sambal bawang tomat

 

Sambal

Sambal adalah saus dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Sejarah Sambal

Sambal seperti menjadi hidangan yang tak bisa dilepaskan dalam kuliner Indonesia. Kuliner dengan bahan cabai ini memiliki sejarah panjang di nusantara ini.

Suryatini N Ganie (2009) mencatat sekurangnya ada 100 variasi makanan yang dibuat dari sambal. Hal ini menunjukkan betapa kayanya jenis kuliner nusantara. Bahkan ada kisah yang menyebut bahwa pada zaman kolonial, baboe (pembantu) rumah tangga yang paling mahal harganya adalah yang paling pandai membuat sambal.

Seorang arkeolog Titi Surti Nastiti menyebut bahwa cabai pada masa Jawa Kuno telah menjadi komoditas perdagangan yang langsung dijual. Tak mengherankan jika cabai menjadi bahan masakan yang populer di kawasan tropis ini.

Salah satu ahli kuliner paling berpengaruh pada masa kolonial adalah Catenius van der Meijden. Ia adalah seorang nyonya Belanda yang tinggal di Indonesia. Sebagai seorang nyonya meneer Belanda, Catenius dengan dibantu pembantu bertugas menyiapkan hidangan istimewa untuk seluruh keluarga.

Ia dikenal dengan keahliannya memasak sambal. Berbagai jenis sambal dikuasainya. Nyonya ini kemudian mengumpulkan resep masakannya menjadi sebuah buku tentang resep masakan yang terbit tahun 1942. Sebelumnya ia juga menulis buku berjudul Makanlah Nasi (1922).

Bawang

Bawang merupakan istilah umum bagi sekelompok tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam genus Allium. Umbi, daun, atau bunga bawang dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah, tergantung bagaimana kita memandangnya.

Sejarah Bawang

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kegunaan lain dari tanaman bawang adalah sebagai obat tradisional yang manfaatnya telah banyak dirasakan oleh masyarakat. Tanaman bawang memang telah dikenal sebagai tanaman rempah dapur yang sering kali juga di jadikan obat dengan banyak manfaat. Bawang telah digunakan sejak jaman dahulu sebagai obat untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit.
Namun demikian, meski telah dikenal sejak zaman dahulu kala, ternyata tanaman bawang tidak berasal dari Indonesia. Tanaman bawang umumnya dibawa dari daerah asanya yang kemudian dibudidayakan di Indonesia karena manfaatnya yang besar untuk kehidupan masyarakat.

Tomat

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Sejarah Tomat

Tomat merupakan tanaman asli Benua Amerika yang tersebar dari Amerika Tengah hingga Amerika Selatan. Tanaman tomat pertama kali dibudidayakan oleh suku Inca dan suku Aztec pada tahun 700 SM. Sementara itu, bangsa Eropa mulai mengenal tomat sejak Christopherus Columbus pulang berlayar dari Amerika dan tiba di Pantai San Salvador pada tanggal 12 Oktober 1492.

Ketika itu, Columbus diperintahkan oleh Ratu Isabella dari Kerajaan Castilia, Spanyol utnuk mencari emas dan rempah-rempah, tetapi ia pulang justru membawa biji-bijian, sepertijagung, cabe, dan tomat. Meskipun ratu Isabella kecewa dengan hasil yang di bawa Columbus, tetapi akhirnya biji-bijian tersebut ditanam juga oleh para petani di Spanyol dan menyebar sampai ke beberapa Negara Eropa lainnya.

Penyebaran tomat di Indonesia dimulai dari Filipina dan Negara-negara Asia lainnya pada abad ke-18. Pada awalnya, tomat yang pertamakali ditanam oleh suku Inca dan suku Aztec ini masih berbuah kecil dan produktivitasnya juga masih rendah. Hal ini jelas berbeda dengan kondisi sekarang.

Buah tomat yang dihasilkan bias menghasilkan bobothingga 0,4 kg per buah atau 5-8 kg buah per tanaman. Selin kualitas dan buahnya yang tinggi , tanaman tomat hibrida juga mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi agroklimat, mulai daerah dataran rendah, dataran menegah, hinggga dataran tinggi. Bahkan ada juga varietas yang tahan terhadap hama dan penyakit tertentu.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas

Berbahagialah Anda yang berprinsip tiada hari tanpa makanan pedas karena kegemaran ini bisa berbuah manis untuk kesehatan. Rasa pedas di lidah bukan hanya efektif menambah nafsu makan, tapi juga berkhasiat mengatasi sejumlah keluhan penyakit.

Selama berabad-abad, cabai telah digunakan sebagai obat untuk peradangan serta melancarkan sirkulasi darah. Faktanya, dengan darah yang mengalir lebih cepat, tubuh akan lebih cepat menggantikan sel-sel yang rusak dan juga mengeluarkan toksin dari tubuh.

Tentu saja, makanan pedas ini harus dikonsumsi secara bijaksana, terutama jika Anda memiliki perut yang sensitif atau tidak bisa menoleransi makanan pedas.

Berdasarkan beberapa penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki banyak khasiat, berikut di antaranya.

1. Menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

2. Menyehatkan jantung

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

3. Melancarkan sirkulasi

Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

4. Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

5. Meningkatkan fungsi cerna

Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

6. Flu

Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

7. Tidur nyenyak

Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

8. Menjaga mood

Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

9. Melancarkan pernapasan

Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik.

 

langsung saja masuk ke pembuatan cara membuat sambal bawang tomat spesial.

Bahan-bahan :

  1. 250 gr atau 2 buah Tomat merah berukuran besar (diiris-iris)
  2. 80 gr atau 14 buah Cabai keriting (diiris-iris)
  3. 80 gr Bawang merah
  4. 4 siung Bawang putih ukuran sedang
  5. 2 sdt Garam masak (sesuai selera)
  6. 1/2 sdt Gula pasir (sesuai selera)
  7. 3 sdm atau secukupnya Minyak untuk menggoreng

Langkah :

  1. Bawang merah, bawang putih, dan cabai keriting direbus terlebih dahulu dg api sedang sampai cukup layu kemudian ditiris.
  2. Minyak goreng dipanaskan api sedang kecil, lalu tomat digoreng sampai layu.
  3. Sambil menggoreng tomat, bawang merah dan bawang putih ditumbuk kasar dan ditambahkan ke penggorengan yg berisi tomat.
  4. Selanjutnya cabai keriting juga ditumbuk kasar kemudian juga dimasukkan ke penggorengan.
  5. Ditambahkan garam dan gula pasir ke dalam sambal, dimasak sampai matang api sedang sampai bau “langu” hilang dan dicicipi rasanya.
  6. Setelah matang, rasanya sudah pas sesuai selera ya.. Maka api dimatikan dan sambal bisa dinikmati.

Mudah bukan membuat sambal bawang tomat spesial buatan sendiri di rumah? Memang saat ini banyak produk sambal bawang tomat instan yang bisa Anda temukan di super Market atau pasar tradisional. Namun rasa yang diberikan tidak senikmat dan sepedas seperti sambal buatan sendiri di rumah.

Sambal buatan sendiri di rumah bisa Anda kira-kira seperit apa selera Anda dan anggota keluarga di rumah. Bahkan Anda bisa memodifikasi sendiri sambal bawang tomat Anda dengan bahan lain, seperti jika Anda tak suka terasi, maka Anda bisa menyingkirkan terasi dan lain sebagainya.

untuk dapat mengakses kami dengan lebih mudah dan untuk melihat resep masakan kami yang lain dapat kunjungi kami di : https://web.facebook.com/mesin.bawang.1